Dunia Maple Story Dalam Facebook!

Dev : Nexon
URL Game : http://apps.facebook.com/maplestoryadventures/
URL FanPage : http://www.facebook.com/MapleStoryAdventures
Score : A

Masih ingat dengan Maple Story? Game action side scrolling yang pernah digemari di era 2008-2009 lalu ini kini sudah hadir di Facebook dengan mengusung judul Maple Story Adventures. Seperti versi Online-nya dahulu, game ini masih mengusung gaya yang sama, yaitu side scrolling dari kiri ke kanan, dan masih juga mengandalkan sistem quest-nya. Namun tentu saja, terdapat beberapa perbedaan yang membedakan game ini dengan versi online-nya dahulu. Apa saja?

Jika versi online-nya game ini menggunakan genre yang murni action side scrolling, maka di game ini genre game ini sedikit berubah menjadi sedikit ke arah point and click. Untuk menyerang musuh, kamu bisa mengeklik pada musuh dan secara otomatis karakter kamu akan memukulinya sampai tewas. Berbicara mengenai karakter, kamu bisa memilih salah satu dari dua job yang tersedia, antara lain Warrior dan Magician, dan juga mengkustomisasi penampilan karaktermu. Memang sih, pilihannya tidak banyak, namun hal ini menjadikan Maple Story sudah memiliki “ciri khas” dari game Facebook kebanyakan. Oiya, kamu juga tidak bisa terus menerus melancarkan serangan, karena setiap serangan yang kamu lancarkan akan mengurangi energi kamu sebanyak 1, entah serangan tersebut bisa melukai musuh atau berhasil diblok. Untuk bergerak, game ini juga menggunakan point and click, termasuk juga untuk memanjat dan melompat ke tempat yang lebih tinggi. Cukup click di area yang kamu inginkan, maka karakter kamu akan segera berpindah kesitu.

Setiap selesai menyelesaikan sebuah quest, kamu akan mendapatkan reward untuk naik level dan juga koin in-game. Koin ini bisa kamu gunakan untuk membeli equipment yang bisa memperkuat serangan atau memperkuat pertahanan dari serangan musuh. Yang patut diingat, setelah kamu mengalahkan satu monster, jangan keburu meninggalkannya dulu, karena setiap menghabisi satu monster, kamu akan mendapatkan bonus koin dan energi yang bisa kamu dapatkan dengan cara mengekliknya. Jadi ingat keluarga Ville kan?

Kelebihan lain yang juga dimiliki game ini adalah fitur sosialnya, yang mana kamu bisa bermain dan meminta bantuan kepada teman kamu untuk menemani kamu dalam permainan. Selain itu, dukungan komunitas yang cukup besar juga membuat game ini cepat berkembang. Bayangkan saja, sejak dibuka Open Beta-nya pada akhir Juli lalu, hanya dalam tiga hari game ini bisa meraup lebih dari 100.000 pemain setiap harinya! Sudah siap berpetualang kembali di dunia Maple Story?


SHARE
Previous articleHighlight Review DuniakuDV: Electronic Entertainment Expo 2011
Next articleDetail Sihir, Crystarium, dan “Naga” di FF Type-0
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.