9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017

Setiap ajang ini digelar, bermunculan gadget canggih yang belum pernah ada di pasaran. Tak ketinggalan, gadget unik yang mungkin bikin kamu geleng kepala-geleng kepala ini!

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017

Perhelatan Consumer Electronic Shows (CES) telah resmi berakhir Minggu kemarin (8/1/2017). CES 2017 menjadi salah satu tempat berkumpulnya para pabrikan dan pesohor teknologi untuk unjuk kebolehan produk-produk terbaru mereka. Dari sekian banyak gadget canggih yang ada, beberapa diantaranya patut mendapat “perhatian khusus” lantaran dianggap sebagai produk yang terbilang unik dan menawarkan gagasan yang orisinal.

Berikut beberapa produk yang berhasil menarik perhatian kami.

[page_break no="1" title="Cerevo VR Shoes"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017Teknologi Virtual Reality (VR) membuka pintu peluang baru bagi banyak manufaktur untuk menciptakan produk yang sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh manusia. Headset VR, perangkat yang awalnya dipelopori oleh Oculus Rift, menjadi kunci utama untuk memasuki gerbang dunia virtual dan menjelajahi sensasi di dalamnya. Demi meningkatkan kemudahan dan pengalaman pengguna, diciptakan pula kontroler khusus yang bisa kamu kendalikan dengan kedua tangan kamu.

[embed]

Untuk melengkapi perangkat tersebut, sebuah perusahaan asal Jepang bernama Cerevo, memperkenalkan Taclim VR. Dengan perangkat ini kamu bisa ikut melibatkan kedua kaki kamu saat menyelami dunia virtual. Alhasil, kini kamu dapat merasakan sensasi berjalan di atas hamparan pasir, genangan air, ataupun menyusuri jalan bebatuan layaknya di dunia nyata.

[page_break no="2" title="Denso Vacuum Cleaner Shoes"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017

Lain Cerevo lain lagi Denso. Meski kedua perusahaan asal negeri sakura ini sama-sama merilis gadget berbentuk sepatu, keduanya punya fungsi yang berbeda.

Cara kerjanya sederhana saja. Setiap langkah yang kamu ambil, memompa motor kecil yang tertanam dalam sepatu ini untuk menyedot debu serta kotoran di bawah kakimu. Debu serta kotoran yang terhisap kemudian akan disimpan dalam sebuah kotak kecil, yang ribetnya, harus kamu kosongkan setiap akan digunakan.

Mengingat bentuknya yang kurang trendi dan cara pemakaiannya yang merepotkan, saya tak yakin produk ini akan banyak diminati.

Namun, produk di atas masih dalam tahap prototipe. Sehingga, bolehlah kamu sedikit berharap agar nantinya Denso merilis gadget ini dalam bentuk sepatu yang lain. Misalkan sepatu sneaker atau sepatu boots mungkin.

[page_break no="3" title="Hypersuit"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017Seiring dengan semakin mainstream-nya tren virtual reality, semakin banyak bermunculan pula produk periferal yang dirancang khusus untuk mendukung teknologi ini.

Jika produk di atas dirasa belum cukup menghadirkan pengalaman paling istimewa, perusahaan bernama The-Ory yang bermarkas di Paris, siap menghadirkan produk periferal bernama Hypersuit guna meningkatkan pengalaman VR ke level yang jauh lebih tinggi lagi.

[embed]

Lantas apa kegunaan produk yang masih dalam tahap purwarupa ini? Fungsinya kurang lebih sama dengan Taclim. Hanya saja, lewat Hypersuit kamu akan diajak merasakan sensasi melayang atau terbang yang sesungguhnya. Kreatornya sendiri mengatakan bahwa nantinya Hypersuit akan banyak digunakan untuk kepentingan militer, khususnya di angkatan udara.

[page_break no="4" title="Kerastase Hair Coach"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017Kamu mungkin berpikir kalau menyikat rambut adalah salah satu aktivitas harian yang sederhana. Kamu salah. Atau setidaknya itulah yang terlintas di benak para kreator di Withings ketika membikin sisir rambut revolusioner ini.

Bekerja sama dengan produsen kosmetik ternama, L’Oreal, terciptalah Kerastase Hair Coach.

Fungsinya adalah untuk memantau kondisi rambut kamu dan menyarankan cara paling tepat untuk menyikat rambut kamu. Hasilya dapat kamu simak pada sebuah aplikasi khusus di smarpthone kamu yang telah disinkronisasikan dengan alat tersebut lewat sambungan Wi-Fi atau bluetooth.

[embed]

Memang keren. Namun, mengingat harganya yang mencapati $200, mungkin meminta kerabat atau sahabat untuk mencabuti uban atau memilah rambut kita yang bercabang adalah langkah yang sepertinya masih akan diminati.

