Troy, Update Besar-Besaran Atlantica Online! (Part 1)

Sejak diluncurkan tahun lalu oleh Gemscool, mungkin inilah update terbesar Atlantica Online di Indonesia. Ya, Troy ini bukan hanya sekedar update biasa, karena dalam update kali ini bahkan Atlantica mendapat sebuah penambahan besar dalam gameplay-nya dengan adanya Tactical Battle System yang sedikit mirip dengan RPG Strategi seperti Final Fantasy Tactics. Selain itu, update ini juga menjanjikan sebuah fitur baru, yaitu My Home dimana kamu bisa mendapatkan rumah, dan juga tinggal didalamnya. Update-nya tidak berhenti disitu saja, karena ada juga tambahan Life Skill seperti Lumbering dan Gardening yang bisa kamu lakukan disela-sela kesibukan kamu dalam menjalankan Quest.

Oiya, bagi kamu yang belum memiliki DVD Atlantica Troy dan malas untuk men-download, kamu bisa mendapatkannya di majalah Omega edisi 89 yang terbit pada 10 April lalu di toko-toko buku terdekat. Sudah tidak sabar berpetualang di dunia Troy? Tunggu kehadirannya pada 18 April 2011 yang akan datang!

Bertarung Rame-Rame dengan TBS!

Salah satu update gameplay terbesar dalam Troy ini adalah mekanisme battle baru yang disebut dengan Tactical Battle System atau yang dikenal dengan TBS. TBS ini adalah sebuah mekanisme gameplay baru saat battle, dimana TBS ini menggabungkan elemen battle RPG klasik dengan sistem grid yang biasa kamu temui di game-game RPG strategi seperti FF Tactics atau Disgaea. Tetapi ingat, meskipun sudah menyediakan sebuah gameplay battle yang baru, namun gameplay battle lama ala Atlantica juga masih bisa kamu temui di game ini.

Misi dalam TBS

Misi dalam TBS bisa dilakukan baik dalam bentuk grup lewat Squad Party, atau juga bisa dilakukan sendirian lewat Solo Mode. Solo Mode dibuat lebih mudah karena beberapa musuh diturunkan statusnya, namun juga reward yang kamu dapat tidak sebesar reward yang kamu dapat apabila menjalankannya dengan Squad Party.

Squad dibentuk lewat sebuah party dengan cara klik kanan di tombol party, kemudian pilih Squad. Untuk menemukan misi TBS, kunjungi Hissark Hill dimana banyak terdapat NPC TBS disana. Setiap NPC memiliki misi yang unik, yang cocok untuk leve-level yang bervariasi

dKetika kamu memasuki misi, kamu bisa memilih jumlah mercenary yang bisa kamu ikutkan dalam misi, yang jumlahnya tergantung dari misi mana yang kamu jalankan. Dalam Solo Mode, kamu bisa membawa lebih banyak mercenary daripada saat kamu melakukan Squad Party. Setiap kamu menyelesaikan misi, kamu akan mendapatkan experience dan item untuk semua mercenary yang ikut serta. Untuk memasuki misi ini, kamu membutuhkan poin TBS yang direset dalam jangka waktu tertentu. Dalam TBS, juga terdapat sebuah dungeon yang disebut dengan Skirmish Dungeon.

Skirmish Dungeon

Jika kamu lebih suka hunting solo, terdapat sebuah dungeon yang disebut dengan Skirmish Dungeon. Dungeon ini hampir mirip dengan dungeon biasanya, yang membedakan hanya ketika kamu bertemu dengan musuh, kamu akan bertarung dalam mode TBS. Kamu bisa mengakses dungeon ini di beberapa lokasi seperti Sea Palace Courtyard, Ant Tunnel, Valley of the Kings, Detroit City, dan sebagainya.

http://www.youtube.com/watch?v=szmTsCHhrIE

Skirmish Dungeon bisa dimasuki baik secara sendiri-sendiri ataupun dengan party. Tidak seperti misi TBS, semua mercenary yang kamu miliki bisa ikut serta, dan juga tidak memerlukan poin TBS untuk menjalankannya. Setiap kemenangan yang kamu dapat di Skirmish Dungeon akan menghasilkan reward dan experience yang lebih besar daripada yang kamu dapatkan lewat battle biasa.

Bagaimana Cara Kerja TBS?

TBS bisa kamu akses dengan memilih TBS dari Field Info. Info TBS juga bisa kamu dapatkan di menu Help, dibawah bagian Game Info. Untuk menggunakan Training Ground TBS, pilih NPC Lolaus yang ada di dekat pintu masuk Sea Palace. Training Ground ini hanya bisa dimasuki sendiri-sendiri, dan disini kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai TBS dan juga melatih skill kamu disini.

Untuk memasuki misi TBS, kamu harus memiliki poin TBS. Poin ini nantinya akan direset secara berkala dalam satu waktu. Kamu bisa mendapatkan poin dengan cara menyelesaikan aktivitas dalam Atlantica Diary. Untuk melihat berapa banyak poin kamu, bisa kamu akses di [My Info] -> [Character Info] -> [Point Info]. Untuk memasuki misi TBS, bicara dengan NPC Primus, Medius, Terminus, atau Latus di Hissarlik Hill. Setiap misi hanya membutuhkan 10 poin TBS.

Bagi yang suka bermain RPG strategi, pasti akan langsung familiar dengan TBS. Setiap turn, kamu bisa bergerak kesetiap area sesuai dengan movement range kamu. Jika ada musuh yang ada dalam jangkauan, kamu bisa melawannya. Bedanya dengan gameplay battle biasa, disini semua mercenary kamu bisa melakukan aksi setiap turn. Jarak serangan juga tergantung kepada class mercenary, seperti Archer memiliki jangkauan melebar, atau Cannoneer yang tidak bisa menyerang musuh dari jarak dekat. Satu hal menarik, battle tidak akan berhenti saat karakter utama kamu tewas, dan akan berhenti jika seluruh anggota party kamu tewas. Jadi, akan lebih baik jika kamu membawa seorang Shaman untuk menghidupkan kembali kawan yang sudah tewas.

Bersambung…


SHARE
Previous articleKebanggaan Jawara Melawan Naraka Jahanam
Next articleSambutlah Dinobots!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.