Rasanya baru kemarin kami meng-update Firefox ke versi 11, kemudian menyusul versi 12 muncul pada 22 April 2012 lalu, yang mana meskipun tidak memberi banyak fitur yang kasat mata, mulai versi 12 kamu bisa meng-update Firefox-mu di background alias silent update — salah satu fitur Chrome yang sangat kami sukai. Dan kemarin sudah ada kabar Mozilla tengah menyiapkan versi 13-nya. Kamu bisa mengicipi Beta-nya yang sudah cukup stabil. Diantara pembaruan yang diunggulkan, sekali lagi juga menjadi salah satu yang menjadi kelebihan Chrome, adalah website yang paling sering diakses (ditampilkan dalam bentuk kotak thumbnail) langsung muncul ketika kamu membuka “tab” baru.

Namun jika dirunut ke belakang, sebenarnya fungsi yang sangat berguna itu awalnya menjadi ide Opera dengan speed dial-nya yang memungkinkanmu mengatur sembarang web secara manual ke dalam salah satu kotak thumbnail yang disediakan untuk akses cepat. Untuk thumbnail dengan ikon website yang paling sering kamu akses tersebut, kamu bisa mengunci (mem-pin) mereka sehingga setiap kali membuka tab baru, ikon tersebut tidak akan bergeser, atau bisa juga kamu hapus secara manual.

Kemudian kini kamu juga mendapatkan homepage default yang baru, dengan search bar Google (atau entah search engine lain yang kamu jadikan sebagai default-nya) di bagian tengah layar. Memang seperti yang sudah ada pada versi sebelumnya, namun kamu juga mendapatkan beberapa jalan pintas ke fungsi penting Firefox. Update ini juga menambahkan dukungan untuk protokol SPDY (baca: speedy) yang dikembangkan Google khusus untuk mentransfer content web dengan lebih cepat, dan juga sekaligus menjadi perbaikan dari protokol HTTP — sejauh ini baru Chrome saja yang mengaplikasikannya.

Masih ada beberapa pembaruan lainnya, seperti fitur smooth scrolling yang berjalan secara default, dan fitur baru yang bakal diterapkan oleh Mozilla dalam Firefox 13 bisa kamu lihat selengkapnya melalui release notes mereka. Sejauh ini kami merasakan Firefox makin cepat dan ringan saja dibandingkan versi – versi mereka sebelumnya. Memang masih belum bisa menggeser Chrome sebagai favorit, namun yang jelas jika semua yang bisa kami dapatkan melalui Chrome ada di Firefox, bisa jadi kembali berpaling ke “rubah api.”

Download: Firefox 13 Beta, atau jika masih pengen yang versi 12, masuk kemari, untuk Windows, atau OS X, dan juga Linux.

Sumber: Mozilla

43 keseluruhan 1 dilihat hari ini