Tenang, Ini 8 Hal yang Harus Kamu Siapkan Saat Mati Lampu Berkepanjangan!

Mati lampu tapi males keluar rumah, ini 8 hal yang harus ada di rumahmu saat mati lampu!

Kalau mati lampu berkepanjangan, siapa sih ya yang suka. Sudah susah sinyal, panas karena alat pendingin mati, atau gadgetmu baterainya habis.

Tapi tenang, supaya kamu penuh persiapan ketika terjadi mati lampu atau pemadaman mendadak, ini dia 8 hal yang harus ada saat mati lampu berkepanjangan!

1

Air

Air adalah sumber kehidupan, tidak ada air, maka tidak ada kehidupan. Karena itu satu yang paling utama dari 8 hal yang harus ada saat mati lampu adalah air.

Air di sini maksudnya secara general, air bersih untuk keperluan MCK (mandi, cuci, kakus) dan tentunya untuk minum juga.

Kamu bisa menyimpan beberapa ember air di kamar mandi atau kalau punya tangki air maka akan lebih bagus lagi. Kalau air minum bisa beli di warung kok.

2

Uang Tunai

Nah nanti takutnya kebiasaan gaya hidup cashless, eh pas mati lampu berkepanjangan jadi bingung beli ini itu deh karena tak punya uang tunai.

Gaya hidup cashless memang bagus, namun menyimpan uang tunai tetap wajib.

Ada kondisi di mana ATM tak bisa digunakan, pembayaran debit atau emoney digital lainnya tidak bisa karena tak ada internet, otomatis harus kembali ke pembayaran tunai.

3

Powerbank

Generasi Millennial dan Gen Z seperti kamu pasti seakan tak bisa hidup tanpa kehadiran gadget dan sejenisnya.

Nah minimal kamu bisa menyiapkan powerbank yang selalu terisi agar bisa digunakan kapan saja untuk mengisi gadget milikmu.

4

Lampu Portable

Ada beberapa lampu portable yang menggunakan baterai dan bisa diisi dayanya lagi yang dijual di pasaran.

Kamu harus sedia ini dan seperti Powerbank, harus kamu isi dayanya penuh agar siap kapan saja.

Kalau lilin dirasa kurang terang dan mungkin berbahaya kalau ditinggal (tidur misal), tapi kalau lampu ini tidak, jelas salah satu dari 8 hal yang harus ada saat mati lampu.

5

Makanan Ringan

Kalau makanan berat kan biasanya memang sudah ada, tapi kan mulut suka iseng ingin nyemil begitu, karena itu makanan ringan cukup wajib bagi kamu yang suka camilan.

Setiap awal minggu membeli beberapa makanan ringan seperti keripik kentang dan sejenisnya lalu saat mati lampu kamu akan aman kalau ingin camilan, apalagi kalau kamu tak menyimpan uang tunai dan tak bisa membeli di minimarket terdekat karena pembayaran jadi manual.

6

Radio

Kamu bisa menggunakan smartphone milikmu dan ditambah headset untuk mendengarkan radio FM, atau menggunakan radio analog dengan baterai.

Terkadang beberapa stasiun radio memang ikutan mati dan hanya menggantinya dengan lagu saja (tetap bisa jadi hiburan), namun beberapa stasiun radio lainnya masih mengudara dan di sini kamu bisa mendapatkan informasi dari dunia luar.

7

Hiburan Cetak

sejarah komik marvel

Sumber: duniaku.net

Kalau kamu punya buku novel, buku komik, atau majalah, lebih baik disimpan deh.

Ketika mati lampu berkepanjangan, kamu bisa tuh baca-baca lagi.

8

Boardgame atau Gim Kartu

Kalau kamu ngumpul bersama teman saat mati lampu, kamu bisa bermain bersama di dalam rumah yang tak perlu keluar ruangan yang juga tidak menggunakan internet, yaitu dengan Boardgame atau gim kartu.

Misalkan kamu bisa bermain Monopoli, Ludo, Werewolf, Uno, atau main catur juga boleh.


Nah mana menurutmu yang paling penting? Paling tidak setengah dari daftar di atas harus ada ya saat mati lampu berkepanjangan.


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.