Terlaris 11 Tahun Berturut-turut, Ini 4 Fakta Kesuksesan Manga One Piece di Jepang!

Tahukah kamu kalau selama 11 tahun berturut-turut, One Piece adalah manga terlaris di Jepang? Inilah kumpulan fakta soal kesuksesan One Piece!

Rasanya sih tidak perlu dijelaskan lagi ya kalau One Piece adalah salah satu seri tersukses di Jepang.

Tapi mungkin kamu bertanya-tanya: sesukses apa?

Saya mencoba mengulik mengenai kesuksesan One Piece di Jepang. Fakta-fakta yang saya korek cukup mencengangkan.

Berikut beberapa di antaranya!


CONTINUE READING BELOW

Apakah Kamazou One Piece Terinspirasi dari Shishio Rurouni Kenshin?!!

Yaaa... Oda dulu memang asistennya Nobuhiro Watsuki (pengarang Rurouni Kenshin sih). Tapi menarik juga kalau benar! Inilah kemiripan Kamazou One Piece dengan Shishio!


1

Manga Terlaris di Jepang

sumber: animenewsnetwork.com

SitusMangazenkan sempat mengurutkan manga-manga terlaris di Jepang hingga periode 2018. (Karena jelas, untuk periode 2019 ya kita masih harus nunggu sampai tahun ini selesai dulu).

Hasilnya? One Piece adalah nomor satu dengan jumlah penjualan 360 juta kopi.

Jumlah ini melampaui Detective Conan yang berada di peringkat kedua (200 juta kopi), Dragon Ball di peringkat empat (157 juta kopi), dan Naruto (135 juta kopi).

Kalau kamu mau tahu kenapa One Piece bisa melampaui judul seperti Naruto dan Dragon Ball, kamu harus memperhitungkan kalau volume One Piece sejauh ini mengungguli seri-seri itu.

Sudah begitu, kesuksesan One Piece pun luar biasa konsisten.

2

Raja Penjualan Manga di Jepang Selama 11 Tahun

Kalau saya lihat data penjualan manga di Jepang berdasarkan seri (data dari Anime News Network), One Piece tak terkalahkan menguasai penjualan manga Jepang selama 11 tahun.

Ya, hingga 2018 kemarin, One Piece selalu menjadi nomor satu. Luffy mungkin masih ingin jadi raja bajak laut, namun komiknya sebenarnya sudah menjadi Raja Penjualan Manga Jepang sejak lama, hahaha.

3

Manga Apa yang Sempat Mengalahkan One Piece?

Buku One Piece pertama kali terbit di akhir tahun 1997. Kemudian seri ini perlahan naik, hingga akhirnya menjadi nomor satu sekitar tahun 2000. (Data yang ini dari My Anime List, menggunakan acuan dari Oricon).

Saya belum menemukan rangkuman data yang rapi dari periode 2000-2007, berhubung Oricon (referensi utama dari Anime News Network untuk penjualan manga) baru memulai ranking dari periode 2008.

Namun yang jelas begini:

-Volume 9 dan 10 dari manga Vagabond karya Takehiko Inoue pernah mengungguli One Piece 17, 18, 19, 20 menjadi volume terlaris tahun 2001. (Data My Anime List 2001).

-Di tahun 2005, One Piece dan Naruto kalah dari manga Nana untuk penjualan terbaik terbitan Shueisha. Ini spektakuler karena Nana sendiri bukan manga shonen melainkan josei, manga untuk perempuan dewasa. (Data My Anime List 2005).

-Di tahun 2006, baik One Piece maupun Naruto kalah dari Death Note dan Nodame Cantabile. (Data My Anime List 2006).

4

Pernah Hampir Disalip Attack on Titan

sumber: animenewsnetwork.com

Mulai dari periode 2007-2008, One Piece benar-benar mendominasi penjualan manga di Jepang.

Namun yang menarik perhatian saya adalah di tahun 2014. Mungkin kamu ingat kalau itu adalah masa-masa keemasan Attack on Titan.

Attack on Titan begitu laris di tahun itu, sampai penjualannya hanya kalah “sedikit” dari One Piece.

AoT kemudian masih laris. Di peringkat 2016-2018, AoT masih berada di peringkat atas. (AoT bahkan ada di peringkat tiga tahun 2018 kemarin). Namun berdasarkan data yang tersedia, manga ini tak lagi bisa mendekati penjualan One Piece setelah itu.

Karena inilah saya khawatir setelah One Piece tamat, Shueisha akan meminta Eiichiro Oda untuk membuat One Piece: Next Generations.

Penjualan manga One Piece ini tergolong sangat fantastis soalnya, dan tampaknya menjadi pilar utama Shonen Jump saat ini. Kalaupun Oda tidak mau, bisa-bisa nanti Shueisha meminta penulis lain untuk membuatnya, hahaha.

Yah, demikianlah rangkuman yang bisa saya temukan soal fakta kesuksesan manga One Piece di Jepang.

Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.