Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!

Salah satu karakter paling kuat di sejarah Hunter x Hunter

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!

Sampai sekarang, rasanya Meruem adalah salah satu tokoh yang paling bikin gregetan fan Hunter x Hunter. Gak tanggung-tanggung, dia ini makhluk yang seperti salah anime.

Dengan level kekuatannya, Meruem sebenarnya lebih cocok di Dragon Ball, melawan Super Saiyan Goku. Para manusia Hunter x Hunter seperti kalah level dari dia. Meruem juga adalah salah satu antagonis paling berkesan di sejarah anime. Penasaran dengan dia? Simak fakta Meruem sang Raja Semut di bawah ini! 

1. Sudah sempurna sejak lahir

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Sejak lahir, Meruem sudah memiliki ketangguhan, kekuatan, dan kecerdasan yang melampaui makhluk lain. Jangankan manusia, level kekuatannya bahkan melampaui Chimera Ant lainnya.

Setelah memakan pengguna Nen dalam invasi Gorteau Timur, Meruem pun menjadi semakin kuat. Pertempuran melawan Netero menunjukkan kalau Meruem memiliki ketangguhan super, kecepatan super, kekuatan super, dan juga intelektual super.

2. Tidak pernah bisa mengalahkan Komugi dalam permainan Gungi

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Seperti sudah disebut di atas, Meruem bukan hanya kuat. Dia ini juga sangat cerdas.

Sambil menunggu rencana seleksi, Meruem memainkan permainan papan seperti shogi, catur, dan lain-lain. Ia biasanya hanya butuh baca manual dan main untuk memahami apa yang harus ia lakukan.

Kemudian dia melawan Komugi di Gungi. Permainan ini membuat intelektual Meruem semakin berkembang. Ia bahkan bisa membaca gerakan Netero karena konfliknya dengan Komugi di Gungi bisa membuatnya membaca musuh.

Tapi dia tidak pernah mengalahkan Komugi. Bahkan sebaliknya, Komugi yang malah menaklukkan hati Meruem. Awalnya Meruem adalah psikopat yang bisa dengan mudah membunuh sesamanya. Namun melihat Komugi, saat melawan Netero, Meruem mengatakan kalau ia bertekad menggunakan kekuatannya untuk melindungi mereka yang lemah, dan menyajikan dunia yang lebih adil bagi manusia yang tersisa.

Baca Juga: Ayah Gon yang Misterius, Inilah 10 Fakta Ging Freecss Hunter x Hunter!

3. Dia secara tidak sengaja memberi peluang para Hunter menyelinap ke istananya

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Kelompok Hunter yang menyerbu istana (Morel, Gon, Killua, Meleoron, Ikalgo, Shoot, Knuckle) bisa masuk dan membuat kekacauan ya karena salah Meruem sendiri.

Dalam salah satu permainannya melawan Komugi, Meruem ingin mengacaukan Komugi dengan menawarkan imbalan sekaligus memberi ancaman.

Komugi membuat upaya itu sia-sia setelah ia menunjukkan dia rela mati bila kalah di Gungi. Situasi ini membuat Meruem sempat mencabut satu lengannya sendiri karena kesal.

Berhubung sang raja cedera, Pitou harus turun dari pos penjagaannya untuk menyembuhkan Meruem. Saat Pitou menyembuhkan Meruem, ia tidak bisa menggunakan En untuk mendeteksi sekeliling. Knov pun memanfaatkan kesempatan ini untuk memasang portal, yang kemudian digunakan tim penyerbu untuk masuk.

4. Meruem mengetahui namanya dari Netero

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Karena Meruem langsung meninggalkan ibunya setelah lahir, ia tidak pernah tahu namanya. Hal ini sempat membuat Meruem mengalami krisis identitas, yang membuat dia mudah kesal. Pada akhirnya, Meruem mengetahui namanya dari Netero... tepat sebelum Netero meledakkan Miniature Rose.

5. Netero dan Komugi sebenarnya membuat Meruem menjadi lebih manusiawi

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Komugi sebenarnya menaklukkan hati Meruem. Meruem jadi menyadari dirinya bisa menggunakan kekuatannya untuk melindungi mereka yang lemah dan pantas ia pertahankan.

Sengketa dengan Netero membuat kepribadiannya berkembang menjadi lebih mulia lagi, di mana ia sampai berencana mempersiapkan zona khusus untuk manusia setelah ia berkuasa nanti.

