Wawancara Eksklusif dengan Toge Productions, Developer Necronator 2!

Di beberapa artikel lalu, saya sempat menuliskan ulasan mengenai Necronator 2, web based game yang dikembangkan oleh developer asal Indonesia, Toge Productions. Nah, kali ini saya berkesempatan untuk mewawancarai salah satu anggota Toge Productions, dan bertanya banyak hal mengenai game yang cukup sukses di beberapa portal game tersebut. Ingin tahu hasil wawancaranya?

Wawancara Eksklusif dengan Toge Productions, Developer Necronator 2!

Wawancara Eksklusif dengan Toge Productions, Developer Necronator 2!

Di artikel sebelumnya, saya pernah memberikan ulasan mengenai Necronator 2, sebuah web based game yang dikembangkan oleh developer Indonesia, Toge Games. Game ini bisa dibilang cukup sukses, karena semenjak dirilis November lalu hingga kini, game ini sudah dimainkan lebih dari tiga juta pemain di seluruh dunia!

Nah, pada kesempatan kali ini, saya berhasil mewawancarai salah satu punggawa Toge Productions, mas Jonathan Manuel Gunawan. Dalam wawancara kali ini, mas Jonathan banyak bercerita mengenai game Necronator 2, dan juga beberapa game Toge Productions lainnya. Ingin tahu hasil wawancara saya? Simak deh artikel berikut ini:

Febrizio (F): Bisa perkenalkan tim dari Toge Productions?

Jonathan (J): Tim ini pertama kali terdiri dari 2 orang mahasiswa (1 programmer & 1 artis) berdiri tahun 2009. Tim ini merupakan lanjutan dari tim yang sudah terbentuk dalam mengerjakan tugas akhir kuliah bersama-sama. mereka adalah Bpk Kris Antoni (CEO) dan Bpk Sudarmin (CTO). Game pertama mereka yang sukses adalah Days2Die yang hingga saat ini sudah dimainkan lebih dari 70 juta kali (world wide). kemudian mereka melanjutkan sequelnya Days2Die - The Other Side. setelah mengerjakan game tersebut, mereka iseng-iseng bereksperimen ingin membuat game simpel dengan pixel art. Dan jadilah Infectonator yang kemudian menjadi game sukses mereka.

F : Berapa lama waktu pengembangan Necronator 2?

J : Untuk Necronator 2 kita butuh waktu kurang lebih 5 bulanan. Tim utamanya ada 5 orang, terdiri dari 1 programmer, lalu sisanya art dan design serta 1 sound engineer. Saat ini di Toge ada 12 orang yg kita bagi menjadi 2 tim. Jadi tiap tim biasanya bikin satu game yg berbeda. Tapi kadang-kadang kita saling tarik antar tim untuk saling membantu tim yang sedang membutuhkan.

Wawancara Eksklusif dengan Toge Productions, Developer Necronator 2![/caption]

F : Berapa total pemain Necronator 2?

J: Necronator 2 sampai saat ini sudah dimainkan lebih dari 3 juta kali di seluruh dunia sejak diluncurkan pertama kali pada 5 November dan mendapatkan rating yang sangat baik di beberapa portal game seperti Armor Games.

F : Apa yang menjadi inspirasi dari Necronator 2?

J: Sebenarnya itu campur-campur antara Warcraft dan tower defense. Jadi di Toge banyak yg suka main Warcraft, tapi kadang rasanya terlalu kompleks, apalagi untuk pemain casual. Di sisi lain, banyak pemain kasual yg suka game tower defense karena gampang dan adiktif. Jadi kita coba campur formula tersebut, plus ternyata seru juga lihat tentara kecil-kecil dibantai hahaha.

F : Selain Necronator series, game apa saja yang pernah dikembangkan Toge?

