Begini Rencana Film Spider-Man 4 Versi Tobey Maguire yang Batal

Ini nih kronologinya dari rencana sampai pembatalan

Begini Rencana Film Spider-Man 4 Versi Tobey Maguire yang Batal

Kembali ke tahun 2007, ada film Spider-Man yang bisa dikatakan memiliki beberapa kekurangan, namun tetap menjadi salah satu film superhero yang menguntungkan, Spider-Man 3. Pada waktu itu Sony dan Marvel sedang senang banget dengan film ini (karena membawa keuntungan) dan berencana membuat film keempat, kelima, bahkan keenam dari Spider-Man Tobey Maguire kalau bisa. Namun kenapa tidak pernah ada film Spider-Man 4?

Baca Juga: 8 Perbedaan Avatar: TLA Netflix dengan Kartun yang Kurang Oke

1. Ada masalah antara Raimi dengan Sony sejak Spider-Man 3

Begini Rencana Film Spider-Man 4 Versi Tobey Maguire yang Batalscreencrush.com

Sebelumnya Sam Raimi, Sutradara dan penulis naskah dari trilogi Spider-Man ini memiliki masalah dengan Sony. Alasannya karena di film Spider-Man 3, pihak studio Sony banyak ikut campur dari rencana yang sudah dibuat oleh Sam Raimi, salah satunya tentang Venom. Sam Raimi hanya ingin memasukan New Goblin dan Sandman saja sebagai musuh, namun Sony ingin ada Venom, ya jadinya kita tahu sendiri seperti apa porsi Venom di cerita.

Baca Juga: Beneran Perlihatkan Spider-Man, Teaser Trailer Morbius Dirilis!

2. Spider-Man 4 sudah digosipkan pada tahun 2008

Begini Rencana Film Spider-Man 4 Versi Tobey Maguire yang Batalhollywoodreporter.com

Tahun 2008 awal sempat ada rumor kalau Sam Raimi akan kembali lagi bersama Tobey Maguire untuk membuat film Spider-Man 4, atau setidaknya sudah dirumorkan mereka akan ambil bagian untuk satu film lagi.

Di sini Sam Raimi berencana memasukan Sinister Six ke dalam film keempat Spidey ini. Sampai akhirnya tahun 2009, Raimi mengurungkan niat memasukan Sinister Six dan hanya memasukan Vulture dan Black Cat. Bahkan pemeran untuk kedua karakter ini sudah direncanakan yaitu John Malkovich dan Anne Hathaway (keduanya sepertinya memang cocok).

Meskipun begitu ada beberapa karakter dari aktor yang tak bisa kembali, salah satunya adalah Kirsten Dunst, pemeran Mary Jane. "Aku tak bisa membayangkan film Spider-Man tanpa Mary Jane." ucap Sam Raimi tahun 2009 silam ke MTV.  "Memang ada cerita Spidey yang tak ada Mary Jane di dalamnya, namun dia adalah karakter favoritku. Tidak memasukannya ke dalam film sepertinya akan sangat merugikan," lanjutnya.

Mungkin karena ini juga Raimi memasukan Black Cat sebagai pengganti Mary Jane. Storyboard dan naskah pun sudah dibuat dalam fase ini. Bahkan konsep untuk film Spider-Man 5 dan Spider-Man 6 juga sudah direncanakan!

Baca Juga: 6 Lokasi Avatar yang Terinspirasi dari Dunia Nyata

3. Film sudah direncanakan, namun batal

Begini Rencana Film Spider-Man 4 Versi Tobey Maguire yang Batalcollider.com

Beberapa aktor lama bisa kembali, Raimi dan Maguire setuju kembali, naskah juga sudah ada, namun kenapa film Spider-Man 4 batal?

Pada tahun 2010, diberitakan kalau Raimi keluar dari projek ini. Alasannya karena Sony meminta selesai produksi dan perilisan filmnya jadi lebih cepat. Mungkin karena beberapa tahun sebelum itu sedang panas-panasnya film superhero, ada film Iron Man, The Incredible Hulk, Iron Man 2, The Dark Knight, yang sudah rilis belum lagi Thor, Captain America 1, dan Green Lantern yang siap hadir di tahun 2011.

Akhirnya Sony menginginkan film ini untuk dibuat ulang atau reboot, dampaknya ya para aktor termasuk Tobey Maguire juga keluar dari projek ini.

"Aku sangat bangga dengan apa yang sudah kita capai sampai sekarang ini. Aku masih berhubungan baik dengan mereka yang terlibat di film sebelumnya. Aku tidak sabar melihat lembaran baru dari Spider-Man di layar lebar," ucap Tobey Maguire tentang batalnya film Spider-Man 4.

Baca Juga: Kenapa Spider-Man Tobey Mengeluarkan Jaring Tanpa Alat? Ini Jawabannya

4. Komentar Sam Raimi pada tahun 2013

Begini Rencana Film Spider-Man 4 Versi Tobey Maguire yang Batalcollider.com

Sam Raimi tidak berkomentar sampai tahun 2013. Dalam sebuah wawancara dengan Vulture, Raimi menjelaskan alasannya melepaskan projek Spider-Man 4. "Aku sangat tidak senang dengan film ketiganya, karena itu aku ingin memperbaikinya di film keempat. Sony ingin film ini rilis cepat sementara aku masih belum menyelesaikan naskah terbaik sebagai penutup cerita. Karena itu aku lebih memilih melepaskan projek ini." ucap Raimi.

"Pada akhirnya aku menjelaskan tentang ini ke Sony dan melepas projek Spider-Man, silakan saja jika ingin melakukan reboot. Amy Pascal (petinggi Sony) mengatakan 'Terima kasih karena tidak membuang-buang uang Sony dan terima kasih atas kejujurannmu' kepadaku," lanjut Raimi.

Nah jadi itu alasan kenapa film Spider-Man 4 tidak dilanjutkan. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu berharap ada kelanjutan film di mana Tobey Maguire menjadi Peter Parker?

Pertama diterbitkan 30 September 2021, diterbitkan kembali 24 Maret 2024. 

Baca Juga: Spider-Man Tokusatsu Dikonfirmasi Hadir di Spider-Verse 2!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU