Ini Alasan Kenapa Haki di One Piece itu Merusak Cerita!

Keren sih keren Haki itu, tapi tetap saja ada kurangnya

Haki itu keren, tak salah lagi, penulis juga suka dengan Haki, namun ada alasan kenapa Haki merusak cerita One Piece.

Di sini penulis ingin mengajak kita semua lebih terbuka dengan teori dan pendapat, nah kali ini adalah pendapat tentang Haki, yang mana dianggap Haki merusak cerita One Piece.

Loh kok dianggap merusak? Simak nih di bawah ini beberapa alsannya!

1

Hampir Tanpa Kelemahan

Haki digambarkan sebagai jawaban “Bagaimana caranya melawan pengguna Logia?” dan memang terbukti berhasil.

Masalahnya adalah, Haki sendiri hampir tanpa kelemahan.

Bukannya Luffy menjadi lemah ketika diborgol batu laut dan tidak bisa menggunakan Haki? Memang, namun lebih tepatnya borgol batu laut itu melemahkan Luffy sebagai pengguna Buah Iblis, bukan Luffy sebagai pengguna Haki.

Kesimpulannya, jika kamu pengguna Haki kuat yang bukan pengguna Buah Iblis, seperti Garp atau Rayleigh, maka kamu hampir tanpa kelemahan, ya kecuali faktor lain yang berkaitan dengan fisik mereka, seperti tua atau sakit. Tentang ini bisa kamu baca di artikel di bawah:


CONTINUE READING BELOW

Borgol Batu Laut Tunjukkan Potensi Orang Terkuat Justru Bukan Pengguna Buah Iblis!

Masih diperdebatkan siapa yang lebih kuat di antara pengguna Buah Iblis dengan Haki, atau manusia biasa dengan Haki, namun chapter 936 buktikan bahwa potensi orang terkuat di One Piece bukan pengguna Buah Iblis!


2

Banyak yang Punya

Sebelum Haki, para karakter hanya diperkenalkan dengan kemampuan Buah Iblis, atau kemampuan fisik mereka yang kuat, sudah begitu saja.

Akhirnya karakter-karakter tersebut menjadi sangat ikonik, misalkan Luffy dengan karet, Enel dengan Petir, atau Crocodile dengan pasir.

Sejak adanya Haki, keunikan ini mulai tidak terasa, apalagi yang bisa menggunakan Haki itu banyak, mulai dari kapten sampai anak buahnya juga bisa.

3

Jadi Kurang Kreatif

sumber: one piece episode 860

Oda tetaplah mangaka yang cerdas, hanya saja Haki seperti sebuah jalan pintas, kenapa?

Sebelum ada Haki, karkater Luffy digambarkan sangat kreatif, atau caranya mengalahkan musuh yang tak bisa ia kalahkan cukup kreatif dan membuat “penasaran”.

Contohnya ketika melawan Crocodile, Luffy menggunakan air agar bisa menyentuh pengguna Logia. Ketika airnya habis, dia pakai darah yang juga cair. Ketika melawan Enel, hanya Luffy yang bisa melawannya karena Luffy adalah karet, elemen alam yang tidak merambatkan listrik.

Setelahnya? Untuk apa berpikir seperti ini lagi, toh Haki bisa memukul semua pengguna Logia jika memang kena.

Selain itu, Haki juga seperti jalan pintas untuk kekuatan Shanks dan Garp, yang mana dikatakan keduanya kuat sekali namun membingungkan juga jika bukan Haki dan Buah Iblis, kan?

4

Keren Tapi Tak Berimbang

Sumber: dokumentasi duniaku.net

Mirip seperti Awakening dari Buah Iblis, ternyata Haki juga memiliki tingkatan lagi, seperti Haki tidak terlihat, maupun variasi lainnya.

Masalahnya, ini juga seperti pelarian Oda di mana sebelumnya beberapa kali Haki tak terlihat sudah muncul seperti tiga Admiral di Marineford maupun ketika Rayleigh melawan Kizaru, namun setelahnya Haki berwarna hitam.

Jadi pertanyaan di sana sini, akhirnya Haki yang lebih tinggi adalah Haki yang tidak terlihat. Ini sebenarnya bagus, cara yang baik dari Oda, namun tetap saja seperti jalan pintas.


Nah itu beberapa alasan kenapa Haki merusak cerita One Piece. Bagaimana menurutmu? Silahkan tuliskan pendapatmu di kolom komentar, ya.

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.