Bounty Queen Lebih Tinggi dari Katakuri, Apakah Katakuri Tetap Lebih Kuat?

Bounty Queen lebih tinggi dari Katakuri di One Piece! Tapi apakah Katakuri sebenarnya lebih kuat? Hmmm

Jadi, nilai bounty Queen dari kelompok bajak laut Beast sudah terungkap sejak bab 935.

one piece 935 - bounty queen one piece

Angka Queen adalah 1,32 miliar Belly.

Itu masih lebih rendah dari bounty terbaru Luffy (1,5 miliar Belly) namun tetap lebih tinggi dari seluruh Sweet Commander di kelompok Big Mom.

Sebagai pembanding, Katakuri yang merupakan komandan terkuat nilai bounty-nya tercantum seperti berikut.

one piece 860 - bounty charlotte katakuri

“Hanya” satu miliar 57 juta Belly.

Bounty Queen lebih tinggi dari Katakuri. Apa ini pertanda kalau Katakuri kalah kuat dari Queen? Saya rasa sih tidak.

Nilai Bounty Queen Kemungkinan Bengkak Karena Faktor Sadis

Kita memang belum melihat kekuatan Queen. Karena itu dari segi analisis kekuatan kita masih harus menunggu dulu.

Namun saya saat ini yakin kalau situasi bounty Queen dan Katakuri mirip dengan Kid dan Luffy di Sabaody.

Luffy sudah melakukan tindakan-tindakan ekstrem seperti menyatakan perang dengan Pemerintah Dunia, mengalahkan anggota Shichibukai, serta lolos dari Buster Call dan terungkap sebagai anak Monkey D. Dragon.

Namun bounty Luffy tetap kalah dari Kid saat di Sabaody.

Penyebabnya? Dikatakan karena Kid lebih mungkin menjatuhkan korban jiwa, berhubung pria itu tidak ragu membunuh.

Luffy mungkin membuat onar, namun ia sepertinya hampir tidak pernah menyebabkan korban jiwa tak bersalah jatuh. Kid adalah tipe orang yang bisa membunuh penduduk lemah hanya karena mereka mengejeknya.

(Kalau Kid yang berada di Jaya, Kid pasti sudah membantai Bellamy dan yang lain).

Situasi para komandan Beast dan Sweet Commander ini pun rasanya begitu.

Kelompok Big Mom itu juga keji sebenarnya. Kalau ada orang berani tidak datang ke pesta Big Mom, maka keluarga orang itu bisa dibantai.

Tapi, kita lihat modus operandi kelompok Big Mom sejauh ini:

-Mereka mungkin membunuh kerabat orang yang menyinggung mereka, namun target mereka setidaknya tetap jelas dan terbatas.

-Big Mom masih bisa mengampuni orang yang membuat masalah dengan dirinya, meski ia akan tetap memakan umur mereka dan teman-teman mereka.

-Kelompok Big Mom lebih beraksi seperti mafia. Di Whole Cake Island, rencana Big Mom adalah membunuh Germa, lalu menggunakan kekuatan Pudding untuk memanipulasi ingatan para undangan.

Lalu, perhatikan cara kerja kelompok Beast:

-Doflamingo sudah diamankan oleh kapal Angkatan Laut? Serang Angkatan Laut dengan kapal yang jelas-jelas memiliki panji Kaido!

-Ada negeri yang diduga menyembunyikan buruan Kaido? Hancurkan negeri itu dengan gas beracun, lalu siksa para penduduknya, meski tak ada tanda-tanda buruan yang mereka cari ada di sana.

Kelompok Kaido juga terlibat dalam perbudakan (kamp kerja paksa) dan perdagangan senjata.

Kalau kelompok Big Mom kadang masih sembunyi-sembunyi, kelompok Beast terang-terangan dalam beraksi. Itu pun mereka cenderung sadis.

Queen pun menunjukkan kesadisannya di bab baru, dengan memaksa Hyo dan Luffy untuk terlibat dalam sumo yang seharusnya mustahil: Luffy dan Hyo harus melawan banyak orang sekaligus. Kalau saja yang jadi korban Luffy, pasti Hyo sudah mati sejak awal.

Karena itu, saya rasa sih nilai bounty Queen lebih tinggi dari Katakuri bukan berarti Queen lebih kuat juga dari Katakuri.

Dia hanya lebih diburu oleh Angkatan Laut karena dia dan kelompoknya lebih keji dan brutal dari kelompok Big Mom, serta tidak menutup-nutupi tindak kejahatan mereka.

Bahkan mungkin ini alasan Jack, yang terlemah dari Tiga Bencana, memiliki bounty lebih tinggi dari Smoothie dan Cracker.

Katakuri Sendiri Adalah Petarung Terhormat

Selain itu, nilai bounty Queen lebih tinggi dari Katakuri juga rasanya karena Katakuri ini baik dan jarang memunculkan diri.

Kalau diperhatikan, Katakuri sebenarnya jarang terlibat melawan musuh Big Mom. Yang mengusir Urouge adalah Cracker, yang sepertinya dilukai Kid juga Cracker. Katakuri baru terlibat saat Cracker sudah tumbang, dan Luffy membuat masalah di pesta pernikahan Sanji.

Begitu dia terlibat, Katakuri pun memburu musuhnya dengan profesional. Dia tidak menimbulkan korban di luar target. Ia bahkan begitu mulia, hingga akhirnya ia meladeni Luffy duel satu lawan satu.

Oh, jangan lupa begitu Flampe membantu Katakuri, Katakuri justru murka dan melukai perutnya sendiri sebagai tanda sesal.

Katakuri juga sepertinya tidak terlibat dengan bisnis kerja paksa, seperti yang diawasi oleh Queen di kamp kerja paksa Udon.

Sikap terhormat Katakuri ini mungkin membuat dia tidak dianggap sebagai ancaman sebesar Queen dan King, yang selain kuat juga sadis. Terutama King yang terkenal suka menyiksa orang.

Itu analisis saya kenapa nilai bounty Queen lebih tinggi dari Katakuri.

Saya sih memprediksi Luffy seharusnya akan mengalahkan Queen lebih mudah dari Katakuri, dan hambatannya nanti hanya anak buah Queen serta masalah seperti kekang leher peledak atau tembakan Batu Laut.

Gimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.