Jarang Mandi! Ini Penderitaan Jam Kerja Masashi Kishimoto!

Nggak heran kalau Togashi izin sakit terus-terusan, ya.

Duniaku.net- Jadi, dalam kisah baru tentang penderitaan mangaka kali ini, kita menemukan potongan yang diunggah oleh pengguna Twitter @OrganicDinosaur, yang mencuit tentang jam kerja Masashi Kishimoto sepanjang mengerjakan seri anyar karyanya, Naruto!

jam kerja Masashi Kishimoto

Diterjemahkan langsung dari gambar ini, jadwal ini diambil dari potongan wawancara Shueisha bersama Masashi Kishimoto di buklet Jump Ryu 2016:

Ini adalah jadwal Masashi Kishomoto saat ia mengerjakan serial NARUTO. Dalam hari-hari di mana ia harus meninta sketsanya, ia harus menghabiskan sampai 19 jam di mejanya di masa-masa sulit tersebut.

Saat menyiapkan naskah (Sketsa/Draf kasar: Penintaan)

00-06: Bekerja

06-09: Tidur

09-13: Bekerja

13-14: Makan Siang

14-23: Bekerja

23-00: Makan malam dan mandi

(Total: 79.2% Bekerja, 12.5% Tidur, dan 8.3% Makan/Mandi)

Saat menyiapkan cerita (Rencana/Konsep)

22-03: Bekerja

03-09: Tidur

09-13: Mencari bahan/sumber dan menonton video

13-15: Makan siang dan bersih-bersih

15-20: Bekerja

20-22: Makan Malam dan Mandi

(Total harian: 58.2% Bekerja/Riset, 25% Tidur, dan 16.7% Makan/Mandi/Bersih-bersih)

Garis Besar Mingguan:

Senin-Kamis: Sketsa/Gambar kasar: Penintaan

Jumat-Sabtu: Cerita (Rencana/Konsep)

Minggu: (Kosong)

Kalau pekerjaannya belum selesai, seringkali ia bahkan tidak beristirahat di hari Minggu….

(Total Mingguan: 57% Menggambar, 29% Perencanaan, dan Waktu Pribadi sampai 14%)

Gaya hidup yang kurang sehat juga terindikasi dari kurangnya jam tidur, apalagi untuk pekerjaan intensif seperti mengejar deadline komik mingguan dari hari pertama sampai rilis.

Kalau kita ingat kembali jumlah bab yang ada di dalam Naruto, yakni 700 bab, selama 700 minggu selain dari episode-episode spesial tidak mengherankan rasanya kalau untuk orang-orang biasa, hidup sebagai mangaka akan penuh dengan kelelahan dan penyakit.

Tapi di sisi lain, Kishimoto yang dapat konsisten mengerjakan 700 bab tersebut tentu adalah tuntutan dari kualitas penerbit Shonen Jump yang berjalan secara mingguan. Tidak heran kalau usai Naruto, Kishimoto mengambil waktu rehat yang sangat panjang.


CONTINUE READING BELOW

Honkai Impact 3rd Esports SEA! Kompetisinya Resmi Masuk Indonesia!

Honkai Impact 3rd esports tentunya sudah tidak asing bagi yang mengikuti komunitasnya, meski semula hanya terbatas di China. Kini, lombanya resmi masuk Indonesia!


Bagaimana menurutmu tentang jam kerja Masashi Kishimoto yang luar biasa ketat ini? Bagikan opinimu melalui kolom komentar!

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.