Apa lagi gadget-gadget unik nan nyentrik di CES 2017 kemarin? Buka halaman 2!

[page_break no="5" title="Smarter FridgeCam"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017

Apa kamu termasuk salah satu yang gemar membuka kulkas setiap waktu untuk mencari tahu apakah orang tuamu punya makanan/minuman baru? Apakah orang tuamu jengah dan muak dengan kebiasaan kamu yang satu itu? Berterima kasihlah kepada kamera terbaru besutan Smarter.

Kamera ini secara otomatis akan mengambil gambar yang ada di dalam kulkas kamu ketika pintu kulkas ditutup dan seketika mengirimkannya ke aplikasi yang sudah terpasang pada smartphone kamu.

Produk ini dapat mengidentifikasi informasi kedaluwarsa atau tidaknya suatu produk di dalam kulkas kamu. Selain itu, perangkat ini dapat memberikan saran resep yang kamu buat dengan bahan-bahan yang ada di kulkas kamu. Gadget yang cukup berfaedah buat kamu yang berstatus anak kos. Itupun kalau kamu bersedia menebusnya dengan harga $150 dan kamu punya kulkas di kosmu.

[page_break no="6" title="Fisher-Price Smart Cycle"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017

The Think and Learn Smart Cycle, sesuai namanya, merupakan sepeda cerdas yang bentuknya menyerupai sepeda fitness mini. Alat ini dibuat untuk menyasar anak berusia 3 sampai 6 tahun.

Fisher-Price, selaku produsen perangkat ini, mencoba menciptakan sebuah perangkat yang tak hanya melatih kemampuan motorik anak-anak namun juga melatih daya pikir mereka.

Cukup letakan tablet pada penyangga yang telah disediakan. Atau bisa juga dihubungkan ke platform lain yang mendukung seperti Android TV atau Apple TV. Selama mengayuh pedal, anak-anak akan dihadapkan pada soal-soal pembelajaran lewat aplikasi pendidikan yang terintegrasi dan dirancang khusus untuk alat ini.

Kerennya? Orang dewasa juga bisa menggunakannya lho!

[page_break no="7" title="Spartan Smart Pants"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017

Ya, kamu tak salah baca. Saking majunya teknologi di zaman ini, celana dalam pun bisa dibuat cerdas. Celana dalam bertipe boxer ini diklaim dapat melindungi “aset pria paling berharga” dari paparan radiasi yang dihasilkan oleh smartphone yang dapat berpengaruh buruk terhadap kualitas sperma.

Ditambah lagi, bahan khusus yang digunakan pada celana ini diklaim mampu mencegah bakteri berkembang biak, sehingga “senjata” kamu tetap bebas bau dan keringat meski kamu beraktivitas seharian.

What a time to be alive.

[page_break no="8" title="Smart Tea Cube"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017

Bagaimana cara membuat teh? Letakkan kantong teh ke dalam cangkir/gelas, tuangkan air panas, tunggu hingga airnya berubah warna sesuai keinginan kita. Sederhana, bukan?

Namun, sebuah startup bernama 42tea punya cara yang, konon, lebih canggih. Mereka menciptakan teh kubus cerdas beserta aplikasi khususnya yang dapat mengindikasikan letak kesalahan kamu dalam menyeduh teh. Setiap teh memerlukan penyajian yang berbeda pula, mulai dari tingkat kepanasan hingga lamanya penyeduhan.

Terima kasih 42tea, berkat kalian, menyeduh teh belum pernah seribet ini.

[page_break no="9" title="Parihug"]

9 Gadget Unik dan Nyentrik yang Muncul Pada Gelaran CES 2017Para pejuang LDR juga tak luput dari perhatian kreator gadget canggih.

Adalah Parihug, sebuah boneka hasil kreasi startup bernama Foxlin yang dapat mewakilkan pelukan kekasih kamu via koneksi internet. Ketika pacarmu memeluk boneka ini, boneka lainnya yang kamu miliki akan bergetar memberi rangsangan pelukan. Semakin erat boneka tersebut dipeluk, semakin kuat respons yang dihasilkan pada boneka lain.

[embed]

Yang membuat boneka ini canggih adalah, ketika kamu memeluk boneka tersebut, sistem yang tertanam di dalamnya akan merilis reaksi oksitoksin atau yang dikenal dengan nama hormon kasih sayang.

Alat yang juga berguna buat para penyandang tuna asmara. Sebab boneka ini dapat menjadi tempat bersandar sementara sekaligus pelipur lara selagi kamu menunggu kasih sayang langsung dari jodoh kamu yang tak kunjung tiba.


Semua gadget di atas menawarkan keunikan dan fungsionalitasnya masing-masing. Namun, setelah membaca ulasan di atas, kita dapat bersepakat pada sebuah ungkapan. Bahwa yang unik belum tentu berguna..

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU