Efek? Poles Make Up? 10 Karakter CGI Terbaik di Jagad Film

Cuma ditampilkan CGI, tapi tetap oke!

Di industri film, sudah bukan barang mewah lagi jika kita membicarakan CGI. Hampir di setiap film, tentu saja membutuhkan yang namanya CGI. Meski biayanya sedikit lebih mahal karena harus menggunakan kru yang terampil, CGI bisa mempercepat proses syuting.

CGI di era seperti sekarang ini juga tak hanya digunakan di industri film saja melainkan juga industry video game. Jika membicarakan mengenai CGI, sebagian besar, efek yang satu ini digunakan tak hanya di adegan aksi melainkan juga digunakan untuk menciptakan karakter.

Tapi untuk karakter, jika CGI kurang halus maka akan sangat kelihatan sekali. Meski begitu, masih ada juga CGI yang digarap sangat halus bahkan kita bisa bilang menjadi karakter CGI terbaik. Mari kita bahas satu per satu!

1

Smaug – The Hobbit Trilogy

Benedict Cumberbacth harus diakui sebagai salah satu talenta box office terbaik. Sosok yang satu ini bisa menjadi apa saja dan siapa saja. Tak hanya pandai berakting sebagai Doctor Strange dan Dormammu, Cumberbatch juga lihai berakting sebagai seekor naga.

Ya, di The Hobbit Trilogy, Cumberbatch berakting sebagai Smaug, naga yang sangat maruk terhadap emas. Smaug diperankan oleh Cumberbatch dengan sangat sempurna. Di behind the scene-nya, kita bisa melihat bagaimana acting Cumberbatch sebagai Smaug.

Akting gila-gilaan yang ditunjukkan disempurnakan oleh efek CGI yang juga halus. Kita bisa melihat ekspresi Smaug yang sangat sempurna ditambah dengan efek suara yang menggelegar. Tak heran jika Smaug jadi salah satu yang terbaik.

2

Rocket Racoon – Marvel Cinematic Universe

Bradley Cooper juga sama seperti Cumberbatch. Dia merupakan talenta terbaik yang pernah dimiliki oleh Box Office. Suaranya yang mantap sebagai Rocket Racoon disempurnakan dengan baik oleh tim CGI.

Rocket Racoon harus diakui sebagai karakter CGI terbaik. Kita bisa melihat bulu-bulunya yang seperti asli sampai ekspresi wajahnya yang juga keren. Tim CGI MCU juga terlihat bekerja tidak setengah-setengah. Banyak adegan Rocket Racoon yang terlihat seperti asli.

Yang tak kalah keren, Rocket Racoon dipersenjatai oleh senjata yang mantap juga.

3

The Shark – The Shallows

Mayoritas dari karakter CGI yang bakal kita bahas umumnya memiliki elemen manusia di dalamnya entah itu motion capture atau sekadar pengisi suara saja. Tapi untuk yang kali ini beda! Ya, CGI yang satu ini murni hanya ditampilkan tanpa manusia. Hiu di film Shallow digarap dengan sangat halus oleh guru SFX Scott E. Anderson bersama timnya. Yang paling membuatnya keren adalah orang dulu banyak bertanya apakah benar ada hiu sebesar itu. Tentu saja tidak ada dan itu semua ternyata berkat CGI yang sangat halus.

Hiu itu Nampak hidup, bernafas, dan sangat garang ketika memburu mangsa. Bagaimana menurut kalian?

4

Davy Jones – Pirates of Carribean: Dead Man’s Chest

Davy Jones untuk pertama kali muncul di film Pirate of Carribean Kedua yakni Dead Man’s Chest di tahun 2006. Karakter yang satu ini harus diakui sebagai karakter CGI terbaik yang pernah dibuat. Memang sejauh yang kita lihat, Davy Jones terkesan seperti orang yang dimake-up dibandingkan orang yang diedit menggunakan CGI.

Memang harus diakui, dulu di tahun 2006, CGI bukanlah hal lumrah dan banyak anggapan miring terkait CGI. Tapi 13 tahun berlalu, Davy Jones kini terlihat sangat memukau.

Industrial Light and Magic mendapatkan penghargaan Academy Award atas karyanya di Dead Man’s Chest.

5

The Na’vi – Avatar

Film Avatar. Sumber: Duniaku.net

James Cameroon, Avatar merupakan salah satu film terbaik yang mendapatkan banyak penghargaan dan juga mendapatkan banyak keuntungan. Ya, petualangan makhluk biru bernama The Na’Vi memang menggemparkan kala itu.


CONTINUE READING BELOW

Sempurna! Inilah 10 Film dengan Tingkat Kesegaran 100% di Rotten Tomatoes

Rotten Tomatoes merupakan salah satu situs film yang cukup mengerikan bagi sebuah film. Situs terkenal ini kerap memberikan kritikan yang cukup dahsyat bagi film-film yang dianggap jelek.