Sayangnya, seperti yang dikatakan oleh Netero di dalam hati, manusia tidak mungkin hidup bersama dengan Chimera Ant dalam skala besar. Kalaupun Netero tidak mempersiapkan Miniature Rose, kekejaman manusia pada akhirnya antara menghentikan Meruem dengan senjata yang lebih mengerikan, atau membuat Meruem justru membenci umat manusia.

6. Sempat jadi semakin kuat setelah dipulihkan oleh Pouf dan Youpi

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Fakta Meruem berikutnya: Sejak awal, Meruem sudah kuat. Lalu Pouf dan Youpi memulihkan kembali Meruem dengan mengorbankan sel mereka, dan dia menjadi lebih overpowered lagi.

Dia bisa menggunakan kekuatan amarahnya untuk menciptakan ledakan, seperti Youpi. Dia juga bisa menciptakan partikel lewat auranya, yang bisa ia gunakan untuk membaca emosi seseorang. Ini adalah turunan dari kemampuan Spiritual Message milik Pouf.

Sebelum dia memperoleh dua upgrade ini saja Netero hanya bisa membuat Meruem ngilu-ngilu sedikit dan mengalami kerusakan di bagian tubuh luar (bahkan setelah dihajar dengan Zero Hand, jurus terkuat Netero). Di level ini, entah apa ada yang bisa mengalahkan Meruem dalam pertarungan atau tidak.

7. Pada akhirnya mati karena racun dari Miniature Rose

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Namun pada akhirnya, Meruem takluk oleh potensi kejahatan dalam diri manusia. Miniature Rose, bom nuklir yang dipasang ke tubuh Netero, meledak setelah Netero mati.

Awalnya ledakan itu menghancurkan tubuh Meruem, sehingga ia harus dipulihkan oleh Pouf dan Youpi. Tetap saja, efek Miniature Rose bukan hanya bomnya. Masih ada racun radioaktif yang menghinggapi Meruem dan merusak tubuh tak terkalahkannya dari dalam.

Bahkan bukan hanya Meruem yang kena efek Miniature Rose. Pouf dan Youpi yang mengorbankan sel mereka untuk menolongnya pun kemudian mati karena racun. Doctor Blythe milik Pitou mungkin bisa menyembuhkan racun radioaktif ini... tapi Pitou sudah telanjur dihajar sampai hancur oleh Gon.

8. Menemui ajal bersama Komugi

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Dalam salah satu adegan paling mengharukan di Hunter x Hunter, Meruem, sang makhluk terkuat di dunia, menemui ajal di tangan gadis yang menaklukkannya. Meruem menghabiskan momen-momen terakhir hidupnya main Gungi bersama Komugi, hingga akhirnya racun mengakhiri nyawanya. Kemudian Komugi tidak pernah meninggalkan sisi rajanya, dan ikut mati karena racun.

9. Uniknya, korban Meruem terasa sedikit

Raja Semut Overpowered! Ini 9 Fakta Meruem Hunter x Hunter!netflix.com/Hunter x Hunter

Meruem mungkin adalah makhluk terkuat di Hunter x Hunter, namun kalau kita lihat lagi dari awal... ia sebenarnya tidak menjatuhkan banyak korban bernama.

Korbannya yang menonjol sepertinya sebatas: Ant Queen (yang luka parah karena Meruem keluar paksa dari kepompong), keluarga petani yang super apes, jawara nasional shogi di Gorteau Timur, pengguna Nen yang mengawal Masadoru Diego, serta Masadoru Diego (palsu).

Setelah menguasai Gorteau Timur, Meruem benar-benar tertahan oleh permainan Gungi dari Komugi, yang membuat ia tidak meninggalkan kastel. Saat melawan Netero pun Netero bunuh diri, bukan dihabisi pribadi oleh Meruem.

Itulah sembilan fakta Meruem Hunter x Hunter. Dari tadinya raja psikopat yang tidak peduli pada ibunya sendiri, di akhir hayatnya Meruem sebenarnya sedang berkembang menuju raja berhati mulia yang tidak ragu berlutut demi keselamatan orang yang ia sayangi.

Togashi sih memang pengalaman ya membuat penjahat yang berkesan. Gimana menurutmu soal fakta-fakta Meruem di atas? 

Baca Juga: Hingga Hiatus Terbaru, Ini 15 Pengguna Nen Terhebat Hunter x Hunter!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU