Apple WWDC 2012, Detail Update iOS 6-Bakal Calon Fitur Utama iPhone 5

Minggu lalu muncul berita mengejutkan. Samsung yang dulu juga sempat dirumorkan bakal mengakuisisi RIM dengan BlackBerry-nya, menurut gosip sedang kembali mengincar Nokia — rumor yang sama juga terdengar tahun lalu. Dan karena berita tidak jelas tersebut, saham Nokia sempat naik sekitar 6% akhir pekan lalu, walaupun kini kembali turun ke posisi semula. Kami hanya heran saja, kenapa minggu lalu kabar tersebut meluas, beberapa hari sebelum Apple menggelar Worldwide Developers Conference (WWDC), yang diadakan di San Fransisco, mulai 11 hingga 15 Juni 2012 nanti. Memang sedikit mengalihkan perhatian publik, namun tidak menghentikan antusias dunia menantikan kabar yang paling diharapkan dari Apple, yaitu iPhone 5.

Namun rupanya selama keynote Apple yang diadakan di Moscone West, San Fransisco kemarin, iPhone 5 belum disebutkan. Fokus baru pada penggunaan Retina pada next-generation MacBook Pro, tipe baru MacBook Air dan pembaruan untuk banyak lineup MacBook (akan kami bahas pada artikel lainnya), serta yang menjadi highlight adalah fitur – fitur software baru yang bakal kamu dapatkan dalam OS X Mountain Lion dan iOS 6.

Sedikit mengenai  WWDC 2012, merupakan konferensi tahunan yang diadakan Apple untuk menunjukkan software dan teknologi baru mereka untuk developer, sekaligus menawarkan prototip untuk dicoba dengan tujuan mengumpulkan feedback. Event ini tidak sembarangan, karena memang tiket masuknya saja dijual seharga US $1,599 — yang langsung sold out dalam waktu 2 jam ketika mulai dijual 25 April lalu. Dan khusus tahun ini Apple merubah cara pembelian tiketnya, dimana para peserta harus memeliki Apple ID dulu yang memang sudah terhubung dengan developer account Apple mereka.

Dan karena penulis khususnya sangat menantikan pembaruan Apple untuk iOS mereka, walaupun iPhone 5 nyaris tak terdengar, karena itulah artikel ini akan dikhususkan lebih dulu untuk mengulas banyak fitur baru iOS 6. Apple sendiri mengklaim ada 200 fitur baru mereka suntikkan ke dalam sistem operasi mobile mereka tersebut, dan langsung merilis versi beta-nya ke anggota iOS Developer Program. iOS 6 nantinya bakal bisa dinikmati pengguna  iPhone, iPad dan iPod touch kuartal ketiga tahun ini sebagai update software baru.

Lanjut ke halaman 2

1
2
3
4
SHARE
Previous articleLEGO Batman 2, LEGO Kali Ini Sudah Bisa Bersuara!
Next articleTanggal Rilis Hunter X Hunter PSP Ditetapkan!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.