Expeliarmus, Saatnya Menyihir Menggunakan Wonderbook

Jangan salah, bukunya sendiri tidak bisa memproyeksikan gambar, kamu melihat gambar lewat televisi

Bagi mereka yang sudah senior (saya tidak bilang lanjut usia loh ya :-)) dan suka membaca, pastinya mengenal kumpulan buku yang berjudul pilih sendiri petualangan mu (choose your own adventure untuk versi inggrisnya). Ini adalah salah satu kumpulan buku yang paling saya sukai, karena jalannya cerita akan berubah-ubah sesuai dengan pilihan yang kamu ambil. Kamu seolah-olah jadi ikut ambil bagian dalam buku tersebut,  mungkin dari situlah rasa kecintaan saya akan game-game RPG kemudian muncul. Nah sekarang bayangkan jika misalnya kamu tidak hanya membaca buku yang saya sebut diatas, tapi juga melihat dan juga memainkannya lewat layar TV mu?

httpv://youtu.be/dT9zvYykZaE

Sambutlah Wonderbook (lihat trailer di atas), sebuah konsep baru yang diangkat oleh Sony di konferensi press E3 2012 mereka beberapa jam yang lalu. Wonderbook pada dasarnya menggabungkan pengalaman bermain game dengan membaca buku. Membaca sebenarnya bukanlah kata yang tepat disini, karena kamu tidak hanya sekedar membaca, tapi juga memainkan dan ikut berperan dalam buku tersebut. Wonderbook ini nantinya harus “dimainkan” menggunakan playstation eye dan playstasion move (wand). Text, gambar, dan juga cerita akan ditampilkan di layar televisi, sementara itu buku ditangan mu hanya berfungsi sebagai semacam input data yang akan diterima oleh Playstation Eye. Dari data ini Playstation Eye akan tahu apa yang harus ditampilkan di layar televisimu. Nah bagian kerennya adalah ini, dengan menggunakan Playstation Move, kamu bisa berinteraksi dengan apa yang dimunculkan di layarmu. Misalnya saja, dalam demo di konferensi pers, Sony menunjukkan bahwa kamu bisa membuat karakter di layar TV mengeluarkan sihir api (Incendio!) dengan cara menggerakkan Playstation Move sesuai dengan yang diperintahkan oleh Wonderbook. Bukan hanya itu, kamu juga kadang diharuskan mengambil keputusan yang akan merubah jalan cerita sesuai dengan keputusan mu tersebut.

Cukup keren kan, tapi lalu apa hubungannya Wonderbook ini dengan Harry Potter? Banyak, yang pertama adalah, buku pertama dari Wonderbook ini akan diberi judul Book of Spell, dan seperti yang bisa kamu duga, bukunya ditulis oleh JK Rowling sendiri. Akhirnya kamu akan bisa benar-benar menjelajahi Hogwarts lewat Book of Spell ini. Selain itu, nantinya Book of Spell juga akan memiliki hubungan dengan Pottermore, walaupun masih belum dijelaskan seperti apa hubungannya. Wonderbook dan Book of Spell memang sepertinya ditujukan untuk anak-anak yang masih muda, tapi terus terang bahkan saya yang sudah berkepala tiga ini merasa tertarik untuk mencobanya. Book of Spell rencananya akan dirilis musim liburan tahun ini juga. Dan bukan hanya itu, Sony juga sudah menyiapkan buku kedua, Diggs Nightcrawler, yang merupakan cerita detektif.

httpv://youtu.be/tI6CgE1_Ods


SHARE
Previous articleE3 2012 : Dante Bergabung dengan “The Order” di DmC: Devil May Cry
Next articleE3 2012 : Developer Heavy Rain Memperkenalkan ‘Beyond’
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.