Lanjutan Endgame? 6 Alur Besar Komik Marvel yang Bisa Dijadikan Film!

Avengers vs X-Men sih bisa keren nih!!

Duniaku.net – Phase 1 sampai Phase 3 Marvel Cinematic Universe disebut sebagai Infinity Saga. Tak heran, penggerak utama plot banyak film di cerita ini adalah Infinity Stone.

Untuk alur ini, Marvel Studio bisa dibilang mengambil inspirasi dari komik seperti Infinity Gauntlet dan Infinity.

Infinity War bahkan bisa dibilang memiliki banyak unsur dari dua alur itu. Mulai dari ada tokoh Marvel kuat yang mendarat di Sanctum Sanctorum (Hulk di film, Silver Surfer di komik), Thanos yang menjadi petani setelah merasa konflik sudah berakhir, hingga Black Order sebagai pengikut Thanos.

Terus, alur besar komik Marvel mana yang bisa diadaptasi setelah ini? Ada beberapa kemungkinan menarik.


CONTINUE READING BELOW

Eiichiro Oda Main Snapchat?! Begini Hasil Kocaknya!

Ternyata Eiichiro Oda main Snapchat juga. Dia menggunakan fitur filter gender swap, dengan tokoh One Piece yang jadi korbannya!


1

Annihilation

Butuh ancaman yang setingkat dengan Thanos? Annihilus dan Annihilation Wave adalah musuh yang menarik.

Alur komik Annihilation menampilkan Annihilus memimpin Annihilation Wave untuk menghancurkan segala sesuatu di hadapan mereka, termasuk Nova Corps.

Sementara hero Bumi malah saling gontok-gontokan di Civil War, ancaman Annihilation Wave membuat para pahlawan luar angkasa Marvel bersatu.

Seberapa berbahaya ancaman Annihilation Wave ini? Thanos sampai bersiap mengkhianati Annihilus, saking edannya rencana Annihilus untuk memusnahkan segalanya. (Sayang Thanos justru dibunuh oleh Drax, yang tidak mengetahui niat terselubung Thanos ini).

Film Marvel tampaknya akan menyorot dunia luar angkasa di Phase 4. Ada Eternals yang sudah diumumkan. Captain Marvel 2 dan GotG 3 pun tampaknya akan menyorot semesta kosmik Marvel.

Karenanya, Annihilation Wave tampaknya akan menarik untuk diadaptasi ke layar lebar.

2

Avengers vs X-Men

Disney sekarang sudah memiliki lisensi-lisensi 21st Century Fox, termasuk film X-Men.

Jadi kemungkinan yang paling bikin fan Marvel bersemangat ya ada alur di mana Avengers bertemu dengan X-Men.

Cerita di versi komik: Phoenix Force menuju ke Bumi untuk mendapat wadah baru. Yang diperkirakan akan menjadi kandidat Phoenix Force adalah Hope Summers.

X-Men merasa mereka butuh kekuatan Phoenix Force untuk memulihkan populasi mutan, yang hampir punah setelah kejadian House of M. Sementara itu Avengers ingin mengamankan Hope untuk mencegah tragedi seperti yang disebabkan Jean Grey.

Ujung-ujungnya, dua tim pahlawan ini justru saling baku hantam karenanya.

3

House of M

Namun gimana kalau sebelum Avengers vs X-Men, kisah House of M dulu yang diadaptasi oleh Marvel Studio?

Wanda Maximoff sempat menderita masalah mental, yang menyebabkan persoalan serius. Sosok seperti Hawkeye sampai mati karena dia kehilangan kendali kekuatannya ini.

X-Men dan Avengers lalu memutuskan Wanda dibunuh saja. Namun sebelum mereka bisa melakukan itu, tiba-tiba dunia ditelan cahaya putih.

Dunia kemudian berubah. Mutan menjadi kaum yang dominan. Bahkan Magneto menjadi presiden Amerika.

Kekuatan Wanda di Avengers: Endgame tampak meningkat tajam, seiring dengan dukanya kehilangan Vision di Infinity War. Tak hanya itu, hidup Wanda pun sejauh ini tragedi. Dia sudah kehilangan Pietro dan Vision.

Gimana kalau dirinya juga menyebabkan bencana seperti House of M… lalu insiden ini menjadi awal-mula munculnya mutan di film Marvel?

4

Secret Invasion

Kamu sudah lihat ras Skrull di Captain Marvel?

Gimana kalau kemampuan menyamar mereka begitu hebat, sampai mereka bisa meniru siapa saja tanpa terdeteksi?

Bukan hanya itu, kaum Skrull juga telah menyusup masuk ke kelompok pahlawan, menyamar menjadi sosok seperti Edwin Jarvis, Elektra, dan banyak lagi.

Saat kaum Skrull memutuskan memulai invasi, Bumi pun tidak siap menghadapi mereka karena ternyata banyak pihak telah disusupi agen Skrull.

Kaum Skrull di Captain Marvel sih sepertinya tidak bisa memulai aksi sebesar Secret Invasion. Namun waktu sudah berlalu lama sejak film Captain Marvel hingga Endgame.

Gimana kalau sekarang ada kaum Skrull yang justru sudah merencanakan Secret Invasion? 

5

Dark Reign

Penduduk Bumi Marvel di komik itu bodoh. Mereka bisa diselamatkan berkali-kali oleh Avengers atau X-Men, dan tetap saja mereka tidak suka dengan mutan atau superhero.

Di sisi lain, mereka bisa dengan mudah percaya sama tokoh yang punya sejarah jahat.

Setelah Secret Invasion, Iron Man disalahkan karena gagal mencegah invasi Skrull. Di sisi lain, Norman Osborn sang Green Goblin justru mendapat kepercayaan publik karena bisa menangani ratu Skrull.

Norman Osborn pun menjadi pemimpin baru SHIELD dan membentuk kelompok Dark Avengers, yang terdiri dari sosok-sosok berbahaya seperti Bullseye (menyamar sebagai Hawkeye), Venom (versi Mac Gargan), Ares, dan Daken.

Di semesta film Marvel, kejadian setelah Endgame sebenarnya berpotensi memunculkan Dark Reign.

Ini bukan masalah publik menyalahkan Avengers atau gimana, namun karena sekarang pahlawan Bumi yang tersisa bisa dibilang sedikit.

Gimana kalau sosok seperti Thadeus Ross menggantikan Norman Osborn, dan membentuk kelompok seperti Dark Avengers untuk mengisi kekosongan ini?

6

Secret Wars (versi 1984)

Di Secret Wars, entitas luar biasa kuat bernama Beyonder mengumpulkan pahlawan dan penjahat ke tempat yang dinamai Battleworld.

Beyonder menghendaki para hero dan pahlawan untuk saling bunuh. Pemenangnya akan mendapatkan apapun yang ia inginkan.

Secret Wars adalah alur yang menarik untuk digunakan sebagai jembatan crossover antara dunia Marvel Cinematic Universe dan properti-properti 21st Century Fox.

Gimana kalau Beyonder menciptakan Battleworld terdiri dari tempat-tempat ikonik di Marvel Cinematic Universe dan film X-Men?

Terus yang harus bertempur adalah penjahat dan hero dari seri X-Men dan MCU?

Hasilnya bisa keren!

Itulah enam alur besar komik Marvel yang bisa dijadikan film.

Gimana menurut kamu?

Adakah alur besar komik Marvel lain yang tidak disebutkan di daftar ini?

Sampaikan di kolom komentar ya!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.