Dari Storial, Diterbitkan Jadi Novel! Ini Wawancara dengan RD Villam!

Novel The Emperor dari RD Villam ini tadinya cerita Storial, yang kemudian dinotis penerbit Elex! Simak wawancaranya di artikel ini!

Duniaku.net – Kamu suka dengan novel fiksi fantasi?

Ada kabar keren buat kamu. Ada judul fresh yang baru keluar, yakni The Emperor. Novel yang satu ini dikarang oleh RD Villam, sosok yang dulu pernah menulis novel Akkadia.

Uniknya, The Emperor ini katanya tadinya berasal dari cerita yang diterbitkan di Storial.

Terus ceritanya ternotis oleh seorang editor, dan jadilah bukunya terbit dalam bentuk novel oleh Elex Media Komputindo.

Kok bisa? Begini wawancara saya dengan RD Villam, sang pengarang The Emperor!

Fahrul Razi: Pertama-tama, bisa ceritain singkat buku barunya buat pembaca Duniaku.net?

RD Villam: Oke. The Emperor adalah kisah tiga orang sahabat di negeri Elniri. Masing2 adalah kepala suku muda, dengan kepribadian yang berbeda-beda. Mereka kemudian bergabung untuk melawan musuh-musuh mereka, menaklukkan banyak negeri hingga ke seberang lautan. Ada persahabatan, cinta, dendam, pertempuran, mimpi-mimpi dan makhluk-makhluk aneh dan juga kematian.

FR: Dari segi cerita, apa ada hubungan dengan buku Akkadia sampeyan sebelumnya?

RD: Gak ada. Universenya beda.
The Emperor ini nanti berhubungan dengan cerita2 saya lainnya yang mudah2an bisa diterbitkan juga di Elex Media.

FR: Gimana nih ceritanya naskahnya bisa diterima sama Elex Media?

RD: Sejak 2017 saya banyak pajang cerita di platform novel digital Storial. The Emperor muncul juga di sana tahun 2018. Trus ada editor Elex yang baca, dan minta naskahnya. Yaudah saya kirim, dan akhirnya dilamar.

FR: Ternyata ternotis dari Storial ya, hahaha. Waktu ternotis ini The Emperor sudah selesai di Storial? Atau baru sebagian?

RD: Haha iya.
Waktu dilihat editor itu The Emperor belum selesai di Storial. Bahkan dia juga baru baca beberapa bab awal. Begitu akhirnya diterima, ya cerita yang di Storial saya hapus. Tapi lima bab awal masih bisa dibaca di sana, kalo misalnya ada yang penasaran.

FR: Ada link buat demo ceritanya?

RD: Ini link The Emperor Storial: https://www.storial.co/book/the-emperor/Dan ini kalo mau baca cerita-cerita saya yg lain di Storial: https://www.storial.co/profile/villam.

FR: Anda ini kan sehari-harinya kerja ya. Ada tips untuk pembaca gimana biar sekolah/kuliah/kerja terus jalan, dan nulis cerita jalan juga?

RD: Berusaha curi-curi waktu aja. Kalo ada luang, coba nulis walau mungkin cuma bisa satu jam sehari. Yang penting berusaha rutin tetap buka cerita2 kita tiap hari, supaya feelingnya gak ilang.

FR: Saya rasa, pembaca Duniaku net juga mungkin ada yang pingin cerita fantasinya ternotis sama editor. Ada tips soal aspek apa saja dalam tulisan yang harus diperhatikan, biar ceritanya dinilai layak terbit?

RD: Kayaknya aspeknya bisa banyak banget ya. Dan itu juga tergantung editornya. Mereka punya cara milih masing2.
Tapi kalo dari pengalamanku ini yang jelas bab-bab awal harus menarik, kuat dan jelas. Karakternya, settingnya, premisnya. Harus bisa langsung dibayangkan tanpa terasa bertele-tele. Setelah itu ya bagaimana agar kualitasnya tetap terjaga dari awal sampai akhir.

Demikianlah wawancara saya dengan RD Villam, penulis fantasi berpengalaman yang karya terbarunya ternotis oleh editor setelah tayang di situs Storial.

Kamu juga pingin ceritanya terbit? Mungkin saran Villam di atas bisa kamu ikuti!

Buku The Emperor sendiri katanya sudah bisa kamu temukan di toko buku, jadi selamat berburu kalau kamu penasaran.

Gimana menurut kamu nih? Sampaikan di kolom komentar!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.