Square Enix Merilis “Tap Adventure” RPG Untuk iOS

Awal Agustrus 2012 lalu Square Enix cabang Amerika mendaftarkan sebuah domain untuk game yang sedang mereka kembangkan. Saat itu hanya diketahui nama “Wizardlings” saja, tanpa ada detail penjelasan lainnya. Namun hari ini diketahui jika ternyata nama tersebut adalah sebuah RPG free-to-play untuk iOS.

Dari halaman App Store-nya kami mendapati Wizardlings ini disebut sebagai  “tap adventure” RPG. Sebutan itu datang karena memang kamu selama bermain cukup menyentuh kotak – kotak ubin kegelapan menggunakan tongkat sihirmu untuk memunculkan dunia di sekelilingmu — setting dunianya disebut sebagai Skywind. Dibalik kotak tadi kamu bisa menemukan bunga, pohon, bangunan, dan obyek lainnya. Beberapa obyek tersebut bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk menciptakan rapalan sihir yang kuat. Selain itu dengan memunculkan ada apa dibalik kotak tadi juga bisa memunculkan monster yang harus kamu lawan untuk memulihkan cahaya di tengah dunia, sekaligus juga mana yang menjadi sumber kekuatan sihirmu.

Untuk menambah variasi sihir yang bisa kamu kembangkan, dalam dunia Wizardlings ada lima sihir berbeda yang bisa kamu gunakan selama pertarungan, mereka antara lain Fire, Water, Charge, Air dan Holy — dengan total sihirnya mencapai 50 jenis. Settingya sendiri disebutkan ada 56 landscape, yang menjadi lokasimu mengumpulkan material sihir, harta karun, hingga tongkat sihir. Seperti tipikal game mobile terbaru lainnya, Square Enix memilih merilisnya secara gratis, namun dengan opsi in-app-purchase berupa emerald dan coin yang merupakan mata uang dan resource yang membantumu membeli rapalan sihir — daripada harus buang waktu untuk grinding.

Seperti terlihat pada beberapa screenshot, di awal permainan kamu bisa memilih wizard alias tukang sihir cowo atau cewek. Pertama kamu bakal dikirim ke “Welcome Woodlot” dimana kamu bakal mempelajari bagaimana caranya “membersihkan” kegelapan yang saat ini melingkupi Skywind, mencari harta, dan mengalahkan kekuatan jahat. Kamu juga bakal belajar bagaimana melakukan rapalan sihir, upgrade armor dan membeli special ingredient untuk memperkuat sihir.

Memang penulis baru sebentar saja memainkannya, namun langsung terasa bahwa sebenarnya konsep utama gameplay-nya adalah dungeon crawling. Semacam Diablo, namun lebih mudah dimengerti cara memainkannya. Kamu juga bisa memungut loot, selain membuat sihir dan mengalahkan musuh. Tidak ada jalan cerita berat yang perlu diikuti, tanpa side quest yang perlu diingat untuk kembali, yang ada hanya sebisa mungkin sebanyaknya membuka kotak yang masih gelap.

Tujuan dalam setiap setting permainannya adalah memunculkan apa yang ada di balik kotak hitam dengan melancarkan sihir light. Itu akan mengurangi energy karaktermu, namun perlahan energy tersebut pulih setiap 30 detik. Sebagian besar kotak memunculkan rumput, pohon dan bunga. Beberapa lainnya ada quest item yang bisa kamu gunakan nantinya. Beberapa kotak lainnya memunculkan musuh yang bisa diserang — dan anehnya, musuh tersebut tidak akan menyerangmu sebelum kamu menyerang mereka.

Awalnya kamu perlu mengumpulkan banyak item untuk membantu mengalahkan musuh, namun ketika karaker mencapai level yang agak tinggi, justru musuh ikut – ikutan makin kuat dan bahan untuk membuat sihir juga makin susah ditemukan. Saat itulah kamu akan mulai berpikir membeli bahan – bahannya saja dengan emerald, yang mana bisa ditemukan juga selama bermain, meskipun juga sangat susah — dan kamu akan mulai berpikir daripada frustasi, lebih baik membeli saja melalui in-app-purchase. Dan meskipun gratis, sepertinya setelah bermain mencapai level delapan, akan sangat susah melanjutkan permainan tanpa membeli emerald yang bakal kamu gunakan untuk membeli material sihir. Musuh terlalu kuat, dan terlalu sedikit bahan sihir yang terkumpul.

Overall Wizardlings game yang menyenangkan untuk siapa saja, baik tua maupun muda bisa menikmatinya, apalagi art karakternya juga lumayan. Namun kenyataannya nanti memaksamu membeli in-app-purchase, di satu sisi malah membuat kita malas memainkannya terus. Seandainya ada opsi, meskipun grinding lebih lama tetap bisa memainkannya seperti tipikal game free lain, di sini dari apa yang kami mainkan, susah untuk memilih opsi tersebut.

Wizardlings Available Now!

[nggallery id=124]


SHARE
Previous articleHighlight AC III: Melihat Setting Tempat dalam Assassin’s Creed III!
Next articleNeptunia Victory dan The Witch and the Hundred Knights Pastikan Dirilis di US
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.