5 Evolusi Perisai Captain America di Marvel Cinematic Universe!

I can do this all day!

Duniaku.net – Peran Captain America di Marvel Cinematic Universe mungkin sudah usai. Namun banyak yang akan kita bisa kenang dari The First Avenger ini. Salah satunya adalah dari evolusi perisai Captain America yang berkembang di Marvel Cinematic Universe.

Perisai Captain America memang menjadi benda ikonik dari Steve Rogers. Dengan perisainya, Captain America tidak hanya bisa menangkis serangan lawan, namun bisa memantulkan, membalikkan serangan, bahkan juga bisa untuk menyerang dengan ditubrukkan atau dilempar.

Tentunya perisai Captain America mengalami perkembangan dari masa ke masa. Apalagi dalam Marvel Cinematic Universe, ia telah mengalami berbagai masa dari Perang Dunia ke 2, tahun 2010an, hingga tahun 2023.

Seperti apa ya evolusi perisai Captain America? Yuk kita ikuti ulasannya ala Duniaku.net berikut ini.

1

Tutup Tong Sampah

Captain America: The First Avengers

Suka dibully, Steve Rogers muda sering dipukuli tanpa berdaya. Suatu saat, setelah menegur orang yang berisik saat nonton film, ia dipukuli di pojok gang. Namun secara insting ia mengambil tutup tong sampah untuk pertahanan diri. Walaupun begitu ia tetap digebukin hingga ditolong oleh Bucky Barnes.

2

Pintu Taksi

Captain America: The First Avengers

Ketika Heinz Kruger, top assassin dari HYDRA, membunuh Abraham Erskine, Steve Rogers mengejarnya. Dari sebuah mobil taksi yang terbalik, Steve Rogers mengambil pintu taksi yang copot untuk menangkis tembakan pistol Heinz Kruger.

Pintu taksi ini memiliki logo bintang dari Lucky Star Cab Company. Logo ini seolah menjadi pertanda nantinya Captain America menggunakan perisai berlogo bintang.

3

USO Shield

Captain America: The First Avengers

Awal-awal menjadi Captain America, Steve Rogers hanya menjadi simbol dan melakukan tur panggung propaganda ke seantero Amerika Serikat. Ia tampil dengan kostum dan perisai USO (United Service Organizations) sebagai simbol nasionalisme.

Steve Rogers akhirnya turun langsung pada 1943 untuk menyelamatkan regu Bucky Barnes yang terpojok oleh serangan HYDRA. Steve membawa perisai yang ia gunakan dalam aksi panggung sebagai senjata di medan perang.

4

Vibranium Shield

Captain America: The First Avengers

Perisai andalan Captain America. Pertama digunakan saat serangan ke markas HYDRA, lalu sempat terkubur bersama tubuh Steve di es, lalu dikembangkan hingga digunakan kembali saat Avengers terbentuk.

Konon materi Vibranium yang digunakan adalah sebanyak yang dimiliki oleh Pemerintah Amerika Serikat. Dan seperti yang diungkap oleh Avengers: Age of Utron, tidak ada material Vibranium yang resmi keluar dari Wakanda. Artinya, Pemerintah Amerika Serikat mendapatkan Vibranium secara ilegal!

Vibranium shield ini pernah dikembangkan berkali-kali, dari digenggam manual hingga diberi elektromagnet agar menempel di punggung atau sarung tangan.

5

Wakandan Shield

Avengers: Infinity Wars

Saat Avengers: Infinity Wars, Tony Stark telah melucuti perisai Captain America. Maka ketika Battle of Wakanda, praktis Captain America tidak memiliki senjata apapun.

Untung saja T’Challa memberinya sebuah dual shield ala Wakanda. Perisai ini berbahan Vibranium, dan ujungnya cukup tajam untuk menusuk lawan.

Tapi… entah apa yang terjadi pada tameng ini setelah Tony memberikan Vibranium Shield kembali ke Steve.

Apa sejak awal tameng ini tidak cocok? Mungkin dia kembalikan ke Wakanda, via Okoye?

Bagaimana menurutmu mengenai perisai Captain America? Perisai manakah yang paling kamu suka? Yuk kita share, tag, dan beri komentar kamu di sini!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial