Mozilla tidak puas dengan hanya menjadi search engine. Mereka pun mencoba berkembang ke ranah mobile, dengan harapan juga membawa Firefox bersamanya. Dan yang diajukan adalah Boot2Gecko. Sistem operasi mobile berbasis web yang sarat akan script HTML5. Kemudian selama Mobile World Congress 2012 lalu kita juga megetahui jika OS open source tersebut bisa berjalan di semua smartphone. Beberapa demo pun menunjukkan prospek OS ini jika mampu berjalan beriringan dengan OS lainnya, sebagai alternatif jika bosan dengan antar muka standar. Dan bicara antar muka, hari ini kami mendapatkan beberapa screenshot yang menunjukkan detail user interface sistem operasi mobile dari Mozilla yang kini namanya lebih familiar sebagai Firefox OS.

Screenshot UI Firefox OS tersebut berasal dari akun Twitter Robert Nyman, salah satu developer di Mozilla ini membagikannya kemarin. Dan di sini UI-nya terlihat berbeda dibandingkan dengan yang pernah kita temui dalam beberapa kali demo Boot2Gecko. Kini pun tampilannya banyak mengambil UI sistem operasi mobile lain, dan yang paling jelas adalah UI-nya iOS — seperti shortcut di barisan bawah, dan kolom status di barisan atas yang mengingatkan pada notification panelnya Android.

Nyman sendiri mengatakan jika OS mereka masih work-in-progress, dan kemungkinan bakal ada perubahan terhadap tampilan UI tersebut nantinya. Sayang dia tidak menyatakan kapan Firefox OS ini bakal selesai.

Sumber: Twitter

29 keseluruhan 1 dilihat hari ini