Mungkinkah?! Ini Dia 5 Gelagat Kalau Kiku Betulan Samurai Lelaki!!

Loh? O-Kiku bukan perempuan?

Mungkinkah?! Ini Dia 5 Gelagat Kalau Kiku Betulan Samurai Lelaki!!

Hingga saat ini, O-Kiku masih menjadi satu-satunya Samurai Wanita yang ditunjukkan menjadi pengikut keluarga Kozuki di Negeri Wano. Tetapi bagaimana jika Sebenarnya O-Kiku adalah seorang laki-laki? Ini dia 5 bukti bahwa O-Kiku Samurai Lelaki oleh duniaku.net!

Setelah Kozuki Oden dieksekusi 20 tahun lalu, O-Kiku bersama para pengikut keluarga Kozuki yang lain melarikan diri. Ketika kembali ke istana Kuri yang sudah terbakar, ia bersama para Momonosuke dan pengikut yang lain dikirim ke masa 20 tahun yang akan datang.

Setelah tiba di masa sekarang, mereka melihat bahwa Wano sudah banyak berubah. Kin'emon bersama Kanjuro, Raizo, dan Momonosuke berkelana untuk mencari kawan, sedangkan O-Kiku tetap berada di Wano untuk mengumpulkan informasi. O-Kiku kemudian bekerja di sebuah kedai teh di daerah Kuri dengan menyembunyikan identitasnya.

Apakah O-Kiku menyembunyikan identitas ini dengan mengubah penampilan luar dirinya dari laki-laki menjadi perempuan? Ataukah O-Kiku memang berkeinginan menjadi seorang perempuan? Berikut ini lima bukti bahwa O-Kiku sebenarnya adalah seorang laki-laki.

Mungkinkah?! Ini Dia 5 Gelagat Kalau Kiku Betulan Samurai Lelaki!! Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Bukti pertama kalau O-Kiku Samurai Lelaki ada di cara bicaranya. O-Kiku menggunakan kata "Sessha" untuk memanggil dirinya sendiri. Ini adalah kata-kata kuno yang dulu biasanya digunakan oleh para samurai pria ketika berkata "saya/aku". Luffy dan Zoro bahkan sampai dibuat kaget dengan caranya memperkenalkan diri ini.

Tak cuma itu, Kin'emon dan para pengikut Kozuki yang lain memanggil O-Kiku dengan sebutan Kiku saja. Imbuhan O- di depan memang digunakan untuk panggilan kepada para perempuan Jepang jaman dulu. Seperti O-Nami, O-Robin, dan O-Tsuru.

Meski itu bisa berarti Kin'emon akrab dengan O-Kiku sampai menghilangkan imbuhan pada panggilannya, tapi Kin'emon tampak sangat menjunjung tinggi Wano terhadap wanita (akan dibahas lebih lanjut di bawah). Jadi kemungkinan hal ini dilakukan karena mereka sangat akrab adalah lumayan kecil.

Selain cara bicara yang mirip dengan laki-laki, tubuh O-Kiku dikatakan jauh lebih tinggi dan besar daripada para wanita di Wano. Kebanyakan wanita Wano memiliki postur yang tidak tinggi besar, tak seperti O-Kiku yang tampak lebih tinggi daripada wanita lainnya.

Mungkinkah?! Ini Dia 5 Gelagat Kalau Kiku Betulan Samurai Lelaki!! Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Kita tahu Kin'emon adalah salah satu pria paling mesum di jagat One Piece. Tetapi ketika pertama kali bertemu kembali dengan Kiku, Kin tidak bereaksi apa-apa bahkan saat Kiku memeluknya dan di salah satu panel malah tampak jijik!

Sedangkan di saat yang sama, Sanji yang tingkat mesumnya mirip langsung tergila-gila dengan Kiku. Padahal biasanya, Sanji dan Kin'emon memiliki reaksi serupa ketika bertemu dengan wanita cantik. Hal ini menunjukkan seakan ada sesuatu tentang Kiku yang diketahui oleh Kin tetapi tak diketahui Sanji.

Apakah tak ada reaksi ini karena Kin'emon memiliki istri? Melihat reaksi Kin'emon terhadap Nami dan wanita lain yang tetap saja mesum, sepertinya itu bukan alasan yang masuk akal.

Kalau misalnya Kin'emon memang sudah tahu dari awal bahwa O-Kiku Samurai Lelaki dan bukan wanita, maka reaksi Kin'emon terhadap O-Kiku ini bisa dibilang wajar. Bayangkan kalau rekan priamu tiba-tiba berpakaian wanita dan memelukmu setelah sekian lama tak bertemu, bagaimana reaksimu?

Mungkinkah?! Ini Dia 5 Gelagat Kalau Kiku Betulan Samurai Lelaki!! Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Bukti ketiga kalau O-Kiku Samurai Lelaki ini bisa dibilang menarik.

Kita tahu kalau O-Kiku ini adalah anggota Akazaya Nine yang terkenal di masa Kozuki Sukiyaki masih berjaya di Wano. Tapi saat ini tak ada yang mengenal O-Kiku sebagai pengikut keluarga Kozuki meski ia tak menyembunyikan mukanya. Contoh paling nyata adalah hubungan O-Kiku dengan istri Kin'emon, O-Tsuru.

