Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!

Banjir penghargaan!

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!

Tahun ke tahun industri perfilman Indonesia terlihat semakin maju. Terbukti dari beberapa film yang terus rilis setiap tahunnya. Tidak hanya rilis di tanah air, berbagai film Indonesia itu pun bahkan muncul di luar negeri lewat festival-festival bergengsi.

Berbagai film yang tayang di luar negeri itu pun praktis menjadi pencapaian tersendiri bagi industri perfilman tanah air. Nah, dalam rangka memperingati Hari Film Nasional, berikut kami tampilkan deretan-deretan film Indonesia yang mendunia. Simak dibawah ini ya!

1. Pengabdi Setan (2017)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Berbagai sumber/artwork by. duniaku.com

Film pertama diisi oleh Pengabdi Setan yang merupakan film bergenre horor karya sutradara Joko Anwar. Film yang dirilis pada 2017 ini pun menuai kesuksesan besar sejak perilisan perdananya. Tidak hanya di level nasional, “Pengabdi Setan” juga berjaya di level internasional. Film yang dirilis pada 2017 ini pun menuai kesuksesan besar sejak perilisan perdananya. Tidak hanya di level nasional, “Pengabdi Setan” juga berjaya di level internasional.

2. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Cuplikan film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (dok. Kaninga Pictures/Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak)

Film Indonesia yang mendunia urutan selanjutnya ada Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak. Film ini berhasil membuat penonton kancah internasional terkagum-kagum berkat keindahan Sumba dan jalan ceritanya yang menarik. Selama penayangannya di level internasional, film ini berhasil mendapat 17 piala penghargaan. Bahkan film ini sempat masuk dalam 24 nominasi di berbagai ajang penghargaan dunia.

3. Sekala Niskala (2017)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Cuplikan film Sekala Niskala (dok. Fourcolours Films/Sekala Niskala)

Film Indonesia yang mendunia urutan ke-3 ini kurang mendapat tempat di tanah air. Berjudul Sekala Niskala, film ini justru mampu membuat sineas level internasional terkagum-kagum.Tidak hanya itu, film ini juga berhasil mendapat beberapa penghargaan bergengsi di ajang festival-festival level international. Salah satunya adalah berhasil memenangi penghargaan Best Feature di Asia Pacific Screen Awards dan Tokyo FILMeX pada tahun 2017 lalu.

4. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!id.bookmyshow.com

Selanjutnya ada film garapan Garin Nugroho yang berjudul Kucumbu Tubuh Indahku. Film ini pertama kali dirilis pada tahun 2018 dan langsung mendapat respon positif dari penonton level nasional serta internasional. Kucumbu Tubuh Indahku tercatat telah memenangi 5 piala penghargaan di festival level internasional. Tiga penghargaan diantaranya diraih pada tahun 2018, tepatnya pada Venice Independent Film Critic, Festival Des 3 Continents dan Asia Pacific Screen Awards.

5. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Cuplikan film Seperti Dendam (dok. Palari Films/ Seperti Dendam)

Film Indonesia yang mendunia selanjutnya baru saja rilis tahun kemarin dengan judul Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Film Seperti Dendam berhasil mengalahkan berbagai film berkualitas lainnya dalam meraih Piala penghargaan yang dinamai Golden Leopard itu.

Baca Juga: Lengkap! Ini Dia 21 Tema Nominasi Penghargaan Festival Film Indonesia

6. Senyap (2014)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Cuplikan film Senyap (dok. Koch Media/Senyap)

Di urutan ke-6 ada film dokumenter yang digarap oleh sutradara berkebangsaan Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer. Berjudul Senyap atau The Look of Silence, film dokumenter ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan internasional. Bahkan pada tahun 2016, Senyap terpilih sebagai nominasi Best Documentary Feature dalam Academy Awards.

7. Yuni (2021)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Potret film Yuni (dok. Fourcolours Films/ Yuni)

Film Indonesia yang mendunia urutan selanjutnya diisi oleh film bertemakan isu perempuan. Film yang diberi judul Yuni ini berhasil meraih penghargaan bergengsi di level internasional. Salah satunya berhasil mendapat penghargaan Platform Prize di Toronto International Film Festival.

8. Turah (2016)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Cuplikan film Turah (dok. Fourcolours Films/ Turah)

Selanjutnya ada film drama berjudul Turah yang disutradarai oleh Wicaksono Wisnu Legowo. Sejak perilisan perdananya, film ini mendapat sambutan positif dari penonton kancah nasional dan internasional. Maka tidak heran jika Turah berhasil memenangkan beberapa penghargaan dari ajang festival film internasional. Salah satunya Special Mention Silver Award di Singapore International Film Festival.

9. Prenjak (2016)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Cuplikan film Prenjak (dok. Wikipedia/Prenjak)

Di urutan ke-9 ada film pendek berjudul Prenjak karya dari sutradara Wregas Bhanuteja. Sebagai film pendek, Prenjak cukup berhasil mendapat antusias dari penonton dalam negeri dan luar negeri. Bahkan Prenjak berhasil memenangkan penghargaan bergengsi yaitu Leica Cine Discovery Prize pada Cannes Film Festival tahun 2016.

10. Penyalin Cahaya (2021)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Potret film Penyalin Cahaya (dok. Rekata Studio/ Penyalin Cahaya)

Satu lagi film besutan sutradara Wregas Bhanuteja yang mampu tembus ke kancah level internasional. Adalah film berjudul Penyalin Cahaya atau Photocopier yang diproduksi di tengah pandemi. Walau begitu, filmnya ini cukup mendapat antusias lebih sehingga berhasil tayang di Busan International Film Festival pada tahun lalu.

11. Paranoia (2021)

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!Potret film Paranoia (dok. Miles Films/Paranoia)

Film Indonesia yang mendunia urutan selanjutnya bergenre thriller dengan judul Paranoia. Film yang diproduksi oleh Miles Films ini berhasil tembus ke level internasional, tepatnya Korea. Paranoia melakukan penayangan perdananya di Bucheon International Fantastic Film Festiv

12. Nussa (2021) - Menjadi film Indonesia yang mendunia dari film animasi

Daftar 12 Film Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!nussaofficial.com

Selain Paranoia, film Indonesia lain yang tayang di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) adalah Nussa. Film animasi karya Bony Wirasmono itu juga berhasil mendapat sambutan positif di level internasional. Dalam festival itu, Nussa tampil pada kategori Family Zone. 

Dengan banyaknya film Indonesia yang mendunia dan meraih penghargaan di kancah internasional, sudah sepantasnya kita sebagai warga negara mengapresiasi karya anak bangsa. Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional ini apa harapanmu untuk industri film Indonesia? Share di kolom komentar ya!

Baca Juga: Ini 7 Film Indonesia yang Terkenal di Kancah Internasional!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU