Review Us, Kembalinya Teror Cerdas ala Jordan Peele

Wah, wah, wah. Jordan Peele memang master. Kamu akan bertemu dengan kengerian yang berbeda bila dibandingkan film horor lainnya.

Pada tahun 2017 Jordan Peele mengguncang dunia layar lebar melalui film Get Out. Melalui satu film debut tersebut, nama Jordan Peele langsung terkenal di mana-mana dan diganjar dengan satu buat Academy Awards untuk kategori best original screenplay.

Dua tahun sejak dirilisnya film Get Out, Jordan Peele akhirnya kembali menelurkan sebuah teror baru berjudul Us. Dalam film tersebut, Jordan Peele kembali menjadi penulis, sutradara dan produser sekaligus. Posisi yang sebelumnya dia jalani di film Get Out.

Orang Berbaju Merah

Premis film Us sebenarnya sudah tersebar di internet. Melalui trailer dan teaser yang disajikan Jordan Peele seperti menggoda kita dengan plot yang bakal muncul di Us nantinya. Seperti yang kamu duga, cerita Us berputar pada orang-orang berbaju merah yang membawa gunting berwarna emas.

Kisah Us dibuka dengan Gabriel “Gabe” Wilson (Winston Duke) yang mengajak istrinya, Adelaide Wilson (Lupita Nyong’o) berlibur ke rumah musim panas bersama anak-anak mereka, Jason (Evan Alex) dan Zora (Shahadi Wright Joseph). Keempatnya lantas memutuskan untuk pergi ke pantai untuk bertemu dengan tetangga mereka.

Saat di pantai Jason bertemu dengan berbagai keganjilan yang menyebabkan Adelaide merasa tidak aman. Akhirnya mereka memutuskan untuk cepat-cepat pulang demi keselamatan Jason dan Zora.

Sesampainya di dalam kamar, Adelaide bercerita tentang tempat yang dia kunjungi waktu kecil. Tempat tersebut masih ada di situ dan dia takut akan ada hal yang tidak beres menimpa dia dan keluarganya. Baru saja menyelesaikan kalimatnya, listrik rumah tersebut langsung padam sehingga mereka berempat memutuskan untuk berkumpul di ruang tamu.

Di ruang tamu, mereka berempat melihat ke luar dan ternyata di luar sudah ada empat sosok yang menyerupai mereka. Bedanya keempat sosok tersebut menggunakan baju merah dan membawa gunting emas. Selain cara berpakaian mereka yang aneh, ternyata mereka juga tidak bisa berbicara dengan benar dan bergerak secara aneh.

Siapakah para manusia berbaju merah ini? Mengapa mereka mengincar keluarga Wilson? Well, kami tidak mau membuka cerita lebih jauh, jadi kami akan melanjutkan ke bagian selanjutnya, yaitu bagian review film.

Teror Jordan Peele

Bagi orang-orang yang pernah menonton Get Out, pasti kamu akan lebih siap dengan segala teror dan keganjilan yang dilontarkan oleh Jordan Peele ke hadapanmu. Bisa dibilang gaya bercerita yang kamu kenal di Get Out akan kembali 100 persen di Us. Bedanya di sini misteri yang menyelimuti perilaku ganjil dijabarkan dengan cara maju mundur bukan di akhir film. Hasilnya kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk sekedar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di Us.

Perubahan ini juga menyebabkan teror yang ada di Us terasa lebih enteng ketimbang yang ada di Get Out. Tidak buruk dan tetap cerdas sih, tetapi terasa kurang orisinil bila dibandingkan dengan Get Out. Mungkin masalah ini muncul karena kami sudah mengetahui gaya Jordan Peele bersinema sebelum akhirnya menonton Us.

Karena gaya sinemanya yang khas, Us tidak terlihat seperti menyentil siapapun, padahal sejatinya film ini memiliki tema penindasan masa lalu yang cukup kelam. Yah, bagaimanapun caranya Jordan Peele memang akan selalu menyelipkan tema-tema seperti itu di balik horor nyeleneh buatannya.

Musik yang dihadirkan oleh Michael Abels juga tidak kalah gilanya. Berulang kali kami dibuat tidak nyaman dengan kehadiran musik-musik buatannya. Bahkan ada satu adegan khusus yang aslinya biasa saja, menjadi sangat mengerikan hanya karena diiringi musik karya Michael Abels. Mungkin yang bisa menandingi perasaan aneh itu hanyalah “Why So Serious” karya Hans Zimmer di The Dark Knight.

Untuk urusan seni peran Lupita Nyong’o memang paling pandai dalam memerankan karakter-karakter dengan tingkat emosi ekstrim seperti yang dialami Adelaide Wilson. Kami berulang kali mengagumi betapa bersihnya akting Nyong’o, terutama saat memerankan Red yang menjadi doppelganger dari Adelaide.

Pemeran lainnya juga bermain sangat apik, tapi sayang semuanya agak terpendam bila satu layar langsung dengan Lupita Nyong’o.

Kesimpulan Akhir

Film ini luar biasa. Us lagi-lagi menjadi salah satu film horor cerdas yang menakut-nakuti kita dari sisi yang tidak biasa. Kamu akan bertemu dengan kengerian yang berbeda bila dibandingkan film horor lainnya.

Seperti biasa, Jordan Peele tetap menyelipkan komedi di sana-sini sehingga kamu akan merasakan gelombang emosi yang tidak stabil untuk film horor. Lagi-lagi kondisi ini disengaja, agar kamu bisa merasakan detil-detil kecil yang kesannya spele, tapi ternyata sangat penting dalam menjaga ketegangan.

Us sudah tayang hari ini dan film ini kami ganjar dengan nilai empat dari lima bintang. Jadi jangan sampai kamu lewatkan begitu saja.

Share this article

# US
TENTANG PENULIS