Review Annabelle Comes Home, Film Horor untuk Pemula

Film horor untuk pemula?! Baca dulu review-nya gan!

Duniaku.net – Eits! Jangan marah dulu dengan judul review kali ini. Sebab pada kenyataannya banyak orang yang tidak terlalu senang dengan film horor, tapi tetap mencoba untuk menontonnya karena satu atau dua alasan berbeda. Nah, Annabelle Comes Home ini bisa menjadi film pertama bagi kamu yang ingin mencoba menikmati film horor. Kenapa begitu? Well, baca review kali ini sampai habis kalau kamu penasaran.

Masih Annabelle dan Kutukannya

Annabelle Comes Home berlangsung di antara Conjuring dan Conjuring 2. Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) menyadari bahwa boneka Annabelle merupakan gerbang yang menarik makhluk astral, mereka menguncinya di kotak kaca yang terbuat dari kaca jendela sebuah gereja.

Kotak kaca tersebut dengan jelas ditempeli peringatan “Jangan Dibuka”, tapi semua berubah ketika Ed dan Lorraine pergi keluar kota untuk menyelesaikan sebuah kasus. Mereka dengan terpaksa meninggalkan Judy (McKenna Grace) putri mereka yang berusia 10 tahun bersama pengasuhnya, Mary Ellen (Madison Iseman).

Mary Ellen kebetulan memiliki seorang teman yang bernama Daniella (Katie Sarifie). Di tengah-tengah rasa ingin tahunya, Daniella membuka lemari kaca boneka Annabelle, dan tanpa sengaja meninggalkan lemari tersebut dalam kondisi tidak terkunci. Hal ini membuat kutukan Annabelle aktif kembali dan mengubah rumah keluarga Warren menjadi sarang makhluk astral.

Sebuah Spin-off

Film ini masih menggunakan format film horor klasik di mana salah satu karakternya melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak boleh dilakukan. Untunglah di Annabelle Comes Homes, semua motif karakternya dijelaskan meskipun sedikit tidak masuk akal dan tetap membuat gemas orang-orang yang paham aturan film horor.

Selain itu, film ini terkesan seperti spin-off untuk mendapatkan karakter baru dalam semesta Conjuring. Ed dan Lorraine hanya muncul sedikit, memberikan penjelasan tentang boneka Annabelle dan menjadi penghubung dengan film sebelumnya. Kali ini, trio Judy, Marry Ellen, dan Daniella yang mengambil alih cerita dan menjadi pusat semesta.

McKenna Grace memberikan performa apik dari awal hingga akhir. Dengan ketenangannya Grace membawakan Judy yang tertutup tapi sangat berguna. Saking bergunanya, kamu akan menemukan kalau setiap Judy muncul, bisa dipastikan ada hantu yang bersiap untuk muncul juga.

Judy sepertinya mendapatkan kekuatan dari sang ibu yang bisa melihat makhluk tak kasat mata. Meskipun belum bisa mengendalikan kekuatan tersebut, karakternya terus berkembang dari awal hingga akhir film. Judy hadir seperti karakter tambahan yang melengkapi semesta Conjuring.

Horor yang Terukur

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kami yakin kalau Annabelle Comes Homes adalah sebuah film horor untuk pemula. Alasan pertama datang dari lokasi kejadian teror Annabelle kali ini. Dengan menggunakan rumah keluarga Warren sebagai lokasi utama, jelas teror yang ada di film ini akan berakhir ketika Ed dan Lorraine Warren pulang ke rumah.

Keadaan tersebut jelas melimitasi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pada ketiga pemeran utama. Apalagi salah satunya adalah anak kandung Ed dan Lorraine. Jadi kamu bisa duduk dengan tenang menyaksikan Annabelle Comes Homes, tanpa takut akan ada yang terbunuh.

Alasan yang kedua datang dari pita sensor yang muncul di awal film. Badan LSF memberikan pita hijau tanpa revisi. Hal ini bisa menjadi penanda kalau Annabelle Comes Homes adalah film yang tidak memiliki kekerasan ataupun darah yang tertumpah, sehingga bisa ditonton siapapun.

Kesimpulan

Dalam urusan menakuti penonton, sepertinya Annabelle Comes Home harus menyerah kalah pada kedua film Annabelle sebelumnya. Tapi jangan salah, sebagai gantinya film ini menampilkan jalan cerita yang lebih solid dan mudah diikuti oleh siapapun.

Selain itu, Annabelle Comes Home menghadirkan direksi yang sedikit berbeda ketimbang dua film sebelumnya. Hal ini menjadikan Annabelle Comes Home sebuah nafas baru yang bisa kami ganjar dengan nilai 3,5 dari 5 bintang.

Annabelle Comes Home sudah diputar di bioskop tanah air sejak tanggal 26 Juni 2019.


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS