Pakai Haki?! Benarkah Ini Rahasia Pembuatan Poneglyph di Wano?!

Apa ada hubungannya dengan Haki?

Pakai Haki?! Benarkah Ini Rahasia Pembuatan Poneglyph di Wano?!

Poneglyph selama ini dikatakan tak bisa dihancurkan. Apakah perkataan Gyukimaru pada Zoro di cerita Negeri Wano mengandung rahasia pembuatan Poneglyph yang membuatnya tak bisa hancur? Simak spekulasinya oleh duniaku.net berikut ini!

Pakai Haki?! Benarkah Ini Rahasia Pembuatan Poneglyph di Wano?! Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Poneglyph adalah sebuah batu di dalam dunia One Piece yang berisi tentang sejarah dunia, terutama tentang sejarah pada abad yang hilang. Batu-batu berbentuk kubus ini memiliki tulisan di permukaannya yang berisi mengenai informasi-informasi tertentu yang hanya bisa dibaca oleh orang-orang tertentu.

Poneglyph ada beberapa jenis. Ada Poneglyph yang berisi tentang sejarah, ada yang berisi tentang instruksi-instruksi lokasi Poneglyph lain, ada pula Road Poneglyph yang berisi tentang cara pergi ke Pulau Raftel. Poneglyph ini dikatakan dibuat dari batu yang tak bisa dihancurkan.

Apakah mungkin rahasia pembuatan Poneglpyh tak bisa dihancurkan ini karena Poneglyph terbuat dari batu laut?

Kemungkinan besar tidak. Robin yang merupakan pengguna Buah Iblis tak pernah diperlihatkan melemah ketika menyentuh Poneglyph, artinya batu laut bukanlah rahasia pembuatan Poneglyph karena pengguna Buah Iblis tidak terpengaruh olehnya.

Lalu jika bukan batu laut, apakah sebenarnya rahasia pembuatan Poneglyph? Perkataan Gyukimaru terhadap Zoro tentang pedang Shusui bisa saja memberikan petunjuk tentang hal yang sampai sekarang masih menjadi misteri ini.

Di One Piece 937 Gyukimaru mengatakan pada Zoro kalau Shusui berubah menjadi pedang hitam setelah digunakan bertahun-tahun oleh Ryuma. Di artikel lain penulis sempat berpendapat kalau pedang ini berubah menjadi hitam setelah dialiri oleh haki secara terus menerus, atau dialiri haki secara permanen sehingga tetap berwarna hitam.

Pakai Haki?! Benarkah Ini Rahasia Pembuatan Poneglyph di Wano?! Sumber: dokumentasi duniaku.net[/caption]

Zoro pernah diperlihatkan mampu mengaliri pedangnya dengan haki dalam cerita Dressrosa. Jadi mengalirkan haki ke dalam benda secara permanen mungkin bisa dilakukan. Untuk teori lebih detailnya tentang pedang hitam ini bisa dibaca di sini.

Lalu apa hubungannya dengan rahasia pembuatan Poneglyph?

Kebanyakan Poneglyph berwarna biru tua, hampir hitam. Mungkinkah batu-batu Poneglyph adalah batu biasa yang kemudian dialiri haki agar menjadi super kuat dan tak bisa dihancurkan?

Negeri Wano adalah tempat asal dari Poneglyph dan para samurai. Poneglyph dibuat oleh keluarga Kozuki yang sejak dulu bermukim di Wano. Selain sebagai pembuat Poneglyph, keluarga Kozuki adalah keluarga besar yang menjadi pemuka di Negeri Wano selama beratus-ratus tahun.

Salah satu Samurai yang terkenal dari Negeri Wano adalah Ryuma yang mengubah pedang Shushui menjadi pedang warna hitam. Apabila teori tentang pedang hitam Shusui benar, artinya samurai-samurai di negeri ini kemungkinan sudah menguasai cara penyaluran haki ke benda mati sejak berabad-abad lalu.

Cara membaca dan membuat tulisan di Poneglyph ini diturunkan turun-temurun dalam keluarga Kozuki, jadi kemungkinan besar bahan baku pembuatan Poneglyph pun masih ada sampai sekarang, hanya saja tak cukup banyak orang yang bisa membuatnya dan mengetahui cara pembuatan Poneglyph.

Bagaimana dengan Road Poneglyph yang berwarna merah? Bisa saja batu ini dicampur dengan darah atau pewarna tertentu sebelum dialiri Haki untuk membedakan isinya dengan batu-batu Poneglyph yang lain.

Atau bisa jadi juga untuk Road Poneglyph, yang mengaliri haki adalah mereka yang menguasai Haoshoku Haki alias haki raja mengingat kadang bentrokan antara dua pengguna haki raja digambarkan dengan warna merah di serial animenya.

Tentu kalian juga ingat Gol D. Roger sempat dikatakan tak bisa membaca apa yang tertulis di dalam Poneglyph. Tetapi dari perkataan Silvers Rayleigh, sepertinya sang Raja Bajak Laut dan krunya sudah mengetahui isi Poneglyph. Bagaimana bisa?

Roger dikatakan mempunyai kekuatan untuk "mendengar suara segalanya". Bagaimana jika yang ia dengar dari Poneglyph adalah wasiat yang tertanam dari hati para pengguna haki yang menguatkan batu-batu tersebut? Artinya kemampuan untuk mendengar ini bisa saja terkait juga dengan kemampuan Haki Gol D. Roger yang tentunya sangat tinggi dibanding Bajak Laut biasa.

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah rahasia pembuatan Poneglyph memang menggunakan Haki ataukah ada hal lain yang terpikir oleh kalian? Coba berikan tanggapan kalian di kolom komentar dan jangan lupa cek laman duniaku.net untuk artikel One Piece menarik lainnya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU