Kinect On PC, Welcome Johnny Mnemonic!

Baru beberapa bulan setelah Kinect dirilis, para hacker berlomba-lomba menghubungkan Kinect dengan PC.  Setelah  beberapa hacker berhasil melakukannya lantas bermunculanlah berbagai aplikasi yang me­manfaatkan hal ini. Bahkan saya tidak heran jika nantinya Kinect digunakan untuk mengontrol PC via gerakan tangan, ala Johnny Mnemonic (film layar lebar yang dibintangi Keanu Reeves).

Dari puluhan alikasi yang muncul tersebut ini adalah 10 yang kami anggap paling menarik dan layak untuk dicoba. Sekedar satu peringatan saja, untuk menghubungkan Kinect dan PC ini bukanlah pekerjaan mudah.

1. Kinect Robot
Ini kemungkinan adalah aplikasi penggunaan Kinect yang paling keren, dengan menggunakan aplikasi ini Kamu mampu menggerakkan robot remote control. Memang robot ini masih belum bisa berjalan, tapi ia bisa menggerakan tangan, kepala, dan pinggul. Bayangkan jika sudah sempurna, bisa-bisa akan bermunculan turnamen robot Kinect dimana-mana.

2. Call of Kinect Modern Warfare
Untuk aplikasi yang satu ini Kamu tida hanya menggunaan Kinect tapi juga menggunakan Wiimote. Wiimote digunakan untuk menggerakkan karakter dan juga kamera, yang jelas sangat sulit dilakukan oleh Kinect. Sementara itu Kinect berfungsi untuk semua hal lainnya mulai dari lean (mengintip), reload, mengambil barang, mengeker, serangan melee, dan banyak hal lainnya

3. Super Mario Kinect
Walaupun sedikit konyol tapi aplikasi Super Mario Kinect ini cukup menarik. Masalahnya untuk menggerakkan Mario Kamu benar-benar harus bergerak, melompat, dan menunduk, jadi bisa dipastikan game ini akan membuatmu cepat capek.

4. Memainkan Doom Dengan Kinect
Sama dengan Modern Warfare, aplikasi yang satu ini juga menggabungkan fungsi dari Kinect dan Wiimote

5. Ultra Kinect
Kamu pernah ingin mencoba bagaimana rasanya menjadi Ultraman? Jika ya Kamu wajib mencoba aplikasi yang satu ini. Dengan menggunakan berbagai macam gerakan khas Ultraman maka Kamu bisa membuat avatarmu mampu melakukan berbagai jurus ultraman seperti eye sluger, wide shot, dll

6. Xray Kinect
Ok, yang satu ini mungking bukan benar-benar X-ray, tapi cara yang digunakan untuk memanfaatkan Kinect cukup cerdik juga. Disini layar PC Mu akan menampilkan kerangka manusia dari bagian tubuh yang sedang disorot oleh Kinect. Seperti yang saya katakan, kerangka ini tentunya hanya gambar saja, dan bukan menampilkan kerangkamu yang sesungguhnya.

7. Piano Everywhere
Tidak punya piano? Tidak masalah dengan menggunakan aplikasi ini Kamu bisa memainkan piano dimana saja. Aplikasi yang satu ini bekerja dengan cara mendeteksi posisimu dan kemudian mengeluarkan suara yang sudah diasosiakan dengan posisi tubuh pengguna.

8. Guitar Kinect
Setelah melihat aplikasi yang satu ini saya yakin nantinya Guitar Hero juga akan menggunakan Kinect, pertanyaannya sekarang adalah kapan. Aplikasi ini sendiri mampu mengecek posisi tangan berada di kunci mana (tangan bukan jari) dan juga mengeluarkan suara yang sesuai ketika Kamu melakukan gerakan memetik gitar.

9. KinecTris
Pernah mencoba bagaimana rasanya memainkan tetris 3D dengan menggunakan Kinect? Cukup menyenangkan jika dilihat dari demonya, tapi sayang gerakan-gerakan yang dilakukan sedikit tidak nyambung, terutama gerakan yang dilakukan untuk memutar suatu balok tetris.

10. World of Kinect
Ok, mungkin bukanlah ide yang bagus untuk memainkan WOW menggunakan Kinect ketika Kamu melakukan raid di Molten Core ataupun Zul Gurub, tapi cara alternatif untuk bermain WOW ini cukup menghibur juga.


SHARE
Previous articleIso Loader Untuk PSP Go
Next articleJika Fallout Dibumbui Metal Gear
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.