Bukan Hanya Natasha Romanoff? Ini 4 Black Widow Lain di Komik!

Black Widow bukan cuma Natasha!

Bukan Hanya Natasha Romanoff? Ini 4 Black Widow Lain di Komik!

Duniaku.net - Di Endgame, Natasha Romanoff tahun 2023 menemui ajal untuk memperoleh Soul Stone.

Apakah itu berarti akhir dari karakter Black Widow? Mungkin tidak. Kalau kamu nonton Agent Carter, kamu mungkin sudah melihat karakter Dottie Underwood yang tampak sebagai prototype pelatihan Black Widow. Bisa jadi ada Black Widow-Black Widow lain selain Natasha yang menunggu diaktifkan di dunia film Marvel. 

Siapa saja sih tokoh yang pernah menjadi Black Widow di komik?

1. Yelena Belova

Bukan Hanya Natasha Romanoff? Ini 4 Black Widow Lain di Komik!ign.com

Yelena Belova adalah wanita lain yang pernah memiliki gelar Black Widow di semesta utama Marvel. Dia dilatih oleh instruktur yang sama dengan yang mendidik Natasha Romanoff.

Tokoh ini memiliki perjalanan cerita yang unik. Dia sempat menjadi Black Widow saat Natasha masih hidup, kemudian pensiun dan menjadi model.

Setelah keluar dari masa pensiun, Yelena justru tampil sebagai penjahat. Dia bahkan sempat menjadi musuh New Avengers di kisah tahun 2005. Namun setelah alur Captain America HYDRA, Yelena justru kembali mengarahkan bidikan senjatanya ke para penjahat, lebih spesifiknya anggota Hydra.

Kalau dilihat dari trailer, Yelena juga akan muncul di film Black Widow. Pertanyaannya: akankah Yelena film menjadi musuh? Atau malah pengganti Natasha?

Bukan Hanya Natasha Romanoff? Ini 4 Black Widow Lain di Komik!youtube.com/MARVEL

Baca Juga: Ada Kejutan? Ini 7 Karakter Marvel yang Muncul di Trailer Black Widow!

2. Claire Voyant

Bukan Hanya Natasha Romanoff? Ini 4 Black Widow Lain di Komik!graphicpolicy.com

Mau tau yang menarik? Dari semua tokoh bernama Black Widow yang dimiliki Marvel, Claire Voyant adalah yang pertama menggunakan kode sandi tersebut.

Dia muncul di Mystic Comics pada tahun 1940, terbitan Timely Comics. Timely Comics sendiri adalah pendahulu dari Marvel. Namun Claire bukan mata-mata super seperti Natasha dan Yelena.

Dia ini anti-hero yang membunuh target untuk mengirim jiwa mereka ke setan. Claire tampil lagi dalam terbitan modern Marvel di komik The Twelve. Dalam kemunculannya ini dia bisa terbang, memiliki kekuatan super, dan mampu menggunakan sentuhan kematian.

Dengan menyentuh kening target, bakal ada kobaran api, korbannya langsung mati, dan jiwa mereka langsung masuk neraka. Walau Claire secara teknis adalah Black Widow pertama, rasanya kekuatannya terlalu ajaib untuk menjadi penerus Natasha ya.

3. Monica Chang

Bukan Hanya Natasha Romanoff? Ini 4 Black Widow Lain di Komik!comicbook.com

Natasha Romanoff di lini Ultimate Marvel adalah pengkhianat, yang menyebabkan kelompok Ultimates sempat rontok dan keluarga Clint Barton terbunuh.

Gelar Black Widow kemudian dilanjutkan oleh wanita bernama Monica Chang, agen SHIELD yang ternyata mantan istri Nick Fury.

Karier Monica sebagai Black Widow di Ultimate Marvel tidak terlalu menonjol. Yang paling saya kenang dari dia, bisa dibilang, justru kematiannya di tangan Ultimate Green Goblin.

Namun mengingat seri Marvel Cinematic Universe tampak mulai mengincar diversitas, Monica yang merupakan perempuan berdarah Asia ini bisa jadi menarik perhatian tim kreatif Marvel.

4. Jessica Drew

Bukan Hanya Natasha Romanoff? Ini 4 Black Widow Lain di Komik!fanpop.com

Jessica Drew adalah nama untuk tokoh Spider-Woman. Namun di lini Ultimate Marvel, Jessica juga pernah menyandang gelar Black Widow.

Sebagai salah satu Spider-Woman, Jessica Drew bahkan terlibat dalam konflik Spider-Verse di mana banyak Spider-Man dari multisemesta menghadapi keluarga vampir Inheritors.

Walau menarik membayangkan Black Widow yang memiliki kekuatan Spider-Man, saya pesimis film Black Widow nanti tiba-tiba memunculkan tokoh Jessica Drew. Terutama karena Jessica Drew normal (bukan Black Widow) saja tampaknya berpotensi menjadi karakter menarik sendiri.

Itulah empat Black Widow lain di komik. Dari empat ini, yang dikonfirmasi muncul di film adalah Yelena Belova.

Uniknya? Ada Black Widow ketiga lain di film, yakni Melina. Di komik, ada tokoh bernama Melina Vostokoff. Namun yang itu malah sebenarnya salah satu antagonis Black Widow! 

Gimana nih menurut kamu soal Black Widow selain Natasha?

Baca Juga: Trailer Black Widow Rilis! Perlihatkan Aksi Seru Natasha Romanoff!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU