9 Tipe Gamer Mobile yang Bisa Dilihat Sehari-hari, Kamu Termasuk yang Mana?

tipe gamer mobile
Sumber: youmobile.org

Hampir setiap orang yang punya smartphone memiliki game di dalamnya. Nah, di artikel ini Duniaku.net akan membagi berbagai tipe gamer mobile. Termasuk manakah kamu?

13 Game Android dan iOS Paling Ditunggu Selama 2017

Tahun baru, game baru. Berikut 13 judul game Android dan iOS yang paling dinantikan selama tahun 2017 ini!
Baca Juga

Akuilah, saat ini game mobile memiliki pasar terbesar di industri game dunia, mengalahkan game konsol dan PC. Hal ini terbantu berkat mudahnya akses ke game mobile. Mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, bahkan orang yang sudah sibuk bekerja bisa memainkannya.

Luasnya pasar game mobile tentu membuat tipe-tipe pemainnya sangat beragam. Makanya, Duniaku.net mencoba untuk membuat tipe-tipe gamer mobile versi kami sendiri.

Ingin tahu apa saja tipe gamer mobile versi Duniaku.net? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini:

1

Gamer dengan Smartphone Mumpuni

tipe gamer mobile
Kalau punya iPad atau iPhone sih biasanya gak ada masalah.

Level tertinggi dari gamer mobile dan salah satu pangsa pasar paling menggiurkan bagi developer. Kenapa? Karena mereka akan bermain game dengan rutin dan kadang tak ragu untuk mengosongkan dompet mereka demi kesenangan yang lebih di game yang mereka mainkan.

Biasanya gamer mobile tipe ini memainkan game-game yang membutuhkan spesifikasi smartphone tinggi, seperti Vainglory, game balapan, game action RPG, dan lain sebagainya. Walaupun begitu, tak menutup kemungkinan pula mereka “rajin” memainkan game dengan spesifikasi menengah ke bawah lainnya, asalkan gameplay yang disajikan menarik.

Gamer tipe ini biasanya memiliki jiwa kompetitif tinggi dan ingin menjadi yang terbaik di game yang mereka mainkan. Mereka juga cukup aktif dalam komunitasnya.

2

Gamer dengan Smartphone Nanggung

tipe gamer mobile

Memiliki semangat dan mentalitas yang sama dengan tipe sebelumnya, namun secara modal tidak sekuat mereka. Ketika Vainglory baru saja dirilis, gamer mobile tipe ini harus rela menunggu sampai Vainglory kompatibel dengan smartphone mereka yang cukup bagus untuk game menengah, tetapi tak mampu memainkan game spesifikasi tinggi.

Satu masalah lagi adalah smartphone mereka biasanya tidak memiliki memori yang cukup untuk menyimpan game-game dengan ukuran file yang besar. Jadi terkadang mereka harus puas dengan berbagai game dengan grafis menengah ke bawah, atau terkena dilema harus menghapus game favorit mana agar bisa membuka ruang untuk game lain.

Tak tahan lagi dengan derita ini, terkadang gamer dengan smartphone nanggung rela menabung untuk membeli smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Saran saya sih mendingan nabung buat beli konsol atau PC saja, hehe.

3

Ibu-ibu

Barangsiapa punya ibu yang memiliki smartphone, maka kemungkinan besar ia pun main game puzzle. Bener gak? Saya sendiri mengalaminya. Game-game seperti Candy Crush Saga (dan game buatan King lainnya), Bejeweled, dan sebangsanya menjadi langganan bagi para ibu untuk membunuh waktu atau menghilangkan rasa bosan.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki andil untuk mengenalkan game kepada anak-anaknya. Menggunakan smartphone ibunya, sang anak biasanya akan memainkan game milik ibunya atau mengunduh sendiri game yang menarik baginya.

4

Balita

tipe gamer mobile

Pendidikan sejak dini, ya kan? Saya sendiri berpendapat bahwa game bukanlah konsumsi untuk balita. Biasanya mereka menjadi “korban” dari orang tua yang tidak mau repot-repot mengasuh anak mereka secara langsung dan menggunakan game mobile sebagai alatnya.

Ada beberapa game yang biasanya menjadi konsumsi para balita. Pertama adalah game edukasi. Nah, tipe game seperti ini masih “mending” jika dimainkan balita, karena game itu sendiri memiliki tujuan untuk mengedukasi pemainnya.

Jenis game kedua yang dikonsumsi oleh balita, dan cukup berbahaya, adalah game abal-abal dengan tema kartun atau karakter superhero populer. Game seperti ini sangat banyak bertebaran, terutama di Android. Dengan keyword “Elsa”, “Spider-Man”, “Ironman”, dan lain sebagainya, game-game ini mengotori memori smartphone sang orang tua.

Game abal-abal seperti di atas tak hanya melanggar hak cipta, tetapi bisa saja memapar balita kepada konten-konten yang tidak pantas. Mungkin saja bukan dari gamenya, tetapi dari iklan-iklan yang ditampilkan. Iklan-iklan ini terkadang juga bisa membuat smartphone orang tua kepenuhan memori, jika secara tak sengaja si balita menekan tombol download.

5

Anak TK dan SD

Satu judul yang terlintas di benak saya untuk kategori ini: Minecraft. Dan harus diakui kalau mereka cukup bagus dalam memainkannya. Mereka juga banyak memainkan game-game berbau superhero, seperti yang dirilis oleh Marvel.

Baca Juga

Empat tipe gamer mobile selanjutnya akan membuat kamu ngakak, atau paling tidak tersenyum!

1
2

SHARE
Previous articleInilah 7 Anime Terbaik Versi Tokyo Anime Fan Award of the Year
Next articleIni Lho Profil Wanita Cantik Korban Banjir yang Sempat Menghebohkan Dunia Maya