Dunia Gempar! Ini Dia Foto Lubang Hitam Pertama di Bumi!

Sekali lagi Einstein terbukti jempolan!

Seluruh dunia gempar hari ini. Bagaimana tidak? Teori relativitas Albert Einstein yang memprediksi tentang kemunculan lubang hitam yang menangkap cahaya tersebut terbukti benar! Buktinya? Baru saja foto lubang hitam pertama di dunia resmi diumumkan dan diperlihatkan!

Melalui teleskop Event Horizon (EHT), sebuah teleskop yang merupakan sebuah proyek gabungan internasional dengan menyambungkan delapan teleskop radio yang terhubung menjadi sebuah teleskop seukuran Bumi, para ilmuwan berhasil menangkap gambar materi lubang hitam yang selalu menyimpan misteri.

“Ini adalah sebuah pencapaian ilmiah luar biasa oleh sebuah tim yang terdiri lebih dari 200 ahli riset,” ujar direktur proyek EHT, Sheperd S. Doeleman dari pusat astrofisika Harvard & Smithsonian.

Proyek ini sangat didukung di dunia, di mana pendanaan kunci dipegang oleh Yayasan Sains Nasional AS (NSF), dan Dewan Riset Eropa (ERC), dan berbagai agensi pendanaan di Asia Timur. ERC bahkan menghibahkan kurang lebih 14 juta Euro terhadap proyek yang disebut BlackHoleCam ini.

Jadi, apakah kamu penasaran banget dengan bagaimana wujud asli foto lubang hitam pertama di dunia? Foto tersebut bisa kamu lihat sendiri di bawah ini!

Sumber: @ehtelescope (Twitter)

Tentu, para warganet pun dengan cepat menyebutkan bahwa wujudnya mirip banget dengan musuh terbesar di saga The Lord of The Rings, Sauron. Mirip nggak, sih? Coba kamu bandingkan dan lihat sendiri:


CONTINUE READING BELOW

Awas Hoax! Imam Tawhidi Nggak Pernah Kasih Tips Menikahi Cewek Anime!

Imam Tawhidi tidak pernah memberikan ceramah tentang bagaimana caranya menikahi cewek anime. Hati-hati dengan bercanda ala internet!


Berkat kesamaan yang kocak ini pula, berbaga variasi dari meme lubang hitam pun lahir di internet. Sebagian berasal dari kekecewaan akibat tidak semirip ilustrasi, sebagiannya lagi akibat mata Sauron di atas.

Bagaimana menurutmu tentang wujud sebenarnya dari lubang hitam melalui foto ini? Bagikan opinimu melalui kolom komentar di bawah!

Share this article

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.