Kurir Simulator! Gameplay Death Stranding Akhirnya Diungkap!

Jadi kurir action figure di dunia post apocalypse!

Kurir Simulator! Gameplay Death Stranding Akhirnya Diungkap!

Duniaku.net - Banyak gamer yang penasaran dengan gim Death Stranding. Lahir dari sentuhan tangan dingin desainer gim gaek Hideo Kojima, Death Stranding menjanjikan sebuah pengalaman gaming baru. Kojima menyebutnya sebagai konsep “tali dan tongkat,” namun apa sebenarnya maksud Kojima? Seperti apa gameplay Death Stranding yang digadang-gadang sebagai gim jenis baru ini?

Setelah digoda lewat berbagai macam trailer yang berseliweran, akhirnya gameplay Death Stranding diungkap di Gamescom 2019 lewat sebuah trailer baru. Dan layaknya berbagai gim Hideo Kojima yang sebelumnya, trailer ini pun memiliki keunikannya tersendiri. Seperti apa permainan Death Stranding sebenarnya?

Kurir Simulator! Gameplay Death Stranding Akhirnya Diungkap! Sumber: Gaming Illuminaughty[/caption]

Trailer terbaru Death Stranding ini semakin memantapkan anggapan fans bahwa fokus utama dari gameplay Death Stranding adalah mengantar barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Narasi utama dari trailer ini adalah bagaimana tokoh utama Sam mengantarkan barang ke suatu tempat.

Sam mengantarkan barang kepada seseorang bernama Ludens Fan. Karakter ini dimainkan oleh Matthew Mercer, dengan penampilan fisiknya yang di-render berdasarkan sosok teman Hideo Kojima, Geoff Keighley. Menurut Kojima, gim Death Stranding akan menampilkan cameo dari teman-teman dekatnya.

Di tempat Ludens Fan inilah, muncul tampilan utama untuk mengakses beberapa fitur permainan Death Stranding. Sam bisa mengakses terminal untuk mengantar paket, mengambil order paket, dan pilihan lainnya. Dalam trailer ini, kita bisa melihat Sam baru saja mengantar paket hilang berisi… action figure.

Kurir Simulator! Gameplay Death Stranding Akhirnya Diungkap! Sumber: Reddit[/caption]

Mari kita lihat menu apa saja yang tampil dalam terminal di gim Death Stranding.

Take on Orders dan Make Delivery kelihatannya akan menjadi dua fitur utama dalam Death Stranding. Fitur pertama memungkinkan Sam untuk mengambil paket untuk diantar, sementara fitur kedua dipilih untuk menyelesaikan pekerjaan. Cukup jelas ya.

Claim Materials, Recycle, dan Fabricate Equipment pun rasanya cukup jelas. Menggunakan fitur tersebut, Sam bisa mendapatkan berbagai jenis material yang bisa dirangkai atau didaur ulang menjadi sebuah benda atau material yang baru. Kita masih harus melihat seperti apa fitur ini bekerja.

Share Locker dan Private Locker sepertinya berhubungan dengan aspek multiplayer Death Stranding dimana gamer bisa berbagi peralatan dengan gamer lainnya. Jika kamu tidak mau berbagi, kamu bisa menyimpan barang-barangmu di Private Locker.

Kurir Simulator! Gameplay Death Stranding Akhirnya Diungkap! Sumber: Resetera[/caption]

Terakhir, dan fitur yang paling menarik, adalah Entrust Cargo for Delivery. Dengan fitur ini, nampaknya gamer bisa mempercayakan paket untuk diantar oleh orang lain. Nampaknya hal ini sangat masuk akal jika kita menimbang adegan selanjutnya.

Di adegan tersebut, Sam mendapatkan informasi bahwa “Chiral Network” telah diperluas. Kita tidak tahu apa sebenarnya Chiral Network ini, namun jika kita kembali ke Hideo Kojima yang mendefinisikan gameplay Death Stranding sebagai “tali dan tongkat,” apakah ini artinya tujuan utama gim Death Stranding adalah menciptakan hubungan antara gamer di seluruh dunia? Apakah ini artinya gamer harus bekerja sama membangun jaringan kurir di seluruh dunia?

Kurir Simulator! Gameplay Death Stranding Akhirnya Diungkap! Sumber: GamesRadar[/caption]

Kunci lain yang dibagikan di trailer terbaru Death Stranding adalah tentang Bridge Baby, alias BB. Bayi tabung (literally!) ini bertugas membantu Sam menghindari sergapan para Beached Thing (BT). Menurut target="_blank" >trailer Deadman, BB merupakan bayi yang diambil dari rahim ibunya yang sudah tewas, dan dimasukkan ke dalam inkubator yang mensimulasikan keadaan rahim. BB merupakan penghubung ke dunia kematian sehingga mereka bisa mendeteksi keberadaan BT.

Namun layaknya setiap bayi pada umumnya, BB perlu diberi perhatian. Kita bisa melihat Sam sedang ngelonin BB-nya di adegan awal trailer. Lalu menjelang penghujung akhir trailer, Sam dengan cerobohnya terjatuh dari tebing dan membuat BB menangis. Sam pun harus menenangkan BB sebelum melanjutkan perjalananannya.

Kurir Simulator! Gameplay Death Stranding Akhirnya Diungkap! Sumber: Dualshockers[/caption]

Seluruh fitur Death Stranding di atas membantu para gamer memahami seperti apa permainan gim ini. Namun hal yang membuat para gamer terkesima adalah kemampuan Sam untuk buang air!

Ya, entah apa alasannya Kojima memasukkan fitur buang air ke dalam gim ini; apalagi ia juga mengatakan bahwa Sam bisa buang air untuk melawan musuhnya! Selama Sam memenuhi panggilan alam, kita bisa melihat berapa volume urin yang Sam keluarkan. Lalu, jangan harap kamu bisa mengintip Sam buang air, karena Sam bakal menggeser badannya mengikuti arah kamera selama ia menunaikan hajatnya.

Ketika Sam sudah selesai dengan kegiatannya, akan ada jamur yang tumbuh di dekatnya. Oke Kojima, yang satu ini benar-benar aneh.

Death Stranding akan rilis di Playstation 4 mulai tanggal 8 November 2019, dengan kemungkinan untuk di-porting ke konsol lain.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU