Tips Leveling Ragnarok Online Secara Solo Paling Efektif dan Cepat

Tips Leveling Ragnarok Online

Bingung meningkatkan level di Ragnarok Gravindo? Simak tips leveling Ragnarok Online secara solo ini. Jadilah sosok Job 2 yang gagah dengan mandiri.

Pembukaan Ragnarok Gravindo pasti membuat sebagian pemain baru tertarik untuk mencoba game klasik tersebut. Namun pasti banyak yang masih bingung cara untuk meningkatkan level dengan paling efektif. Untuk itu saya akan memberikan tips leveling Ragnarok Online secara Solo, sehingga kamu bisa meningkatkan level secara efektif secara mandiri seperti Kirito.

Ragnarok Gravindo Sukses Mengembalikan Kenangan Masa Lalu Gamer

Ragnarok Gravindo akhirnya memasuki masa Open Beta! game klasik tahun 2000-an ini eksis lagi, seperti apa sih wajah Ragnarok Online terbaru saat ini?
Baca Juga

Berikut ini merupakan tips leveling Ragnarok Online yang bisa diterapkan untuk karakter dengan job bertipe “Battle” seperti Swordman, Merchant, dan Thief. Langsung saja, ini adalah spot-spot yang bisa kamu gunakan untuk bisa mencapai Job Level 40 dan 50 dengan cepat:

Level 1 – 6

Tips Leveling Ragnarok Online

Pertama-tama, kamu akan menjadi Novice, job awal yang harus kamu tingkatkan untuk mempelajari Ragnarok Online. Kamu bisa meningkatkan level dengan instan di pelatihan, hanya dengan berbicara dengan beberapa NPC yang ada. Mereka akan mengajarkan pemain untuk mengenal fitur-fitur yang disediakan Ragnarok Online, sekaligus memberikan bekal yang berguna untuk job Novice.

Melalui pelatihan-pelatihan itu, pemain juga akan mendapatkan EXP dan Job EXP sehingga memudahkan pemain untuk meningkatkan level. Melalui pelatihan yang ada, pemain bisa mencapai level 6 dengan mudah. Juga mendapatkan equipment kuat yang bisa kamu gunakan untuk membunuh musuh dengan mudahnya. Oh ya, kamu juga akan mendapatkan 600 Novice Potion yang berguna untuk membantumu meningkatkan level.

Level 7 – 12

Tips Leveling Ragnarok Online

Setelah mendapatkan equipment yang cukup, saatnya kamu melakukan leveling secara manual. Cara yang paling efektif adalah melakukan hunting di luar pelatihan. Karena di tempat pelatihan, akan sangat penuh dengan banyak pemain lain yang menghabisi monster-monster disana. Tips leveling Ragnarok Online berikutnya adalah di Prontera Culvert (Sewer).

Cara memasuki Prontera Culvert, kamu harus melakukan Quest terlebih dahulu. Kamu harus ke Prontera Chilvary untuk menerima Quest tersebut. Lalu kamu meminta pekerjaan untuk membantu membasmi monster di saluran pembuangan (Prontera Culvert).

Tips Leveling Ragnarok Online

Ketika memasuki Prontera Culvert, monster yang bisa kamu habisi untuk meningkatkan level dengan cepat antara lain adalah: Thief Bug dan Spore. Kamu bisa menggunakan beberapa Novice Potion untuk memulihkan HP yang hilang. Lakukan hingga Job level mencapai level 10, dan level sekitar 12.

Level 13 – 30

Tips Leveling Ragnarok Online

Ketika memasuki level 12, kamu akan merubah job sesuai dengan kamu inginkan. Untuk kamu yang menyerang menggunakan serangan fisik, kini harus berjuang mati-matian untuk bisa meningkatkan level. Ada banyak spot yang bisa kamu pilih, antara lain adalah:

  • Payon Field 05: Berisi banyak Spore dan PoPoring. Merupakan musuh awal yang memberikan EXP dan Job EXP cukup tinggi. Hati-hati dengan Poison Spore, karena kamu akan kewalahan melawan monster jamur berwarna ungu tersebut. Ambil semua loot, untuk dijual dan memungkinkanmu untuk membeli senjata yang lebih baik
  • Morroc Field 06: Target utamamu adalah Muka. Monster kaktus yang bising ini memiliki EXP lebih tinggi dari Spore. Namun mereka sangat lemah, bahkan Novice pun bisa menghabisi monster ini dengan mudah. Sayangnya, spawn rate dari Muka cukup rendah, sehingga kamu perlu mengelilingi map. Di map ini juga muncul Dragon Fly, mini boss yang memiliki drop keren.
  • Morroc Field 09: Sama seperti diatas, target utamamu adalah Muka. Selain itu ada beberapa monster lain yang memiliki efek kartu keren seperti Peco-Peco Egg.

Tips Leveling Ragnarok Online

Muka bisa dibilang merupakan monster level rendah terbaik untuk leveling. Hal ini dikarenakan Muka memiliki kemungkinan 0.5% untuk men-drop equipment bernama Guirsame. Itu merupakan tombak yang bisa kamu jual sehargha 6500 zenny di NPC. Kamu bisa menggunakannya untuk membeli equipment yang lebih kuat.

Baca Juga

Sudah sampai level 30? Saatnya lanjut ke halaman 2 ya!

1
2
SHARE
Previous articleGuide Pokemon Duel: Tips dan Trik Jadi Trainer Pokemon Sejati!
Next articleBukan Hanya Milik Film Harry Potter, Ini 6 Anime Terbaik Bertemakan Perang Sihir
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.