Anti Efek Klub! 10 Momen Dramatis Tanpa CGI yang Mempesona

Duniaku.net – CGI harus diakui merupakan salah satu  teknologi termutakhir saat ini untuk menciptakan spesial efek di industri hiburan baik itu video game maupun film. Di industri film, penggunaan CGI sudah dilakukan dalam waktu yang lama. Hari makin hari, kualitas CGI meningkat bahkan hampir menyerupai aslinya. Dukungan teknologi yang luar biasa saat ini juga turut […]

Duniaku.net – CGI harus diakui merupakan salah satu  teknologi termutakhir saat ini untuk menciptakan spesial efek di industri hiburan baik itu video game maupun film. Di industri film, penggunaan CGI sudah dilakukan dalam waktu yang lama. Hari makin hari, kualitas CGI meningkat bahkan hampir menyerupai aslinya.

Dukungan teknologi yang luar biasa saat ini juga turut menjadi penyumbang hadirnya CGI yang punya kualitas luar biasa. Tapi sayangnya, terkadang penggunaan CGI yang terlalu berlebihan dianggap merupakan sesuatu yang cukup buruk meskipun tidak selalu seperti itu.

Tapi demi mendapatkan hasil terbaik, ada beberapa sineas yang justru memiliki ide ekstrem. Ya, mereka menciptakan adegan dramatis yang cukup berbahaya tapi tanpa bantuan CGI. Itu artinya, adegan ini dilakukan secara asli dan otentik. Nah, lantas adegan dramatis apa saja yang ternyata dilakukan tanpa CGI? Duniaku.net tertarik untuk membahasnya.

Mungkin tanpa basa-basi langsung kita bahas secara terinci mengenai 10 adegan dramatis yang dilakukan tanpa CGI.

1

Inception - Zero Gravity Hallway Fight

Christoper Nolan memang jagonya dalam hal pengambilan gambar. Ya, di film Inception, ada satu adegan pertarungan lorong menantang yang disebut Zro Gravity. Ambisi pembuatan adegan ini yang tanpa CGI membuat para kru terkaget-kaget.

Joseph Gordon-Levitt berlatih dengan tim pemeran pengganti selama dua minggu sebelum syuting ini dimulai, mempelajari bagaimana cara mengambil adegan sempurna di sini. Mungkin dari sejumlah momen tanpa CGI, momen ini adalah yang paling mengesankan.

2

Batmobile Vs Truk 18 Ban - The Dark Knight

Puncak kejar-kejaran adegan pengejaran di film ini akhirnya mempertemukan batmobile kontra sebuah truk 18 roda. Tentu adegan ini bisa menggunakan CGI dan kemungkinan para sineas memilih CGI sebagai jalan pintas untuk mengerjakan hal ini.

Meski lebih mudah dengan CGI, sayangnya nolan juga masih menginginkan adegan ini diambil secara nyata.

Dengan bagian dari pusat kota Chicago ditutup, mereka mengguling truk demi mencapai totalitas scene ini.

Tak hanya itu, demi aksi ini, Nolan rela meledakkan perangkat yang dibuat khusus oleh kru FX. Cara ini sukses karena truk pada akhirnya bisa terbalik.

Ide yang satu ini membuat banyak penonton terkagum-kagum dan merasa tak percaya.

3

The Faun - Pan Labyrinth

Film Guillermo Del Toro, Labyrinth Pan, dianggap oleh sebagian besar sebagai karya terbaik sutradara Meksiko, film ini disebutnya sebagai penerus spiritual bagi film sebelumnya, The Devil.

Berlatar belakang suram setelah perang saudara Spanyol, film ini menghadirkan serangkaian karakter aneh dan indah, salah satunya The Faun.

Makhluk labirin itu dimainkan oleh Doug Jones yang sangat berbakat, yang harus duduk berbenah selama lima jam setiap hari selama syuting. Efek yang digunakan hanya terbuat dari latex saja.

