Battle Box, Tower Defense dengan Aroma Lokal yang Kental!

Genre tower defense bisa dikatakan adalah salah satu genre yang unik. Sederhana untuk dimainkan, namun jika pihak developer bisa mengemasnya dengan baik, maka akan menjadi game yang sangat adiktif. Tidak heran, banyak game-game tower defense bermunculan, utamanya di platform mobile atau flash, dan menarget pasar yang casual. Nah, satu game tower defense baru hadir untuk iOS dari Elago Tech berjudul Battle Box. Seseru apa game ini?

Sebelum masuk ke gameplay, saya akan singgung sedikit elemen story dari game ini. Battle Box mengisahkan seorang anak bernama Maya yang membeli sebuah application box di sebuah pasar gelap. Nenek penjual application box tersebut mengatakan, bahwa application box ini menyimpan sebuah rahasia, dimana siapa saja yang berhasil menyelesaikan permainan di dalamnya, maka akan mendapatkan harta karun yang luar biasa. Maya yang penasaran segera membuka box tersebut setibanya di rumah, dan sebuah robot kecil muncul dari kotak tersebut. Robot tersebut mencuri barang berharga milik Maya, dan tentu saja Maya harus mendapatkannya kembali dengan cara memenangkan permainan di dalam box ini.

Bagi kamu yang pernah memainkan Plants vs Zombies, maka kamu akan segera familiar dengan gameplay game ini. Dalam game ini, kamu diharuskan untuk menata unit-unit kamu untuk menghadapi gelombang serangan dari musuh yang datang dari sebelah kanan. Untuk mengutus sebuah unit, kamu harus menumbuhkan jagung-jagung yang didapat dari para unit petani jagung. Disini kamu juga harus bijak untuk menentukan, porsi yang seimbang antara unit dengan para petani jagung, jangan sampai kamu kekurangan unit karena terlalu banyak memasang petani jagung.

Beberapa elemen gameplay dalam game ini banyak terinspirasi dari unsur lokal dan sejarah Indonesia, sebut saja salah satu desain level yang berbentuk stupa Candi Borobudur, unit Gatotkaca, hingga pasukan yang bersenjatakan bambu runcing. Terdapat juga sistem upgrade untuk membuat unit kamu semakin kuat dan juga beberapa tantangan yang bisa kamu selesaikan setelah tugas tertentu.

Menurut Andre Krishna, salah satu penggagas game yang awalnya diberi code name Indonesia Merdeka ini, mereka sudah mulai mengerjakan game ini sejak Desember tahun lalu. Yang menarik, untuk mengerjakan komposisi musik dari game ini, mereka menggandeng David J. Franco, komposer yang sebelumnya dikenal mengerjakan musik beberapa game papan atas seperti Scribblenauts dan Drawn to Life. Game ini juga menyediakan total 50 level yang bisa kamu selesaikan, serta Endless Mode yang bisa kamu dapatkan di level-level tertentu. Fitur menarik lainnya adalah adanya Editor Mode, yang bisa kamu gunakan untuk membuat level kamu sendiri, yang nantinya bisa kamu bagikan ke teman-teman kamu.

Sudah siap untuk membantu Maya mendapatkan barangnya kembali yang hilang dengan memainkan Battle Box? Game ini sudah bisa kamu dapatkan di iTunes lewat link berikut ini dengan menebusnya seharga US $2.99. Untuk sementara, game ini baru tersedia untuk iOS saja, namun tidak menutup kemungkinan Elago Tech akan merilisnya untuk platform lainnya seperti Android.