Begini Sejarah Konflik Scorpion dan Sub-Zero di Mortal Kombat!

Bakal ditampilin di film gak ya?

Duniaku.net – Yang tidak main Mortal Kombat pun mungkin bakal menduga kalau Scorpion dan Sub-Zero adalah rival.

Tak mengherankan sih. Satunya adalah ninja yang bisa menggunakan api, satunya lagi adalah ahli es. Dari kekuatan saja mereka sudah bertolak belakang.

Namun bukan sekedar elemen yang berseberangan saja alasan konflik Scorpion dan Sub-Zero di Mortal Kombat. Ini alasannya!


CONTINUE READING BELOW

Pengisi Suara Killua akan Menyuarakan Kiku di Anime One Piece!

Kiku di anime One Piece akan diisi suara Mariya Ise. Ise punya pengalaman mengisi suara tokoh seperti Killua di Hunter x Hunter dan Ray di Promised Neverland!


Pembantaian Shirai Ryu

Hanzo Hasashi adalah shinobi dari klan Shirai Ryu.

Suatu hari, dia menerima misi dari Quan Chi untuk mencuri Map of Elements dari Kuil Shaolin-nya Order of Light. Kejadian ini tersaji di Mortal Kombat Mythologies: Sub-Zero.

Dalam misi ini, Scorpion dibunuh oleh Sub-Zero pertama, Bi-Han.

Kemudian, keluarga dan klan Hanzo pun dibantai. Hanzo, yang menjadi Scorpion, mengira pembantaian itu dilakukan oleh Bi-Han.

Pembunuhan Bi-Han

Bi-Han hanya menjadi Sub-Zero di gim Mortal Kombat pertama.

Scorpion hadir di turnamen Mortal Kombat untuk balas dendam.

Katanya, setelah Liu Kang mengalahkan Goro, Scorpion bisa menyerang dan membunuh Sub-Zero.

Misinya tercapai, Scorpion tidak berlama-lama di turnamen. Dia langsung kembali ke Netherrealm.

Kuai Liang dan Scorpion

Di Mortal Kombat 2, Scorpion muncul lagi di turnamen Mortal Kombat karena dia mendengar Sub-Zero bertarung lagi di sana.

Yang menarik adalah, Scorpion di alur asli tampaknya menyadari Kuai Liang beda dengan Bi-Han karena Sub-Zero baru ini bersedia mengampuni musuhnya.

Scorpion sendiri kemudian diam-diam memutuskan untuk melindungi Kuai Liang, untuk menebus kematian Bi-Han yang ia sebabkan.

Di Ultimate Mortal Kombat 3 (karena dia tidak muncul di Mortal Kombat 3 edisi reguler), Scorpion terbebas lagi saat Shao Khan menyerang Bumi. Awalnya ia berada di pihak Shao Khan, namun begitu menyadari Kuai Liang ada di pihak pejuang Earthrealm, dia pun beralih menyerang pasukan Shao Khan.

Menyadari Keterlibatan Quan Chi

Di Mortal Kombat 4, Scorpion mendengar anak dan istrinya sudah dibunuh. Kata Quan Chi, pelakunya adalah Sub-Zero.

Namun pada akhirnya Scorpion menyadari kalau pembunuh sejati keluarganya adalah Quan Chi.

Scorpion kemudian sempat menyeret Quan Chi ke Netherrealm bersamanya. Scorpion kemudian selalu memburu dan menghajar Quan Chi di Netherrealm.

Quan Chi kemudian menggunakan bantuan dia iblis, Drahmin dan Moloch, untuk menahan Scorpion. Ini dimanfaatkan Quan Chi untuk lolos, dan kemudian memicu tragedi di mana Quan Chi bekerja sama dengan Shang Tsung untuk membunuh Liu Kang.

Sejak kejadian ini, target Scorpion bukan lagi Sub-Zero melainkan Quan Chi.

Perbedaan di Kisah Baru

Di kisah baru, Scorpion berada di sisi Quan Chi sepanjang Mortal Kombat 9, termasuk merepotkan Raiden menjelang akhir Story Mode.

Scorpion baru menyadari Quan Chi adalah pembunuh klannya di Mortal Kombat 10, itu pun dengan cara berbeda.

Sub-Zero menunjukkan penyimpanan memori Sektor. Di sana Scorpion mendapati Quan Chi memerintahkan pemusnahan klan Scorpion dan keluarganya.

Scorpion mengaku kalau dia membunuh Bi-Han hanya karena dia mengira sang Sub-Zero pertama yang menyebabkan keluarganya tewas. Kuai Liang mengatakan dirinya tidak dendam, dan Quan Chi yang bersalah.

Scorpion kemudian mencoba balas dendam kepada Quan Chi. Tapi ini hanya memicu tragedi baru.

Ya, Scorpion memang bisa membunuh Quan Chi. Namun ini menyebabkan tokoh-tokoh yang belum sempat dihidupkan kembali (seperti Liu Kang dan Kitana) akan selamanya menjadi Revenant di timeline itu. Tak hanya itu, Quan Chi kemudian bisa membebaskan Shinnok.

Shinnok pada akhirnya dapat menangkap Johnny Cage, yang saat itu adalah jawara Earthrealm (berhubung Liu Kang tewas sejak MK 9).

Scorpion Lama di MK 11

Scorpion di era baru ini sudah mengubur konfliknya dengan Sub-Zero sejak kejadian di MK 10.

Namun di MK 11, muncul juga Scorpion lama, yang masih Revenant.

Scorpion yang lama ini merasa Shirai Ryu baru dari Scorpion baru tidak sempurna, dan ingin Kronika memulihkan Shirai Ryu lama.

Namun saat Scorpion baru mati karena keracunan akibat serangan D’Vorah, Scorpion baru masih bisa meyakinkan Scorpion lama kalau Shirai Ryu ditentukan oleh hati, bukan darah.

Scorpion lama kemudian menyadari kalau kata-kata Scorpion baru benar. Dia pun menjadi sekutu para pejuang Earthrealm dalam melawan Kronika.

Demikianlah konflik Scorpion dan Sub-Zero di Mortal Kombat.

Sejauh ini ada dua linimasa, dan keduanya berakhir sama: Scorpion menyadari kalau Quan Chi yang menyebabkan kematian klannya, bukan Sub-Zero.

Masalahnya? Konflik Scorpion dan Sub-Zero di Mortal Kombat ini belum tentu akan berakhir.

Berhubung ending Mortal Kombat 11 begitu, tampaknya MK 12 akan berlatar waktu baru lagi.

Siapa tahu Scorpion dan Sub-Zero pun harus mengulangi lagi konflik mereka dari awal.

Gimana menurut kamuu soal konflik Scorpion dan Sub-Zero? Sampaikan di kolom komentar!


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!
TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.