Tanduk juga menjadi sesuatu yang luar biasa merepotkan karena memiliki berat 10 pounds. Kecerdasan seniman efek David Marti, Montse Ribe dan Xavi Bastida, ditambah dengan komitmen Jones, dibuat untuk karakter ikonik yang terlihat sangat bagus sehingga Anda hanya menganggap ini adalah tipu daya CGI.

4

Eternal Sunshine Of The Spotless Mind - Joel's Memory

Teknik pengambilan gambar tanpa CGI juga digunakan oleh Michel Gondry dalam Eternal Sunshine of the Spotless Mind 2004, kesuksesan kritis dan komersial baginya yang sukses mendapatkan uang sejumlah 20 juta US Dolar dan dianggap Bersertifikat Segar oleh Rotten Tomatoes dengan Peringkat 93%.

Bergantung pada latar belakang teaternya, sutradara ini telah membangun set yang memungkinkan para aktornya untuk melakukan adegan-adegan yang tidak mungkin dilakukan. Momen menegangkan seperti berlari miring juga benar-benar dilakukan sungguhan tanpa CGI di film ini.

5

Batmobile Vs Truk Sampah - The Dark Knight

Ketika film The Dark Knight karya Christopher Nolan mencapai pertengahan, sebuah adegan pengejaran mobil terjadi dengan sangat mengagumkan. Ya, ada pertempuran kejar-kejaran antara joker dengan Batman. Joker berusaha mengalahkan Batman dengan sebuah truk sampah.

Adegan ini sebenarnya menyebabkan sedikit keterkejutan ketika pertama kali terlihat di trailer Dark Knight, orang-orang percaya bahwa Nolan menggunakan CGI di sini.

Tapi sayangnya, ini bukan CGI melainkan remote control dengan skala tertentu. Terlihat seperti asli? Ya tentu saja!

Nolan meminta timnya untuk membuat ulang versi Batmobile, truk sampah, dan jalanan Chicago yang telah diabadikan dalam film ini. Mereka menghancurkan keduanya bersama dengan kecepatan penuh dan hasil di layar berbicara sendiri.

6

The Lord of the Rings – The Hobbit

Trilogi Lord of the Rings memang harus diakui selalu menyandarkan diri pada CGI demi mendapatkan landscape dunia yang sempurna menurut novel dari Tolkien. Tapi hebatnya, dalam film ini ada beberapa momen yang sangat luar biasa yang didapatkan tanpa CGI.

Kadang-kadang, ketika para hobbit membelakangi kamera, anak-anak dengan rambut palsu dan kaki berbulu palsu digunakan untuk mendapatkan sensasi The Hobbit.


CONTINUE READING BELOW

Segar! 10 Film MCU dengan Rating Rotten Tomatoes Terbaik!

Di industri film, MCU merupakan salah satu proyek yang bisa dikatakan sukses. Sejauh ini sudah ada 22 film MCU yang ditelurkan dalam kurun waktu 11 tahun. Kesemuanya mendapatkan hype yang luar biasa maksimal dari para penikmati film.


Selama adegan di mana Frodo dan Gandalf duduk berhadap-hadapan di sebuah meja, Elijah Wood dan Ian McKellen benar-benar duduk di meja yang berbeda, satu dengan makanan dan minuman berukuran biasa untuk penyihir, dan satu dengan makanan dan minuman yang diperbesar untuk hobbit, bergabung mulus menggunakan sudut kamera yang sempurna.

7

Interstellar – Lubang Cacing

Entri lain dari film Christopher Nolan merupakan film yang menceritakan soal penjelajahannya dengan nama Interstellar. Blockbuster fiksi ilmiah epik 2014 menceritakan soal tim astronot saat mereka memasuki lubang cacing untuk mencari rumah baru bagi umat manusia setelah nanti bumi hancur.

Hebatnya, lubang cacing atau worm hole tersebut dibuat tanpa menggunakan CGI sama sekali. Butuh persiapan yang rumit untuk membuat lubang cacing yakni menggunakan ruangan tiga lantai, menggunakan cetakan laser berteknologi tinggi, dan sebagainya.

Namun Nolan tidak berhenti di situ, ia masih menggunakan hal lain yang membuat lubang cacing itu seperti sungguhan.