Harus diakui jika The Na’Vi merupakan salah satu karakter terbaik CGI karena benar-benar digarap sangat halus dan sempurna. Bahkan untuk saat itu sangat sulit melawan CGI milik Avatar. Bahkan banyak orang menganggap apa yang dicapai oleh James Cameron dalam filmnya adalah sesuatu yang sangat monumental.

Avatar pun sukses meraih CGI terbaik di Academy Awards.

6

The T-1000 – Terminator: The Judgment Day

Bagi yang pernah menonton film Terminator: The Judgment Day, tentu kalian tahu robot bernama T-1000 yang sangat antagonis dan tidak tahu belas kasihan. Ya, robot yang terbuat dari logam cair itu benar-benar ditampilkan secara nyata oleg CGI.

Di tahun di mana film Terminator 2 hadir, sudah jelas jika CGI adalah barang yang sangat mewah. Tim CGI di film itu membuat transisi pergerakan sang robot daric air menuju padat dengan sangat luar biasa sekali.

Tidak ada kesan canggung sama sekali atau kesan kaku dari segi transisi. Tidak percaya? Coba lihat saja sendiri.

7

Hulk – Marvel Cinematic Universe

Hulk dari Marvel Cinematic Universe mampu mengimbangi Rocket Racoon. Ya, Hulk yang diperankan oleh Mark Rufallo benar-benar tampil sangat menawan dalam balutan CGI. Bahkan kerennya, Hulk di MCU dibuat wajahnya menyerupai Mark Rufallo.

Yang paling dahsyat adalah transisi Mark ketika berubah menjadi makhluk hijau ini. Dari film pertama, harus diakui perkembangan terhadap CGI Hulk semakin luar biasa keren dan halus. Tak heran jika akhirnya Hulk berhasil menjadi salah satu karakter CGI yang dahsyat.

Yang tak lupa, Hulk CGI ini terlihat memiliki otot dan bulu dada yang cukup detail bak makhluk sungguhan.

8

Gollum – The Lord of the Ring Trilogy

Keajaiban visual lainnya dari CGI yakni hadirnya Gollum di film Lord of the Rings karya Peter Jackson. Keajaiban visual ini harus diakui menjadi salah satu yang membuat nama Lord of the Ring meroket. Gollum yang tampil spektakuler juga merupakan pencapaian yang luar biasa.

Harus diakui CGI berhasil membuat para fans puas karena Gollum sendiri adalah karakter yang ikonik. Andy Serkis dan tim berada di belakang pembuatan Gollum yang sangat luar biasa ini.

9

Thanos – Marvel Cinematic Universe

Ya, lagi-lagi MCU. Harus diakui bahwa Marvel Cinematic Universe memang biangnya CGI. Setekah Rocket Racoon dan Hulk, MCU berhasil membuat Thanos. Thanos versi Josh Brolin merupakan salah satu sosok CGI yang cukup bisa dikatakan sempurna.

Mimik wajah, tinggi badan, dan otot diperlihatkan sangat keren di Thanos. Bagi yang ragu, silakan menonton film Avengers: Infinity War. Di situ Thanos diperlihatkan dengan sangat detail karena memang sang Mad Titan menjadi fokus di film itu.

10

Cesar – Planet of the Apes Trilogy

Setelah Planet of the Apes milik Tim Burton tahun 2001 dibuat kembali, apakah yang ingin dilihat dari versi rebootnya? Tentu saja CGI yang memukau. Ya, Fox menciptakan salah satu CGI terbaik dan Cesar menjadi sosok yang wajib mendapatkan perhatian.


CONTINUE READING BELOW

Deretan 10 Film Robot Terbaik dengan Nuansa yang Sangat Futuristik!

Sejauh ini ada beberapa film robot terbaik yang bisa ditonton oleh orang-orang yang suka dengan tema-temaan robot. Beberapa film ini bahkan sempat dianggap sebagai yang terbaik ketika baru dirilis. Lantas film robot apa saja yang dianggap sebagai film robot terbaik?


Andy Serkis membuat Cesar dengan luar biasa, apalagi cerita yang dialami oleh Cesar sangat getir. Meski hanya CGI kera, tapi Cesar memiliki detail yang lebih baik dibandingkan karakter CGI sebelumnya.


Sepertinya itulah 10 karakter CGI terbaik yang harus kalian ketahui. Semua karakter CGI di atas memang digarap tidak setengah-setengah dan menggunakan orang yang berpengalaman dibidangnya.

Bahkan beberapa diantaranya sudah merasakan pahit manisnya berada di industri film dalam menggarap CGI. Bagaimana menurut kalian? Mungkin untuk memulai diskusi bisa langsung tulis di kolom komentar ya guys!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!