Standar Baru RPG di Facebook?

Tampilan awalnya sangat familiar...

Selama memainkan game FB, saya sempat berpikir apakah nantinya FB memiliki standar tersendiri untuk genre RPG-nya karena yang kita ketahui RPG di FB mungkin lebih banyak bersifat MMORPG seperti Monster Fantasy atau Milmo. Pada akhirnya, pertengahan Maret lalu salah satu developer game FB terbesar, Playdom meluncurkan sebuah game RPG yang mungkin membuat banyak orang menyimpulkan, apakah ini yang disebut dengan RPG “khas” FB? Ya, game ini dengan cukup cerdas menggabungkan elemen RPG klasik seperti random encounter dan sistem pertarungan turn based, dengan gameplay eksplorasi area ala game-game FB seperti keluarga Ville milik Zynga.

Tampilan saat Battle

Saat pertama kali kamu memainkan game ini, kamu akan langsung merasakan elemen RPG yang cukup kental lewat dialog antar karakter yang ada di game ini. Pada awal permainan, kamu hanya akan dibekali sebuah sapu untuk menghajar musuh-musuhmu yang berupa tikus, namun seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa menggunakan berbagai macam senjata lainnya. Untuk mengeksplorasi area, kamu harus mengeksplorasinya satu kotak demi satu kotak lantai, dimana setiap satu langkah kamu berjalan, kamu diharuskan memungut koin dan experience yang ada dengan mengekliknya, persis dengan saat kamu menyelesaikan satu quest dalam game-game FB lain seperti FrontierVille. Jika bertemu dengan musuh, maka kamu akan dibawa ke layar battle, dimana battle dalam game ini berjalan secara turn based, dan dibawah gambar musuh kamu juga akan dijelaskan apa kelemahan dari musuh tersebut. Seteah battle, tentu kamu juga akan memperoleh tambahan experience dan koin yang tidak serta merta otomatis masuk ke kantong kamu, namun kamu harus mengekliknya satu-satu. Benar-benar persilangan yang unik antara genre RPG klasik dengan gameplay ala game FB kebanyakan!

Sistem Class yang menarik..

Game ini juga menyediakan sistem class, dimana kamu bisa memilih class kamu setelah kamu menginjak ke level 2. Namun, yang membuat saya heran, disini yang membedakan setiap class hanya skill dan skill tree-nya saja, karena kamu bisa menggunakan senjata apapun untuk class apapun yang kamu pilih! Sebagai contoh, saya memilih class Assassin, namun ternyata saat saya mendapatkan sebuah busur panah, saya juga bisa menggunakannya! Selain itu, di beberapa kotak lantai tertentu, kamu juga akan mendapatkan sebuah jebakan, dimana kamu harus membuka kartu-kartu yang disediakan. Jika kamu membuka kartu Trap, maka kamu akan menerima damage, sedangkan jika kamu membuka kartu treasure, maka kamu bisa mendapatkan item. Impresi saya, game ini cukup membawa angin segar bagi game FB, yang membuat genre game FB semakin bervariasi. Dan kedepannya sepertinya akan lebih banyak game-game lagi yang mengikuti gameplay game ini, dan bisa menjadi standar RPG di FB yang bisa dibanggakan.

Oiya, buat yang ingin mencoba gamenya, silahkan kilik di http://apps.facebook.com/deeprealms/


SHARE
Previous articleLagi-lagi… Shoot ’em up X360!
Next articleKetika Penderitaan Maksimum bertemu Balas Dendam
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.