8

Jurassic Park – The Raptors

Efek yang ditampilkan di Jurassic Park 1993 adalah apa yang membuat George Lucas memutuskan bahwa teknologi sekarang cukup baik untuk menggarap film sekelas Star Wars. Tapi meski begitu, di masa lalu, CGI masih jadi barang langka.

Sebagian besar efek yang digunakan dalam adegan yang paling berkesan dalam film Jurassic Park diciptakan oleh Stan Winson Studio yang menemukan serangkaian alat peraga yang mengagumkan termasuk boneka yang dikendalikan kabel dan setelan raptor seukuran manusia. Pria yang dipilih untuk mengenakan jas itu adalah penyelia SWS John Rosengrant.

Benar-benar sangat kreatif bukan? Yang jelas, orang di dalam setelah tersebut benar-benar berhasil disamarkan tanpa ketahuan oleh penonton.

9

Bola Api New York - Independence Day

CGI yang digunakan pada film ini harus diakui tidak ada duanya saat dirilis. Ya, bagaimana bisa film tahun 1996 punya CGI yang mulus pada zamannya.

beberapa efek hebat digunakan yang sebenarnya tidak terlihat ketinggalan zaman mengingat film ini berusia hampir 20 tahun. Apa yang mungkin mengejutkan kalian adalah bahwa salah satu adegan paling ikonik film tersebut dibuat tanpa menggunakan CGI.


CONTINUE READING BELOW

Apa Itu Auror? Ini 10 Fakta Polisi di Dunia Sihir Harry Potter!

Auror merupakan salah satu elit yang ada di Harry Potter. Auror ini fungsi kerjanya sama seperti polisi yakni menangkap dan menyeldiki banyak hal terkait dunia sihir. Sejauh ini hanya penyihir-penyihir yang punya dedikasi saja yang direkrut menjadi auror.


Sebagai gantinya kombinasi model skala dan tipu daya kamera dipilih serta hasilnya bisa dilihat sendiri. Dalam sebuah adegan yang banyak ditampilkan di trailer, yakni adanya tembakan bola api yang dilancarkan alien. Ya, sebenarnya bola api ini cuman pakai petasan saja.

Dengan pengambilan gambarnya yang bagus membuat semuanya menjadi dahsyat. Ide sederhana ini butuh persiapan matang selama berbulan-bulan.

10

Truck Melayang - Thor: The Dark World

sumber: thedailybeast.com

Film-film dari Marvel Cinematic Universe sangat imersif sehingga Anda menganggap penggunaan CGI sebagai sesuatu yang lumrah dan memang selalu digunakan di sana. Ya, umumnya semua film super hero pasti menggunakan CGI sebagai basis spesial efek mereka.

Sementara sejumlah besar anggaran mereka biasa diserahkan ke tangan orang-orang yang ahli dengan komputer, beberapa direktur MCU lebih memilih untuk mengambil pendekatan yang praktis.

Adegan di mana sekelompok anak-anak berkeliaran di gudang yang ditinggalkan dan menemukan truk semen perlahan berputar di udara.

Adegan ini tentu akan relatif mudah dicapai dengan menggunakan CGI, dengan tim efek khusus hal ini bisa dilakukan dalam hitungan jam saja.

Alih-alih truk digital, kami melihat mixer semen yang sebenarnya itu dibikin melayang dan diputar menggunakan mesin khusus yang terlihat lebih keren tentu saja.

Ada beberapa adegan yang dilakukan tanpa CGI di film ini salah satunya adalah pertempuran di hutan belantara.


Ya, sepertinya itulah 10 momen keren di film tanpa CGI, kesemua momen di atas memang luar biasa membuat tegang. Namun hebatnya, semua momen di atas dilakukan sungguhan. Persiapan yang matang sudah jelas pasti dilakukan oleh orang-orang yang terlibat di film tersebut.

Bagaimana menurut kalian? Kesemua adegan di atas sangat menarik bukan? Coba tuliskan pendapat kalian di kolom komentar untuk memulai diskusi!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!