Felix Hentikan Meme Subscribe to PewDiePie! Ternyata Ini Alasannya!

"Tapi jelas bagiku sekarang kalau gerakan Subscribe to PewDiePie seharusnya sudah berakhir sedari lalu."

Felix Hentikan Meme Subscribe to PewDiePie! Ternyata Ini Alasannya!

Meme Subscribe to PewDiePie semakin lama semakin populer dan tidak terkendali, hingga berujung pada penggunaannya dalam kasus penembakan teroris Christchurch di Selandia Baru. Sekarang, PewDiePie ingin para fansnya berhenti menggunakan meme tersebut.

Hari Minggu lalu, Felix Kjellberg alias sang PewDiePie mengunggah sebuah video klarifikasi di channel Youtube resminya yang berisi opininya terhadap gerakan Subscribe to PewDiePie dari waktu ke waktu.

Saat ini, Felix juga menyebutkan bahwa ada monumen Perang Dunia Kedua yang dicorat-coret graffiti bertuliskan meme tersebut.

Meme itu sendiri lahir dari fenomena balapan subscriber nomor satu di Youtube antara PewDiePie dengan T-Series, channel kompilasi musik India yang luar biasa sengit. Gerakan ini pun diawali dengan kampanye demi kampanye yang positif, dari yang nggak niat sampai paling kurang kerjaan.

Saat tragedi Christchurch melanda, Felix pun belum memberikan pernyataan di Youtube pada waktu itu, dan hanya mengeluarkan cuitan prihatin terhadap para korban.

“(aku) baru saja mendengar berita tentang laporan mengejutkan dari New Zealand Christchurch. Aku merasa sangat muak mendengar namaku diutarakan oleh orang ini. Perasaan dan perhatianku kubagikan kepada para korban, keluarga dan siapa saja yang terkena dampak dari tragedi ini," cuitnya di tanggal 15 Maret 2019

Dalam video klarifikasi ini, Felix mengungkapkan permintaannya kepada para fans untuk menghentikan meme ini, dan menyebutkan bagaimana implikasinya terhadap serangan teroris pada waktu itu.

"Dengan namaku diasosiasikan bersama sesuatu yang sangat jahat, hal itu sudah mempengaruhiku dalam berbagai cara yang lebih dari yang bisa kuperlihatkan. Aku hanya tidak ingin langsung menyebutkannya, dan aku tidak ingin para teroris mendapat lebih banyak perhatian. Aku tidak ingin membuatnya tentang diriku, karena aku tidak berpikir ia ada hubungannya denganku. Lebih jelasnya, aku tidak ingin kebencian untuk menang," ungkap PewDie.

"Tapi jelas bagiku sekarang kalau gerakan Subscribe to PewDiePie seharusnya sudah berakhir sedari lalu," lanjutnya.

Penasaran dengan bagaimana isi pernyataan penuh dari PewDiePie? Kamu bisa menonton selengkapnya melalui video di bawah ini:

Bagaimana pendapatmu tentang pernyataan PewDiePie tentang gerakan ini? Bagikan opinimu melalui kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU