Borgol Batu Laut Tunjukkan Potensi Orang Terkuat Justru Bukan Pengguna Buah Iblis!

Kok justru yang bukan pengguna Buah Iblis lebih kuat? Cek di artikel dah!

Masih diperdebatkan sebenarnya di One Piece, siapa yang berpotensi menjadi orang terkuat di One Piece? Pengguna Buah Iblis? Pengguna Haki tanpa Buah Iblis? Pengguna Buah Iblis dengan Haki?

Di manga One Piece chapter 936 membuktikan sesuatu bahwa potensi orang terkuat di One Piece justru bukan pengguna Buah Iblis, maupun pengguna Buah Iblis yang bisa Haki, melainkan adalah manusia pengguna Haki yang tak memiliki Buah Iblis! Kenapa Demikian? Mari kita mulai teorinya!

Catatan: Dalam mencari potensi tipe orang terkuat di jagat One Piece ini bukan dengan cara membuat mereka berduel, seperti pengguna Buah Iblis Mera Mera no Mi bisa membakar manusia non Buah Iblis, bukan itu. Caranya adalah membandingkan kondisi mereka, ada yang menguntungkan, maupun tidak, dan di situ kita tentukan siapa yang lebih berpotensi jadi yang terkuat.

1

Batu Laut

borgol batu laut

Sumber: manga One Piece 936

Beberapa chapter sebelumnya, Luffy ditahan di penjara, dan dengan borgol Batu Laut dia tak bisa menggunakan kekuatannya. Ternyata, dia juga tak bisa Haki!

Batu Laut sama seperti lautan yang membenci pengguna Buah Iblis, namun lautan tak membenci pengguna Haki, bukan begitu?

Karena itu, teorinya kenapa Luffy tak bisa menggunakan Haki saat diborgol karena tubuhnya melemah. Buktinya di chapter 936 setelah lepas borgol, dia langsung mengeluarkan Haoshoku Haki, kan?


CONTINUE READING BELOW

Ini Perbedaan Pandangan Tentang Keadilan dari Para Admiral di One Piece!

Admiral di One Piece memiliki pandangan tentang keadilannya masing-masing, yang mana ada yang benar-benar keadilan, dan juga keadilan yang jahat, apa saja itu?


Jadi Batu Laut secara tak langsung membuat dua kekurangan dari pengguna Buah Iblis dengan Haki sekalipun, yaitu kekuatan Buah Iblis dan Hakinya sama-sama tak bisa digunakan secara optimal.

Bagaimana dengan manusia non pengguna Buah Iblis namun memiliki Haki? Oh mereka ada di level berbeda. Jika diborgol, menggunakan Batu Laut atau borgol biasa, dia masih bisa Haki secara optimal.

2

Manusia Kuat dengan Haki

sumber: dokumentasi duniaku.net

Manusia kuat yang memiliki Haki (yang tentunya juga kuat) berpotensi menjadi orang terkuat di One Piece. Mereka mengasah tubuh dan kemampuan mereka lebih keras dibanding mereka yang memakan Buah Iblis.

Ada beberapa contohnya seperti Garp, Rayleigh, Mihawk, Zoro, Sanji, Shanks (kemungkinan) dan ada banyak lainnya.

Alasannya karena kelemahan mereka sangat minim (satu-satunya kelemahan adalah tubuh mereka ya tubuh manusia biasa).

Mungkin kamu akan berkata “Oh tapi bagaimana dengan pengguna Buah Iblis yang memiliki kekuatan penghancur maha dahsyat? Memangnya non pengguna Buah Iblis itu bisa melawan?” ya bisa, karena itu yang masuk di kategori berpotensi hanya mereka yang juga memiliki Haki kuat, seperti beberapa nama di atas.

Sebenarnya sudah ada di kolom catatan bahwa tak akan ada duel, namun demi menjawab, maka contohnya adalah Rayleigh yang bisa melawan Kizaru, tak perlu dijelaskan lebih jauh.


Karena itu, teori saya mengatakan bahwa potensi orang terkuat di One Piece adalah manusia yang tidak menggunakan Buah Iblis, namun memiliki Haki yang kuat. Mungkinkah Gol D. Roger juga seperti ini?

Kamu punya teori berbeda? Boleh. Silahkan tulis di kolom komentar, ya.


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.