Bentuk Baru Interaksi Sosial FB!!

Selama ini, bagaimana bentuk interaksi sosial dunia maya yang kamu lakukan di Facebook? Saling berkirim wall? Atau hanya sebatas chatting? Semua itu nampaknya akan segera digantikan dengan sebuah bentuk interaksi sosial yang baru, yaitu bermain game! Ya, sebenarnya bentuk interaksi sosial dengan bermain game bukan merupakan sebuah hal yang baru, karena kita tahu sudah banyak game FB yang menggunakan interaksi sosial untuk memainkannya (entah itu dalam bentuk Neighbour, companion dan sebagainya), namun belum ada interaksi sosial yang lebih real time, seperti yang ditawarkan oleh Milmo ini. Milmo ini bisa dianggap sebagai “tempat bertemu” bagi avatar-avatar yang kamu buat di dunia Milmo tersebut. Setiap avatar mewakili satu orang, dan didalam Milmo tersebut kamu bukan hanya bekerja sama dengan avatar lain untuk menyelesaikan quest, bahkan kamu bisa saling berkomunikasi, mengajak untuk berteman, atau bahkan mengambil screenshot yang memperlihatkan pertemanan kamu dengan avatar pemain lainnya!
Game ini lebih menekankan kepada ekplorasi area dibandingkan dengan variasi quest yang dimilikinya. Setiap kamu mendapatkan quest, maka kamu berkesempatan untuk menjelajahi area, dan mengunjungi area yang belum pernah kamu jamah sebelumnya. Setiap area memiliki exploration token yang harus kamu cari, yang menandakan bahwa kamu sudah menjelajahi pulau tersebut. Untuk grafis, game ini bolehlah layak diacungi jempol karena sudah menggunakan Unity Engine (bahkan ada minimum spesifikasi untuk PC-nya!). Untuk kontrolnya sendiri, game ini menggunakan kontrol keyboard yang cukup nyaman, baik untuk kamu yang suka bergerak dengan tombol arah, atau kamu yang suka bergerak dengan tombol ASWD. Hanya saja, pengaturan kamera dalam game ini agak susah, karena selalu mengambil sudut pandang dibelakang karakter, dan menghadap kemana karakter kamu menghadap. Cukup kaku memang, tetapi kamu masih bisa melihat sekeliling dengan menahan tombol mouse sebelah kanan dan memutar pandangan kamu.
Sebagai salah satu sarana interaksi sosial di FB, game ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang standar, namun lebih diimprovisasi lagi, seperti chat room (kamu bisa chat dengan orang yang baru kamu temui), sharing title atau achievement yang kamu dapatkan ke news feed FB, hingga mengundang teman FB kamu untuk bermain langsung dari layar home mereka! Game ini juga semakin menarik bagi pemula, karena juga menyediakan tutorial di setiap kamu mendapatkan progress baru yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. Sudah siap bermain di dunia Milmo?(Febrizio)

System Requirements

Sistem Operasi   : XP / Vista / Mac OS X

Prosesor               : Dual Core (minimal @1,8 GHz)

Memory                : 1 GB (untuk Vista 2GB)

Hardisk                 : 1 GB Free

VGA                       : 3D VGA yang men-support Pixel Shader dan Vertex dengan VRAM 256 MB

Koneksi Internet Broadband

Unity Engine, Tren Web Game 2011?

Di edisi lalu, saya sempat membahas sedikit mengenai Unity Engine, sebuah engine multiplatform yang menggunakan javascript untuk membuat konten interaktif di web. Dan nampaknya, akhir tahun lalu adalah awal era 3D dengan menggunakan Unity Engine tersebut. Hal tersebut cukup beralasan, karena pada awal tahun ini saja sudah ada dua web game 3D baik menggunakan Unity atau tidak yang meluncur di FB. Bukan tidak mungkin, kedepannya teknologi flash 2D akan ditinggalkan, dan digantikan dengan Unity ini. Sekarang kita tunggu saja, kapan ada racing 3D, atau fighting 3D di Facebook yah?

Berbagai Macam Quest Lucu

Tidak lengkap rasanya apabila ada sebuah MMO namun tanpa quest. Ya, karena game ini juga merupakan MMO, maka banyak sekali quest yang ditawarkan, dan menilik sifatnya yang menarget gaer casual, maka jangan harap kamu menemui quest-quest hardcore disini, seperti membunuh raid boss, atau mengumpulkan beberapa item dengan drop rate yang kecil. Semua itu digantikan dengan sistem quest yang lebih “newbie friendly” dan lucu, serta tidak membutuhkan keahlian bermain MMORPG yang khusus untuk menyelesaikannya. Simpel, mudah dan lucu.

Salah satu quest yang ditawarkan adalah pada awal permainan, kamu akan diberikan sebuah tongkat untuk membunuh lima kepiting yang ada disekitar kamu. Setelah menyelesaikannya, kamu akan mendapatkan sebuah reward berupa sekop (ya, Sekop!) untuk menyelesaikan quest selanjutnya, yaitu menggali tanah untuk mencari beberapa emblem yang tersembunyi dan menyerahkannya kepada NPC yang membutuhkan. Diawal-awal, kamu akan merasa bahwa kamu bisa menyelesaikannya sendiri. Namun, lambat laun, interaksi sosial akan terasa ketika kamu membutuhkan pemain lain untuk menyelesaikan quest secara bersama-sama.