LEGO IDEAS: Wadah Khusus Penggemar LEGO di Seluruh Dunia

Ide LEGO-nya keren-keren lho! Semoga bisa diproduksi masal ya nantinya!

LEGO, sebuah perusahaan mainan terkenal yang bermarkas di Billund – Denmark, telah memproduksi milyaran bricks untuk memanjakan para penggemarnya di seluruh dunia. Mungkin banyak penggemar di Tanah Air yang belum mengetahui arti kata LEGO yang merupakan kepanjangan kata dari LEg GOdt dalam bahasa Denmark, yang berarti Play Well atau Bermain dengan Baik.

Sejarah awal mengatakan bahwa Ole Kirk Chiristiansen yang memulai sebuah usaha kerajinan kayu pada tahun 1916 di kota Billund – Denmark, Ole Kirk Christiansen membeli sebuah toko kerajinan kayu di Billund yang telah beroperasi semenjak tahun 1895. Toko ini kebanyakan pekerjaannya adalah membantu pembangunan rumah dan pembuatan mebel kayu, serta memiliki beberapa orang pegawai.

Toko ini terbakar pada tahun 1924, terjadi karena api yang dinyalakan oleh kedua putra Ole Kirk tanpa disengaja membakar beberapa hasil kerajinan kayu disana. Ole Kirk kemudian membangun usaha kerajinan kayu yang lebih besar, dan berusaha memperluas jaringan bisnisnya. Pada saat Depresi Besar terjadi, Ole Kirk memiliki sedikit pelanggan dan harus berkonsentrasi pada proyek-proyek yang kecil. Ia memulai memproduksi versi miniatur dari produk-produknya sebagai pembantu rancangan. Model-model miniatur tangga dan papan setrikaan inilah yang menginspirasinya untuk memulai memproduksi mainan terkemuka di dunia.

Pada tahun 1949 Grup LEGO mulai memproduksi bata yang melekat secara otomatis, yang dinamainya “Automatic Binding Bricks”. Bata Lego, yang kemudian diproduksi dari material Cellulose Acetate, dikembangkan menurut dasar-dasar bongkahan kayu tradisional yang bisa disusun di atas satu dengan yang lain namun bisa “direkatkan” bersama. Produk ini memiliki beberapa tonjolan bundar di atasnya dan bagian bawah yang berbentuk segi empat yang berlubang. Bata-bata ini akan melekat satu dengan yang lain, tetapi tidak terlalu erat sehingga dapat dipisahkan lagi. Pada tahun 1953 bata-bata ini diberi nama baru: LEGO Mursten, atau “LEGO Bricks” (Bata LEGO).

Sejarah panjang dan berliku yang harus dilalui Ole Kirk dan putranya, pada akhirnya menjadikan LEGO sebagai salah satu produk mainan yang paling diminati oleh seluruh masyarakat dunia, perempuan atau laki-laki, segala usia, tanpa memandang asal-usul dari berbagai kalangan. Seiring dengan kesuksesan besar produk LEGO, maka lahirlah komunitas atau wadah para penggemar LEGO di seluruh dunia, yang dinamakan LEGO CUUSOO dan LEGO Rebrick, kemudian dimerger menjadi satu dengan sebutan LEGO IDEAS.

Di LEGO Ideas inilah para fans dapat menyalurkan aspirasi dan ide-idenya berdasarkan kreatifitas pribadi, untuk dipamerkan ke sesama fans dari berbagai belahan dunia. Gokilnya, jika kemudian ide seseorang tersebut memiliki peminat sekurang-kurangnya 10.000 pendukung / fans, maka LEGO Ideas akan mengkaji kembali karyanya untuk kemudian diproduksi secara masal serta didistribusikan ke seluruh dunia. Dari Fans, oleh Fans, untuk Fans.

Berikut adalah beberapa karya fans yang telah berhasil mendapatkan dukungan sebanyak 10.000 fans yang juga telah diproduksi oleh LEGO Ideas.

1. LEGO Doctor Who oleh Andy Clark

lego ideas

2. LEGO Tron oleh BrickBros UK

lego ideas

3. LEGO Voltron oleh Leandro Tayag

lego ideas

4. LEGO Steamboat Willie oleh Mate Szabo

lego ideas

5. LEGO Flintstones oleh Andrew Clark

lego ideas

Sebagai tambahan, saat ini seorang wakil dari Indonesia dengan nama RaptorTrainer sedang memperjuangkan karyanya berjudul Andy’s Prehistoric Adventures untuk mendapatkan dukungan sebanyak 10.000 fans. Andy’s Prehistoric Adventures merupakan sebuah serial pendidikan anak di channel Cbeebies (BBC Group) yang merupakan adaptasi dari mini seri Walking with Dinosaurs dan Walking with Beasts. Buat kamu yang ingin mendukung karyanya, cukup dengan klik link ini dan daftarkan diri terlebih dahulu sebagai anggota resmi LEGO Ideas melalui akun GMail atau akun Facebook, kemudian klik tulisan SUPPORT berwarna biru. Setelah berhasil, maka kamu akan menerima sebuah konfirmasi partisipasi.

Maju dan berpartisipasilah sebagai wakil Indonesia di LEGO Ideas!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
Zolda

Wing Chun Practitioner | Street Journalist | Administrator of Some Action Figure Communities | Former Water Polo Player | Former Soccer Player | Simple |Naturalist | Animal Care