Review Pokemon Detective Pikachu: Penuh dengan Fanservice!

Penggemar Pokemon? Nonton nih film hukumnya wajib buat kamu!

Pika Pika, Pikachu! Pikapi, Pikachu!. Tenang, kamu tidak nyasar, ini tetap website duniaku yang kamu kenal. Bedanya, tadi kami berusaha menuliskan review Pokemon Detective Pikachu dengan suara yang biasa dikeluarkan oleh Pokemon tersebut. Tapi pada akhirnya kami sendiri tidak mengerti apa yang kami tulis dan memutuskan untuk kembali menggunakan bahasa manusia.

Pokemon Detective Pikachu adalah sebuah adaptasi game Great Detective Pikachu yang hadir untuk Nintendo 3DS pada tahun 2016 di Jepang. Film ini bisa dibilang sebagai pintu gerbang dari franchise Pokemon untuk menjangkau anak-anak yang mungkin belum terlalu mengenal apa itu Pokemon.

Pikachu Sang Detektif

Cerita film ini berpusat pada Tim Goodman (Justice Smith) yang mencari tahu tentang kebenaran di balik kematian ayahnya karena kecelakaan mobil. Dalam perjalanannya Ia bertemu dan bisa berbicara dengan Pokemon yang menjadi partner ayahnya, Pikachu (Ryan Reynolds).

Pikachu meyakinkan Tim bahwa kematian Harry tidak masuk akal dan ada yang ditutupi. Alhasil Tim setuju bergabung dengan Pikachu menyelidiki kematian sang ayah.

Tim beraksi di kota Ryme, sebuah kota yang menggabungkan eksistensi Pokemon dengan manusia secara langsung. Sepanjang jalan, mereka bertemu dengan Lucy Stevens (Kathryn Newton), wartawan magang yang sangat ambisius.

Mereka pun bertemu dengan Lucy (Kathryn Newton), seorang jurnalis magang yang sedang mencari berita. Lucy pun berpikir bahwa kematian detektif Harry janggal, akhirnya ia dan pokemon partner-nya Psyduck bergabung dengan Tim dan Pikachu.

Sebenarnya apa sih yang terjadi pada Harry Goodman? Apakah dia masih hidup? Lalu kenapa Tim bisa mengerti apa yang dikatakan Pikachu? Well, pastinya semua itu akan terjawab saat kamu menonton filmnya.

Cerita yang Lemah

Cerita bukanlah daya tarik terbesar dalam film ini. Entah mengapa Dan Hernandez, Benji Samit, dan Nicole Perlman seperti kehilangan arah ketika menulis untuk film ini. Hasilnya film ini memiliki alur yang membingungkan hingga beberapa komponen yang tidak terpakai dengan sempurna dan banyak lagi.

Bahkan pada pertengahan film ini, cerita menjadi membosankan dengan pace yang sangat lambat. Sebenarnya semuanya tidak mengejutkan sih, mengingat film ini memang lebih ditujukan untuk anak-anak dan remaja.
Untunglah film ini masih memberikan hiburan lainnya berupa berbagai kesempatan bagi penggemar berat Pokemon untuk menghabiskan 102 menit di dunia yang selama ini kamu imajinasikan. Sebuah dunia yang dipenuhi dengan Pokemon, lengkap dengan cerita dan berbagai legenda yang ada di dalamnya.

Pikapool

Jangan tertipu dengan tampang imut Pikachu. Walaupun tikus listrik ini masih terlihat empuk dan menggemaskan, tetapi sejatinya Ryan Reynolds masih membawa berbagai joke “sampah” ala Deadpool yang diperhalus. Terdengar absurd memang, tetapi itulah yang terjadi di Pokemon Detective Pikachu.

Sejatinya kami tidak bisa membayangkan kalau ada aktor lain yang mengisi suara Pikachu selain Ryan Reynolds. Walaupun terdengar aneh, tapi kami sangat bersyukur kalau waktu Ryan menyanggupi untuk mengisi suara Pikachu. Mengingat versi dalam versi gamenya, Great Detective Pikachu juga memiliki suara berat dengan humor yang cukup absurd.

Bisa dibilang kehadiran Ryan Reynolds membawa sebuah warna baru pada orang-orang yang tidak mengenal game Great Detective Pikachu atau Pikachu dengan suara bapak-bapak.

Kesimpulan

Pokemon Detective Pikachu membaw hal-hal yang penting saja ke dalam filmnya. Hal ini menjadikan kisahnya jadi mudah ditangkap dan menyenangkan. Cara ini ditempuh agar Pokemon Detective Pikachu tidak membingungkan dan terlalu padat. Penonton dibawa dengan sabar dan tenang untuk melihat sekilas apa yang terjadi pada dunia Pokemon serta memperkenalkan berbagai peraturan yang ada di dalamnya.

Film ini berhasil membawa masuk penggemar lama maupun baru ke dunia Pokemon. Walaupun ada kekuarangan di sana-sini, Pokemon Detective Pikachu tetap berhak mendapatkan nilai 3 dari 5 bintang yang bisa kami berikan.

Pokemon Detective Pikachu sudah tayang di bioskop kesayangan kamu.


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS