Apakah Sistem Ujian Chunin di Naruto Benar-Benar Adil?

Kok yang naik jadi Chunin cuman satu? Gak adil nih! Nah jawabannya ada di artikel

Kenapa kamu masuk ke artikel ini? Apakah penasaran dengan sistem ujian Chunin?

Ujian Chunin yang pernah diketahui (selain filler) sejauh ini hanya ada tiga, dan ketiganya hanya ada tiga pemenang juga.

Namun dari ketiganya hanya ada satu yang merupakan pemenang utama yaitu Kakashi Hatake. Beberapa generasi kemudian ada ujian Chunin berikutnya di era Naruto dan yang diangkat menjadi Chunin Shikamaru, bertahun-tahun kemudian ada lagi dan yang diangkat adalah anaknya Shikamaru, yaitu Shikadai (versi anime).

Lalu kenapa bisa hanya satu? Bukannya ada banyak peserta? Kalau hanya satu yang menang jadinya mubazir dong mengingat butuh biaya besar untuk mengadakan ujian Chunin, belum lagi jumlah Chunin akan jadi sedikit karena pemilihannya yang ketat, gak adil dong?

Justri sistem ujian Chunin itu sebenarnya adil. Jika kamu belum tahu, begini nih sistemnya.

Dari yang sudah diketahui, peraturan menentukan Genin menjadi Chunin adalah berdasarkan prestasi mereka selama ujian, jadi meskipun tidak masuk final tetap bisa menjadi Chunin.

Menang tak serta merta menjadikannya Chunin secara langsung, namun jika gagal sekali pun maka Genin tersebut masih berpotensi bisa menjadi Chunin.

Karena ini lah kenapa Shikamaru dan Shikadai yang mana keduanya tidak masuk final (kalau Shikadai yang kita bahas versi anime) karena prestasi mereka selama ujian lebih tinggi dari yang lain.

Ada beberapa Ninja yang bertugas untuk memantau setiap individu yang ikut ujian, ada juga Daimyo dan Hokage yang akan memberikan pendapat dan setuju tidaknya mereka. Pendapat mereka tentunya juga berdasarkan pantauan sendiri di masa ujian yang berlangsung.

Sikap, sifat, dan pengambilan keputusan seorang Ninja juga dinilai selain kekuatan.

boruto chunin

Karena hal ini maka Ninja berprestasi dan hebat meskipun tidak masuk final tetap bisa menjadi Chunin, namun Ninja yang curang seperti Boruto misalkan meskipun menang di final ya tetap dibatalkan.

Meskipun begitu tetap saja tingkatan gagal menentukan. Jika sudah gagal di ujian tertulis ya pasti poinnya sedikit dan harapan melangkah menjadi Chunin kecil, berlaku untuk tingkatan berikutnya.

Namun karena hal ini maka bisa jadi ada banyak Chunin yang terpilih dalam satu sesi, bisa juga tidak ada sama sekali.

Nah itu penjelasan sistem ujian Chunin. Bagaimana menurutmu?


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.