White Knight Chronicles 2 GR Grinding Guide

Level 5 baru saja merilis sekuel White Knight Chronicles (WKC). Dalam sekuelnya tersebut kita akan kembali berhadapan dengan GR atau Guild Rank. GR sangatlah penting di WKC, GR menentukan equipment yang bisa digunakan, quest-quest yang bisa dijalani dan item-item yang bisa dibuat. Banyak aturan baru yang menyebabkan beberapa quest-quest lama tidak efektif lagi dipakai untuk mengumpulkan GR, sebagai contoh, Better Served Cold yang dulunya dipakai untuk mengumpulkan GR kini membutuhkan subquest tambahan agar memperoleh rating S. Subquest tersebut memperpanjang durasi quest hingga berpuluh-puluh menit, padahal setiap menit sangat berharga ketika mengumpulkan GR.

Note: Lakukan Grinding dengan mode Online dan ketika kamu sudah menamatkan mode story WKC 2.

Ok, yang harus kita ketahui adalah bagaimana cara mendapatkan GR point. GR point bisa didapatkan dengan cara, quest, resident errands dan bounty. Dua cara terakhir yang saya sebutkan di atas sangat cocok untuk orang-orang dengan level GR 1-10, karena ada beberapa resident errands dan bounty yang bisa diselesaikan dengan mudah. Yang jadi masalah adalah ketika karaktermu ingin meningkatkan level GR lebih jauh, sedangkan resident errands semakin sedikit atau target bounty semakin sulit untuk dibunuh.

Quest pertama yang cocok dilakukan orang-orang dengan GR 10 ke atas adalah The Azure Dragon yang tehniknya bisa kamu simak di bawah ini.

Quest: The Azure Dragon

Lokasi: Van Haven Waste

Total GR: 23.000

Waktu: 6-10 menit

Target: 5 Dire Waterspider, 2 Ice Dragon (Tier 1)

Peta:

Peta Van Haven Waste
Peta Van Haven Waste

Guide:

Quest ini akan dimulai dari titik F3, segera kirim orang terkuat di dalam tim mu ke titik C4 yang bisa diakses melalui mulut lorong E2. Mengapa harus orang terkuat? Karena dia harus bisa bertahan dari serangan 1 Water Direspider yang ada di E3 dan 2 Water Direspider yang ada di titik C4. Selanjutnya kirim orang kedua ke titik G4, E5 dan E3 untuk membunuh Water Direspider yang tersisa. Water Direspider lemah pada serangan tipe Slash dan Api. Gunakan serangan tersebut pada kaki-kaki Water Direspider hingga mengalami unbalanced. Waterspider yang ada di sini merupakan Waterspider Tier 1 sehingga mudah dibunuh.

Setelah timmu berhasil membunuh semua laba-laba, salah satu pemain harus kembali ke titik permulaan quest untuk berbicara dengan Theresa. Setelah berbicara dengan Theresa maka Boss Fight akan dimulai.

Musuh yang harus dihadapi adalah 2 ekor Ice Dragon Tier 1 yang cukup mudah untuk dibunuh. Sama seperti para laba-laba, elemen api masih jadi kelemahan kedua naga tersebut, bedanya kini kamu harus menghajar mereka dengan serangan bertipe Strike.

Catatan:

  • Jangan berbicara dengan Theresa lebih awal atau quest akan berakhir dengan rating di bawah S.
  • Tidak usah pedulikan musuh-musuh kecil yang menghadang.

Bila level GR mu sudah mencapai 13 kamu bisa menjalankan Quest Only Game in Town II yang ada di kota Greed

Quest: Only Game in Town II (OGiT II)

Lokasi: Greed’s Underbelly

Level GR: 13+

Total GR: 17.500

Waktu: 1-2 menit

Target: 1 Stone Golem (Tier 2)

Guide:

Saat menjalankan quest ini siapkan 1 pemain terlemah untuk tinggal di posisi awal quest untuk berbicara dengan NPC “???”. Saat quest dimulai silahkan ramai-rama berjalan menuju titik B2 yang ada di kiri atas. Setelah menjatuhkan diri ke lantai bawah, berjalanlah ke titik B1 untuk menghadapi Stone Golem. Golem ini memiliki kelemahan pada elemen angin dan serangan tipe Strike. Pada awalnya kamu akan kesulitan mengerjakan quest ini karena faktor equipment yang masih lemah, tapi seiring dengan meningkatnya level dan equipment yang kamu miliki Stone Golem tersebut akan semakin mudah untuk dikalahkan. Quest ini akan berakhir dengan Rank C karena kamu hanya membunuh 1 Golem, tidak usah khawatir karena memang itulah yang kita incar.

Only Game in Town II memiliki GR point yang sedikit, tetapi quest ini bisa diselesaikan dengan sangat cepat sehingga sangat cocok untuk dipakai GR grinding dari level 13+ sampai 17+. Bila GR mu sudah mencapai GR 17+ kamu bisa mencoba quest Only Game in Town III (OGiT III).

Quest: Only Game in Town II (OGiT II)

Lokasi: Greed’s Underbelly

Level GR: 17+

Total GR: 30.000

Waktu: 1-5 menit

Target: 1 Stone Golem (Tier 3)

Guide:

Bila kamu baru saja menginjakan kaki di OGiT III dan teman-temanmu tidaklah terlalu kuat (level 60-70 dengan GR 13+ sampai 17+). Silahkan mengerjakan quest ini beramai-ramai tanpa ada satu orangpun yang tinggal di atas untuk berbicara dengan NPC “???”. Bila kamu berempat berhasil membunuh golem tersebut buka semua equip yang dikenakan dan dekati monster yang agresif agar avatarmu mati dan kembali ke starting point di lantai atas, segeralah berbicara dengan NPC “???”. Bila dirimu atau di dalam timmu ada satu atau dua orang yang memiliki level dan equipment yang sangat baik (equip-equip GR 22+), quest bisa berjalan seperti OGiT II.

