Era Baru! Akuisisi Disney Terhadap Fox Akhirnya Rampung!

Akuisisi yang nilainya sampai satu kuadriliun rupiah ini akhirnya rampung juga! Seriusan, nilai akuisisi ini sampai melebihi triliun rupiah!

Proses akuisisi Disney terhadap Fox akhirnya rampung.

Kamu mungkin ingat kalau proses ini sudah dimulai sejak Desember 2017, lalu masih berlangsung dengan menarik di 2018 (setelah Comcast sempat memberi tawaran juga ke Fox). Persaingan Comcast dan Disney itu lalu berakhir setelah Fox menerima tawaran 71,3 miliar dolar Amerika dari Disney.

Kalau kamu belum tahu, 71,3 miliar dolar Amerika itu setara dengan Rp1.014.028.600.000.000. Itu bahkan sudah melampaui ratusan triliun rupiah dan mencapai kategori kuadriliun.

CEO Disney, Bog Iger, menyampaikan, “Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami – momen yang akan menciptakan nilai signifikan jangka panjang untuk perusahaan kami dan para pemegang saham. Menggabungkan kekayaan konten kreatif dan bakat yang teruji dari Disney dan 21st Century Fox menciptakan perusahaan hiburan global terbaik, posisi terbaik untuk memimpin di dalam era yang luar biasa dinamis dan transformatif.”

Setelah akuisisi Disney terhadap Fox rampung, aset Fox yang beralih tangan adalah: Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, dan Fox Animation; Fox’s television creative units, Twentieth Century Fox Television, FX Productions, dan Fox21; FX Networks; National Geographic Partners; Fox Networks Group International; Star India; hingga interest Fox di Hulu, Tata Sky, dan Endemol Shine Group.

Dengan jangkauan seluas ini, bukan hanya X-Men, Deadpool, dan Fantastic Four saja yang akan diperoleh Disney. Disney sepertinya juga memperoleh film seperti Alien, Die HardPredator, Avatar (yang dari James Cameron, bukan yang Aang), dan Planet of the Apes.

Proses ini juga berpotensi membuat banyak karyawan kehilangan pekerjaannya. Diperhitungkan kalau jumlah yang terkena PHK bisa mencapai 4000 posisi.

Situasi Disney dan Fox ini memang menarik. Akan seperti apa jadinya dunia pop culture setelah Disney memperoleh banyak aset hiburan Fox? Mari kita nantikan mulai dari tahun 2019 ini hingga ke depannya.

Gimana menurut kamu soal situasi ini? Sampaikan di kolom komentar!

Sumber: Variety, IGN

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.