Mobile Gaming… Mulai Hidup dengan Melata, Kini Besar di Dunia Maya

Melacak sejarah game mobile, kita mungkin bisa melihat jauh hingga tahun 80-an. Namun sebenarnya game mobile baru memulai langkahnya setelah Nokia meluncurkan Snake, pada tahun 1997 silam untuk Nokia 6110. Hingga versi kedelapannya yang dikembangkan khusus untuk platform kedua Nokia N-Gage, game ular tersebut sudah mencatat angka pengapalan (dicatat menurut unit ponsel yang terjual) hingga 400 juta kopi.

Tentu prestasi yang mengesankan untuk sebuah game yang mengawali debutnya sebatas dengan beberapa kotak persegi yang bergerak di atas background berwarna hijau. Snake sendiri sudah eksis sejak akhir tahun 1970-an melalui arcade. Dan seiring perkembangan telah mengalami beberapa kali pembaruan. Konsep gameplay-nya pun juga diadopsi banyak game lain yang memang mengambil setting satu arena berbentuk kotak.

Dan jika Snake menjadi generasi pertama mobile game, maka Wireless Application Protocol (WAP) bisa disebut menduduki yang kedua. WAP menjadi microbrowser standar pertama, yang merupakan versi mini dari broweser Internet pada PC dan memungkinkanmu mengakses web dari ponsel. Melalui WAP tersebut, ponsel mampu terhubung ke internet dan menjadi satu media bagi para developer game dalam memasarkan game mereka secara online.

Beberapa game populer lahir berkat jalur penjualan WAP di awal tahun 2000, salah satunya seperti game yang konsepnya mirip Tamagotchi, yaitu Alien Fish Exchange. Game tersebut memungkinkanmu untuk mengembang-biakkan ikan virtual. Tahun 2000 juga menjadi catatan sejarah mobile game dunia, karena saat itu menjadi tahun lahirnya dua raksasa game mobile, yaitu Jamdat Mobile yang didirikan oleh beberapa mantan eksekutif Activision di Amerika, serta di Eropa bisa kita temukan Gameloft.

Awalnya dikenal sebagai Ludigames di Prancis, perusahaan game mobile yang menjadi usaha patungan antara Guillemot Corporation dengan Ubisoft. Namun pada akhirnya Ludigames bergabung dengan portal game Gameloft.com, dan pada tahun 2002 resmi menjadi

Gameloft. Sedangkan JAMDAT Mobile sendiri akhirnya juga dibeli dengan nilai yang fantastis $680 juta oleh salah satu raksasa game dunia, Electronic Arts (EA) pada tahun 2005, untuk memperkuat lini mobile game mereka. Sebelumnya sejak 2002, EA hanya memberi lisensi kepada pihak ketiga mengembangkan game mobile berdasarkan franchise mereka.

Perkembangan timeline mobile game sendiri bisa kamu simak melalui pemaparan secara singkat berikut ini:

Tahun 1997

– Mobile game pertama, Snake pertama kali dirilis.
– Wireless Application Protocol (WAP), standar teknologi yang memungkinkan perangkat mobile berhubungan dengan internet diciptakan. Dikembangkan bersama Ericsson, Nokia, danMotorola, WAP Forum (kini disebut Open Mobile Alliance) hadir menentukan standar, setidaknya di Eropa.
– Di Jepang, NTT DoCoMo memiliki standar sendiri, dan disebut i-mode

Lanjut ke halaman selanutnya

1
2
3
4
5
6
7

SHARE
Previous articleThe Sims Social: Social Game yang Sesungguhnya!
Next articleCuri Hati Cewek Idamanmu dengan Kamera di Photo Girlfriend
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.