Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?

Instagram sudah hadir di Android dan bisa kamu download secara gratis di Google Play Store. Namun, tentu saja kehadiran Instagram juga mengancam eksistensi aplikasi lain yang serupa, salah satunya Streamzoo yang sebelumnya berjaya di Android sebelum ada Instagram. Siapa yang lebih unggul dibandingkan keduanya?

Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?

Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?

Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya Instagram dirilis juga untuk Android pada tanggal 3 April kemarin. Yap, tidak bisa dipungkiri, Instagram bisa disebut sebagai aplikasi jejaring sosial untuk fotografi terbaik yang pernah dibuat dan eksklusif untuk iOS. Dan setelah sekian lama eksklusif untuk iOS, kini pemilik Android pun bisa merasakan fitur-fiturnya.

Instagram Android hadir dengan membawa semua fitur yang pernah dijejalkan kepada versi iOS-nya, mulai dari filter yang beragam, saling follow antara satu user dengan user yang lain, hingga kemampuan share ke berbagai macam jejaring sosial. Kehadiran Instagram ini tentu sangat ditunggu-tunggu para andrografer alias fotografer yang menggunakan Android, namun disisi lain kehadiran ini justru mengancam eksistensi beberapa jejaring sosial fotografi lain yang sebelumnya eksis di Android, sebut saja yang paling populer adalah Streamzoo, hingga Lightbox.

Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?

Oiya, aplikasi Instagram Android ini bisa kamu dapatkan di Play Store secara gratis melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.android.

Untuk mengetahui bagaimana head to head antara Instagram dengan Streamzoo, bisa disimak di halaman berikutnya..

Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?

Kehadiran Instagram untuk Android secara tidak langsung cukup mengancam "populasi" pengguna Streamzoo di Android. Bagaimana tidak, sebelum Instagram hadir di Android, mungkin sebagian besar para pengguna Android (termasuk saya) lebih memilih untuk menggunakan Streamzoo dibandingkan dengan aplikasi serupa, sebut saja Lightbox. Selain memiliki fitur yang cukup lengkap, kemampuan Streamzoo untuk lintas platform juga cukup menarik, sehingga pengguna iOS dan Android bisa saling berbagi foto, sama dengan Instagram.

Lantas, bagaimana head to head antara Instagram dengan Streamzoo ini? Apakah eksistensi Streamzoo akan terancam dengan kehadiran Instagram? Berikut sedikit perbedaan dan plus minus antara keduanya

User Interface

 

Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?

Interface Instagram bisa dibilang sedikit lebih simpel dan minimalis daripada Streamzoo. Memang sih, dilihat dari resource yang "dimakan", bisa dibilang Instagram lebih ramah dibandingkan dengan Streamzoo. Untuk fitur-fiturnya, tidak banyak perbedaan antara Instagram dengan Streamzoo, dimana kamu bisa menemukan foto-foto terpopuler lewat fitur Popular, atau melihat stream (atau yang mungkin lebih kita kenal dengan news feed seperti aktivitas dan foto-foto) orang yang kamu follow.

Filter dan Editing Foto

Memang sih, untuk kategori filter masing-masing punya keunikan tersendiri. Sekilas memang Instagram sedikit unggul dalam nilai artistik dalam filter-filter yang disematkannya. Namun, Streamzoo juga memiliki kelebihan dimana kita bisa meng-upload foto sesuai layout aslinya, baik itu portrait maupun landscape. Bandingkan dengan Instagram yang (sampai saat ini) masih "memaksa" kamu untuk menjadikan foto menjadi persegi alias melakukan cropping.

Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?

Proses Uploading Foto

Untuk proses uploading, Instagram juga bisa dibilang selangkah lebih cepat dibandingkan Streamzoo, yang seringkali mengalami error saat uploading. Error saat upload ini yang menyebabkan foto yang kita upload menjadi noise, bahkan terkadang yang muncul hanya separuhnya saja. Memang sih, noise dan gangguan uploading ini bisa hilang kalau kita melakukan restart aplikasi atau bahkan restart gadget, namun tentu saja hal ini sedikit mengurangi nilai Streamzoo saat diadu dengan Instagram.

Bukan hanya saat uploading, satu lagi kelebihan Instagram dibandingkan Streamzoo adalah pada saat kita ingin melihat satu foto, entah itu di Stream atau di profil kita sendiri. Jika di Streamzoo, saat kita menunggu sebuah foto dimuat, kita hanya disuguhi sebuah loading bar yang terus berputar-putar tanpa kita tahu progress loadingnya, di Instagram kita disuguhi progress bar, sehingga kita tahu sudah sampai mana loading foto tersebut.

Kemampuan Upload Video

Singkat saja, di Streamzoo kita bisa upload video, bukan hanya foto. Di Instagram, sampai saat ini masih khusus untuk foto. Ini mungkin jadi satu dari sekian kelebihan antara Streamzoo dengan Instagram.

Silahkan lanjut di halaman selanjutnya ya..

Pembatasan Karakter untuk Hashtag dan Deskripsi Foto

Untuk memberikan hashtag (yang berguna jika kita search sebuah foto lewat Stream), Instagram memiliki space yang lebih lega jika dibandingkan dengan Streamzoo. Jika di Streamzoo, kamu hanya diberikan batasan 100 karakter saja, maka di Instagram kamu bisa lebih banyak dari itu. Memang, saya masih belum mengetahui secara pasti, seberapa panjang kita bisa memberikan hashtag dan deskripsi foto dalam Instagram. Namun hari ini, saya sudah menemukan sebuah foto di Popular yang memiliki deskripsi satu paragraf lebih!

Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?Instagram Hadir di Android. Mengancam Eksistensi Streamzoo?

Fitur Shout

Fitur kecil yang cukup berguna untuk "menyundul" sebuah foto, dan fitur ini hanya terdapat di Streamzoo. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menarik perhatian follower kamu terhadap sebuah foto dengan memberikan komentar tertentu. Tentu saja, semua shout kamu akan menjadi notifikasi di follower kamu, dan akan menarik perhatian mereka. Instagram? Sampai saat ini saya masih belum menemukan fitur tersebut.

Fitur Badge dan Leaderboard

Yap, ini juga menjadi salah satu keunggulan Streamzoo dibandingkan dengan Instagram sampai saat ini. Di Streamzoo, kamu bisa mengumpulkan berbagai macam badge setelah menyelesaikan satu misi tertentu. Yah, anggap saja fitur ini mirip dengan fitur badge yang ada di Foursquare, sebagai contoh kamu akan mendapatkan badge setelah mendapatkan jumlah follower tertentu atau mendapatkan sejumlah poin tertentu.

[/caption]

[/caption]

Oiya, setiap kamu meng-upload sebuah foto atau ada seorang yang menyukai foto kamu, kamu juga akan mendapatkan satu poin. Poin ini dapat diakumulasikan untuk kamu "pamerkan" ke follower kamu. Dan fitur menarik Streamzoo lainnya adalah fitur Leaderboard mulai harian hingga leaderboard secara keseluruhan.

Setelah melihat plus dan minus di atas, mana yang akan kamu pilih? Streamzoo atau Instagram? Share pendapat dan pilihan kamu di kolom komentar ya! Kalau mau promosi ID nya di bawah juga silahkan, tapi jangan lupa follow saya juga ya, Febrizio.. :P

ARTIKEL TERBARU

[/caption]

[/caption]