Kiku sudah mengenal O-Tsuru 20 tahun lalu. Kini ia bekerja sebagai pegawai di kedai teh milik O-Tsuru. Meski begitu, O-Tsuru tampaknya sama sekali tak mengenali O-Kiku. Apakah mungkin ini karena penampilan Kiku yang sangat berbeda dari jaman dahulu?

Selain itu jika O-Kiku tidak menyamar, seharusnya ada yang menyadari bahwa dia adalah Kiku dari Akazaya Nine dan membuatnya ditangkap lebih cepat oleh pihak Shogun Orochi dan Kaido. Aneh rasanya kalau O-Kiku yang tak menyamar bisa berkeliaran dengan bebas, bukan?

Mungkinkah?! Ini Dia 5 Gelagat Kalau Kiku Betulan Samurai Lelaki!! Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Bukti berikutnya kalau O-Kiku Samurai Lelaki adalah bagaimana Oda memperlihatkan sosok O-Kiku di masa lalu.

Saat kilas balik menceritakan tentang kematian Oden, sosok Kiku tak pernah digambarkan secara jelas. Ia selalu digambarkan dari jarak jauh, berbeda dengan Kin'emon, Raizo, Momo, maupun Kanjuro. Kalau diperhatikan, bahkan wajah O-Kiku pun tidak digambarkan dengan jelas di sana.

Mengingat Kiku adalah karakter yang sudah diperkenalkan, mengapa Oda seakan sengaja menyembunyikan sosok Kiku dari masa lalu?

Selain itu juga satu hal yang tampak jelas adalah gaya berpakaian O-Kiku yang sangat berbeda dengan gaya berpakaiannya saat ini. Dulu Kiku terlihat menggunakan pakaian seperti samurai pria pada umumnya dan tidak seperti wanita.

Mungkinkah ini salah satu bukti kalau O-Kiku Samurai Lelaki?

Mungkinkah?! Ini Dia 5 Gelagat Kalau Kiku Betulan Samurai Lelaki!! Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Seperti yang dikatakan Kin'emon ketika pertama kali bertemu Nami dan juga yang terlihat di Wano saat ini, wanita di Wano tampaknya dinilai lebih rendah dari para pria dan bahkan disebut juga kalau wanita harus berjalan tiga langkah di belakang laki-laki.

Di dunia pendekar pedang, hampir semua pendekar wanita sudah terlebih dahulu dianggap lebih lemah dari pria. Stereotip ini sangat kental di dunia One Piece, lebih-lebih di Wano jaman 20 tahun lalu sebagai tempat yang masih tertutup dari dunia luar.

Ini juga tampak dari kilas balik Zoro ketika berhadapan dengan Kuina. Kuina saat itu mengatakan bahwa dia sebagai pendekar wanita akan tumbuh lebih lemah daripada pria kebanyakan, jadi mungkin di dunia One Piece stereotip ini juga ada di dunia luar Wano.

Karena dianggap sebagai simbol kelemahan inilah, bisa saja menjadi seorang samurai wanita di Wano adalah hal yang dianggap tabu. Makanya terasa aneh jika O-Kiku, seandainya dia benar-benar wanita, menghunus pedang dan menjadi seorang Samurai.

Jika O-Kiku benar-benar wanita, penulis yakin Kin'emon adalah salah satu yang menentangnya mengingat kata-kata yang ia lontarkan pada Nami di awal perkenalan mereka. Tapi nyatanya O-Kiku bahkan bisa bergabung dengan Akazaya Nine, jadi mungkinkah ada alasan tertentu?

Jadi misalnya benar O-Kiku Samurai Lelaki, mengapa sekarang Kiku mengubah penampilannya jadi seorang wanita yang merupakan simbol kelemahan?

Bisa saja hal ini ia lakukan semata-mata hanya untuk penyamaran demi mengumpulkan informasi dan agar identitasnya tak diketahui.

Tetapi bisa juga, Kiku memang ingin menjadi seorang wanita/okama. Saat 20 tahun lalu Wano masih tertutup, hal tersebut mungkin belum bisa ia lakukan secara bebas. Kini Wano mungkin sudah berubah dan Kiku tak malu-malu lagi menampilkan keinginannya untuk jadi seorang wanita.

Mungkinkah?! Ini Dia 5 Gelagat Kalau Kiku Betulan Samurai Lelaki!! Sumber: anime One Piece[/caption]

Ini bisa dilihat juga pada salah satu pemimpin kelompok Bajak Laut Shirohige, Izo.

Izo adalah seorang pria yang berdandan sebagai wanita dan berasal dari Wano. Saat kecil ia sudah menjadi seorang Geisha. Hal yang dilakukan Izo ini bisa jadi sudah menjadi hal biasa di Wano saat ini dan Kiku kemudian tak ragu lagi untuk muncul sebagai seorang wanita/okama.


Jadi bagaimana pendapat kalian? Apakah memang O-Kiku Samurai Lelaki ataukah ini hanya anggapan kosong saja? Coba berikan pendapat kalian di kolom komentar dan jangan lupa cek laman duniaku.net untuk artikel One Piece menarik lainnya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU