Seperti yang banyak diprekdisikan, dan pernah juga kami mengulasnya tahun lalu, Kindle Fire benar – benar membuat terobosan di dunia tablet dunia. Subsidi silang Amazon yang menghasilkan sebuah tablet murah (yang lebih murah US $300 dari ipad termurah) — namun tidak murahan spesifikasinya, plus di luar sana memang nama Kindle begitu berpengaruh, serta mereka membeli Kindle memang dimanfaatkan sepenuhnya sebagai media paling pas menggantikan media cetak. Dan data terbaru yang mencengangkan, Kindle Fire yang sudah berusia setengah tahunan tersebut kini menduduki peringkat pertama di tengah pangsa pasar tablet Android di U.S, dengan angka penjualan pada kuartal pertama awal penjualannya menembus 5 juta unit!

Data pangsa pasar tablet di US yang dirilis comScore...

Data keberhasilan Kindle Fire tersebut dirilis oleh analis marketing internet comScore. Mereka menyebutkan jika Kindle Fire menguasai 54.4% dari keseluruhan pasar Android di U.S, jauh mengungguli Samsung dengan lineup Galaxy Tab mereka. Dan entah kenapa ya, di Indonesia justru nama Kindle tidak terdengar luas seperti di luar sana. Bisa jadi karena di luar negeri kebanyakan membeli tablet atau Kindle khususnya, karena memang digunakan untuk membaca content digital. Sedangkan di sini, saya yakin tidak semua menggunakannya dengan maksimal — mungkin hanya membeli karena mengikuti trend.

Keluarga Kindle generasi keempat, Kindle, Kindle Touch dan kemudian yang tersukses, Kindle Fire...

Dan seperti yang sering kami sebutkan melalui beberapa ulasan tablet – tablet terbaru, seperti Galaxy Tab 2-nya Samsung, yang sungguh ajaib spesifikasinya (dan harganya) malah di bawah pendahulunya, jelas Samsung dan kebanyakan produsen tablet tergiur dan mencoba sihir Kindle tersebut — bahkan Galaxy Tab 2 7.0 di luar negeri dijual mulai Rp. 2.5 jutaan lho, saya heran juga kok masuk Indonesia bisa sampai Rp. 3.5 jutaan… hehe! Mereka (bahkan rumornya juga Apple) berlomba – lomba menghadirkan tablet murah, dimana semua orang dari semua kalangan pasar bisa men “tab” pada bidang touchscreen. Berikut beberapa ulasan kami mengenai tablet terbaru yang memang terinspirasi oleh Kindle Fire:

Kindle Fire: Tablet Dual Core seharga 1 Jutaan
- Nook Tablet… Tablet Dual Core 2 Jutaan, Menantang Langsung Kindle Fire
- Apple iPad Mini, Perlahan Beralih Dari Rumor Menjadi Kenyataan
- Samsung Galaxy Tab 2 7.0, Lagi-lagi Upgrade Minor “Tanpa Plus”
- Galaxy Tab 2 10.1, Beratnya Naik Akibat Kelebihan Kalori Ice Cream Sandwich

Bagi yang ingin tahu lebih jauh mengenai Kindle Fire, bisa cek kumpulan video presentasi dan iklannya berikut ini.

Kindle Fire TV Commercial—Amazon’s New $199 Kindle

Amazon Kindle Fire Official Presentation

Kindle Fire TV Commercial—Placing the Things You Love at Your Fingertips

Kindle Fire (Dad and daughter) Ad —- A Kindle for entertainment, web, games, reading, and more.

Kindle and Kindle Fire Commercial — Three Kindles are still less than that…