Pembahasan Trailer Star Wars: The Rise of Skywalker, Akhiri Saga Keluarga Skywalker!

Lando kembali. Lightsaber milik Luke utuh lagi. Lalu, suara siapa yang tertawa di akhir trailer? Berikut pembahasannya!

Akhirnya yang ditunggu-tunggu oleh para fans Star Wars di seluruh dunia sudah datang. Dalam panel spesial di Star Wars Celebration 2019 di Chicago, Disney dan LucasFilm akhirnya merilis trailer perdana Star Wars Episode IX!

Bukan cuma itu, judul resmi dari film inipun juga dikonfirmasikan di saat yang sama. Yap, kita sudah tidak akan menyebut film ini dengan Episode IX. Sambut Star Wars: The Rise of Skywalker, judul yang sepertinya ingin menunjukkan bahwa Disney dan LucasFilm siap mengakhiri saga keluarga Skywalker di Episode IX ini.

Nah, sebelum masuk ke pembahasan trailer Star Wars: The Rise of Skywalker, silakan tonton kembali trailer-nya berikut ini.

Durasi trailer ini memang tidak panjang, hanya sekitar satu setengah menit. Namun hanya dengan durasi sependek itu, banyak fans Star Wars pun sudah mulai berspekulasi liar mengenai seperti apa film ini nantinya. Pun dengan judulnya, pasti kamu sudah mulai berpikir: siapa Skywalker yang dimaksud di judul?

Trailer dibuka dengan Rey yang tampak berdiri di sebuah gurun. Ada banyak kemungkinan di mana adegan ini diambil. Bisa jadi Rey kembali ke Tatooine yang merupakan asal dari Skywalker, atau bisa juga dia kembali ke Jakku, rumahnya. Ada kemungkinan juga, planet berpasir ini adalah Jedha yang diperkenalkan dalam Rogue One lalu.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Dan selanjutnya, Rey pun menyalakan lightsaber yang sangat familiar. Yap, ini adalah lightsaber milik Anakin, yang diturunkan ke Luke dan kemudian “memanggil” Rey.

Bukannya lightsaber ini sudah rusak di The Last Jedi lalu saat Rey bertarung dengan Kylo Ren? J.J Abrams selaku sutradara pernah menyampaikan bahwa film ini tidak berlatar waktu tepat setelah ending The Last Jedi, jadi ada kemungkinan Rey masih punya waktu untuk memperbaikinya.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Dari kejauhan, tampak ada pesawat yang mendekat. Ben Solo aka Kylo Ren siap bertarung dengan Rey menggunakan pesawat TIE Silencer-nya. Bersamaan itu terdengar suara Luke yang (kemungkinan besar) akan menjadi force ghost pasca The Last Jedi.

Selanjutnya, ada aksi akrobatik keren dari Rey. Wah, sepertinya force sudah memberinya banyak kekuatan!

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Kylo Ren tampak menghajar seorang berjubah di tengah peperangan. Siapa sosok berjubah ini? Apakah nanti First Order akan dihadapkan dengan perseteruan melawan kekuatan lama Empire dan sosok ini adalah Palpatine? Mengingat adegan di akhir trailer sedikit banyak mengindikasikan hal tersebut. Akan kita bahas di akhir artikel ini!

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Helm Kylo Ren akhirnya diperbaiki. Tapi bukan diperbaiki oleh dirinya sendiri, melainkan sosok alien berbulu yang belum kita ketahui siapa dia. Mungkin salah satu dari anggota Knights of Ren yang banyak dirumorkan bakal mendapatkan porsi lebih banyak di film ini.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Cuma satu komentar penulis. Itu Poe atau Nathan Drake? Hehe. Tapi yang jelas, Poe masih merupakan pilot terbaik yang dimiliki Resistance, dan mungkin akan “mewarisi” kemampuan yang dimiliki Han Solo. Dan hei, Finn sepertinya “mewarisi” tongkat milik Rey!

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

BB-8 mendapatkan teman baru! Sambut D-O (atau Dio) yang diperkenalkan saat panel semalam.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Anthony Daniels (pemeran C3PO) sempat mengungkapkan bahwa C3PO akan mendapatkan porsi layar lebih banyak di film ini. Termasuk saat ikut berperang bersama Resistance.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Masih ingat dengan medali ini? Yap, ini medali yang diberikan Princess Leia kepada Luke, Han dan Chewie (ya, Chewie juga dapat kok) setelah mereka meledakkan Death Star di A New Hope. Sepertinya ini medali milik Han yang tengah dipegang oleh Leia.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Adegan selanjutnya mungkin bisa membuat kamu sedikit terharu. Yap, mendiang Carrie Fisher akan kembali memerankan Princess Leia di film ini. Kita tahu Carrie Fisher sudah meninggal dunia sebelum proses syuting film ini. Beruntung, JJ Abrams masih punya beberapa potongan adegan Leia yang tidak terpakai saat The Force Awakens, dan akhirnya digunakan di film ini.

Mungkin adegan di atas diambil saat Leia mengetahui bahwa Han tewas di The Force Awakens lalu.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Lando kembali! Yap, Billy Dee Williams pun juga hadir saat panel, mengonfirmasikan kembalinya salah satu karakter ikonik ini. Mungkin ini bisa menjawab pertanyaan fans yang penasaran ke mana Lando setelah Return of The Jedi. Lando pun siap menakhodai Millenium Falcon kembali selepas kepergian Han Solo.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Di akhir trailer terlihat Rey, Poe, Finn, C3PO, Chewie, BB-8 dan D-O (mana R2D2?) berada di sebuah pulau (mungkinkah Endor?) dan menatap ke serpihan Death Star kedua yang meledak di Return of the Jedi.

pembahasan trailer star wars the rise of skywalker

Dan tawa ikonik menutup trailer ini. Tawa siapa itu? Tidak lain adalah tawa Emperor Palpatine! Bahkan Ian McDiarmid, pemeran Palpatine juga hadir di panel dan mengejutkan penonton.

Bukankah Palpatine sudah tewas di Return of the Jedi? Kata-kata Luke di akhir “No one’s ever really gone” mungkin sedikit mengindikasikan Empire akan kembali, entah bagaimana caranya. Mungkin ada sesuatu di reruntuhan Death Star tersebut yang tengah dieksplorasi Rey dan kawan-kawan.

Apakah itu artifak Sith? Apakah Resistance dan First Order akan bersatu dan melawan Palpatine dan Empire yang bangkit lagi?

Lebih banyak pertanyaan daripada jawaban yang ada di pembahasan trailer Star Wars: The Rise of Skywalker ini. Tentu saja, semua pertanyaan tersebut akan terjawab saat film ini dirilis pada tanggal 20 Desember 2019 mendatang. Sudah tidak sabar?


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.