Wawancara Eksklusif dengan Toge Productions, Developer Necronator 2!

Di artikel sebelumnya, saya pernah memberikan ulasan mengenai Necronator 2, sebuah web based game yang dikembangkan oleh developer Indonesia, Toge Games. Game ini bisa dibilang cukup sukses, karena semenjak dirilis November lalu hingga kini, game ini sudah dimainkan lebih dari tiga juta pemain di seluruh dunia!

Nah, pada kesempatan kali ini, saya berhasil mewawancarai salah satu punggawa Toge Productions, mas Jonathan Manuel Gunawan. Dalam wawancara kali ini, mas Jonathan banyak bercerita mengenai game Necronator 2, dan juga beberapa game Toge Productions lainnya. Ingin tahu hasil wawancara saya? Simak deh artikel berikut ini:

Febrizio (F): Bisa perkenalkan tim dari Toge Productions?
Jonathan (J): Tim ini pertama kali terdiri dari 2 orang mahasiswa (1 programmer & 1 artis) berdiri tahun 2009. Tim ini merupakan lanjutan dari tim yang sudah terbentuk dalam mengerjakan tugas akhir kuliah bersama-sama. mereka adalah Bpk Kris Antoni (CEO) dan Bpk Sudarmin (CTO). Game pertama mereka yang sukses adalah Days2Die yang hingga saat ini sudah dimainkan lebih dari 70 juta kali (world wide). kemudian mereka melanjutkan sequelnya Days2Die – The Other Side. setelah mengerjakan game tersebut, mereka iseng-iseng bereksperimen ingin membuat game simpel dengan pixel art. Dan jadilah Infectonator yang kemudian menjadi game sukses mereka.

F : Berapa lama waktu pengembangan Necronator 2?
J : Untuk Necronator 2 kita butuh waktu kurang lebih 5 bulanan. Tim utamanya ada 5 orang, terdiri dari 1 programmer, lalu sisanya art dan design serta 1 sound engineer. Saat ini di Toge ada 12 orang yg kita bagi menjadi 2 tim. Jadi tiap tim biasanya bikin satu game yg berbeda. Tapi kadang-kadang kita saling tarik antar tim untuk saling membantu tim yang sedang membutuhkan.

Ingin melihat Majapahit di game ini? Coming Soon!

F : Berapa total pemain Necronator 2?
J: Necronator 2 sampai saat ini sudah dimainkan lebih dari 3 juta kali di seluruh dunia sejak diluncurkan pertama kali pada 5 November dan mendapatkan rating yang sangat baik di beberapa portal game seperti Armor Games.

F : Apa yang menjadi inspirasi dari Necronator 2?
J: Sebenarnya itu campur-campur antara Warcraft dan tower defense. Jadi di Toge banyak yg suka main Warcraft, tapi kadang rasanya terlalu kompleks, apalagi untuk pemain casual. Di sisi lain, banyak pemain kasual yg suka game tower defense karena gampang dan adiktif. Jadi kita coba campur formula tersebut, plus ternyata seru juga lihat tentara kecil-kecil dibantai hahaha.

F : Selain Necronator series, game apa saja yang pernah dikembangkan Toge?
J: Beberapa game yang pernah kami buat antara lain:
Days 2 Die (series) – 2009
Sebuah game shooter side-scrolling dimana kamu bermain sebagai seorang yang harus bertahan ditengah kepungan para zombie. Pengembangan selama empat bulan dengan tim sebanyak dua orang. Game ini sudah dimainkan lebih dari 70 juta kali diseluruh dunia.

Infectonator (series) – 2010
Sebuah game casual dimana kamu berperan sebagai seorang peneliti yang harus mengubah orang menjadi zombie. Pengembangan selama tiga bulan dengan tim sebanyak empat orang. Game ini sudah dimainkan sebanyak lebih dari 150 juta kali diseluruh dunia.

Planetary Conflict – 2010-2011
Sebuah game strategi multiplayer dimana kamu bisa membangun tim bersama teman kamu menggunakan Facebook atau Twitter untuk bertarung dengan pemain lainnya. Pengem­bangan selama enam bulan, dikerjakan oleh empat orang dan berkolaborasi dengan dua studio art dan animasi.