Tips OGiT II dan OGiT III:

  • Kampak dan Elemental Magic adalah senjata terkuat di OGiT II dan III. Senjata panah dengan syarat GR 22+ bisa memberikan damage dan DPS yang cukup besar. Spear dan Sword/Long Sword kurang berperan di OGiT 3 karena damage mereka yang cendrung kecil dan animasi serangan yang terlalu panjang.
  • Hantam bagian kaki dari Golem agar unbalanced. Archer, Mage dan Sword Mage bisa menghantam bagian kepala agar Golem menjatuhkan item tambahan, tetapi langkah tersebut kurang bijak karena akan membuat rekan-rekan satu timmu yang bertarung jarak dekat tersiksa lebih lama.
  • Bangunkan timmu yang tertidur karena digigit laba-laba di lantai atas dengan cara membunuh laba-labanya atau menggunakan skill Awaken. Keterlambatan adalah musuh utama dari Grinding.
  • Gunakan Mollify dan Slow (Divine Magic)untuk memperlambat dan memperlunak Golem. Jangan gunakan Fatigue karena Golem menyerangmu dengan serangan magic bukan fisik.
  • Armor dengan resistensi yang tinggi adalah sahabat terbaikmu di OGiT II dan OGiT III.

Saat Level GR-mu menyentuh 19+ maka ada satu quest lagi yang bisa kamu jalankan untuk mengumpulkan GR. Nama Quest tersebut adalah Deminthor in Peril II (DiP II). Sebenarnya dari GR 14+ kita sudah bisa mengakses Deminthor in Peril I (DiP I), tapi berhubung karena  GR Point yang diperoleh hanya terpaut 10.000, DiP I jadi kurang efisien.

Quest: Deminthor in Peril II (DiP II)

Lokasi: Greed’s Underbelly

Level GR: 19+

Total GR: 70.000

Waktu: 10 menit

Target: 6 Gigas dan 1 Lamia Comitis (Tier 3)

Guide:

Quest ini cukup berat untuk orang-orang dengan equip seadanya. Jadi untuk menjalankan quest ini minimal kamu harus memiliki Armor Georama Hunter’s Set/Misty II (untuk kampak dan panah) atau Ruler/Lily Set II (untuk Mage).  Kedua armor tersebut sangat minimal dan rentan, karena defendnya bisa dibilang sangat kurang untuk musuh-musuh yang ada di quest ini.

Quest DiP II cukup “straight to the point”. Kita akan dibagi menjadi dua tim, kedua tim harus menghabisi semua Gigas yang tersebar di tingkat 1 dan 2. Bila semua gigas telah mati, silahkan pergi ke lift yang ada di lantai 2 dan turun ke lantai 3. Buka pintu dan voila, kamu akan berhadapan dengan final boss Lamia Comitis. Bunuh Lamia untuk memperoleh ranking S.

Lamia Comitis
Lamia Comitis

Tips DiP2:

  • Usahakan kamu memperoleh equipment dari Vellgander 4 ke atas (GR 22+)
  • DiP2 mengharuskan kamu untuk membunuh para Gigas yang lemah pada serangan bertipe Trust dan final boss Lamina Comitis yang lemah pada Strike. Untuk memudahkan, kami menyarankan untuk menjadikan avatarmu hybird Kampak dan Panah. Kedua senjata tersebut saling menguntungkan dan bisa dipakai pada quest apapun.
  • Perhatikan equipment dan status teman-temanmu, semakin baik equipment yang mereka miliki maka akan semakin cepat quest DiP II berjalan.
  • Bila quest selesai di bawah 10 menit maka tim tersebut cukup kuat, kamu bisa saja mengikuti orang terkuat di dalam tim tersebut untuk quest DiP II berikutnya.
  • Bila kamu membuka pintu sedangkan temanmu masih jauh tertinggal, kamu bisa berdiri di pintu tersebut sampai temanmu lewat agar pintu tidak tertutup kembali. Proses buka tutup pintu memang ringat tapi cukup merepotkan bila harus dilakukan berulang-ulang.
  • Jangan menjadikan dirimu sebagai beban dalam tim. DiP II adalah quest yang cukup panjang tapi bisa berlangsung sangat cepat bila dilakukan dengan tim yang kuat. Bila kamu merasa masih lemah, jangan coba-coba menjalankan DiP II atau kamu akan menjadi sasaran kemarahan rekan-rekanmu.


SHARE
Previous articleFoto Perdana Superman (Henry Cavill) Dalam Man of Steel!!
Next articleFamous Video Games Quotes
Pemuda tambun yang hobinya main RPG (Role Playing Game. Buka Rocket Propelled Grennade) ini, memulai karirnya sebagai penulis lepas di salah satu majalah game yang tidak terlalu hit. Karena jatuh cinta pada dunia tulis menulis, Estu akhirnya memberanikan diri mengerjakan sebuah proyek portal game yang cukup ambisius di jamannya. Rupanya setelah portal game tersebut beroperasi beberapa masalah eksternal dan internal mulai menerpa silih berganti. Karena merasa kebebasannya digawangi, akhirnya Estu memutuskan berhenti dan memulai bisnis kecil-kecilan. Dari perjalanan bisnisnya Estu mendapatkan berbagai filosofi yang terus menerus dipakai hingga sekarang. Salah satunya adalah "keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan - Seneca" atau "Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat - Thomas Alva Edison". Di tengah-tengah jadwalnya yang cukup padat, Estu selalu sempat meluangkan waktu untuk bermain game, menonton film dan menulis artikel.