J: Beberapa game yang pernah kami buat antara lain:

- Days 2 Die (series) – 2009

Sebuah game shooter side-scrolling dimana kamu bermain sebagai seorang yang harus bertahan ditengah kepungan para zombie. Pengembangan selama empat bulan dengan tim sebanyak dua orang. Game ini sudah dimainkan lebih dari 70 juta kali diseluruh dunia.

- Infectonator (series) – 2010

Sebuah game casual dimana kamu berperan sebagai seorang peneliti yang harus mengubah orang menjadi zombie. Pengembangan selama tiga bulan dengan tim sebanyak empat orang. Game ini sudah dimainkan sebanyak lebih dari 150 juta kali diseluruh dunia.

- Planetary Conflict – 2010-2011

Sebuah game strategi multiplayer dimana kamu bisa membangun tim bersama teman kamu menggunakan Facebook atau Twitter untuk bertarung dengan pemain lainnya. Pengem­bangan selama enam bulan, dikerjakan oleh empat orang dan berkolaborasi dengan dua studio art dan animasi.

Wawancara Eksklusif dengan Toge Productions, Developer Necronator 2!

F : Apakah Toge tidak tertarik untuk mencoba platform lain, terutama konsol?

J: Untuk platform lain tentu kita tertarik. Tapi untuk saat ini kita lebih fokus di flash dan web based game karena marketnya cukup besar dan tidak membutuhkan budget yang besar. Kalau untuk game console mahal license-nya. Untuk mengembangkan game PS3 aja butuh minimal US $10rb untuk dapet license satu orang developer. Itu baru license saja.

F : Bagaimana dengan pengembangan untuk game mobile?

J: Sebenernya kita juga udah mulai coba ke mobile juga. Kemarin kita sempet rilis game iPhone, judulnya Crimson Hell. Tapi untuk mobile juga ada tantangannya, karena dalam sehari bisa ada puluhan app yg di-submit ke App Store. Jadi kalau tidak ada publisher/marketing yang bagus akhirnya aplikasinya bakal tenggelam.

F : Achievement apa saja yang pernah didapatkan oleh Toge?

J: Beberapa achievement yang pernah kami dapatkan:

- Winner, Best Multiplayer Game, Planetary Conflict, Flash Gaming Summit 2011, San Francisco, USA

- Speaker & Showcase Infectonator at Casual Connect Seattle 2010, Seattle, USA

- Recognized Developer, Newgrounds.com

- Highest Rated Game, Infectonator, Kongregate.com

- Featured in Tempo & PC Games Magazine as Promising Indonesia’s Game Developer

- CEO Toge Productions sendiri, Bpk Kris Antoni adalah IGDA (International Game Developer Association) Jakarta Chapter Coordinator.

- Pada Desember 2011 game terbaru kami yaitu Necronator 2 masuk majalah Gamestation, PC Gamer, & Omega. Game tersebut telah dimainkan lebih dari 3 juta kali (world wide) kurang dari 2 bulan (baru dirilis 5 Nov 2011) dan memiliki rating yang tinggi di beberapa portal game. Game tersebut juga sudah mendapatkan review dari beberapa blog review yang cukup terkenal seperti jayisgame dan Duniaku.net.

Wawancara Eksklusif dengan Toge Productions, Developer Necronator 2![/caption]

F: Apa rencana untuk Necronator 2 kedepannya?

J: kita akan terus update contentnya, jadi tambahin map, mission, character baru, story baru, dll. Bahkan mungkin gameplay mode baru.

F : Lantas, apa game lain yang tengah dikembangkan Toge?

J: kita ada game lain juga yg lg dikembangin. Saat ini masih rahasia, judulnya masih tentatif. hahaha. Masih seputar flash game, tapi kita ada produk iOS juga yang sedang dikembangkan.

F : Terima kasih buat kesempatannya. Sukses terus dengan Toge Productions dalam memajukan dunia pengembangan game di Indonesia!

J: Terima kasih kembali!

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=iVEQfbgi_iU

Oiya, bagi kamu yang penasaran dan belum pernah memainkan Necronator 2, kamu bisa memainkannya dengan mengunjungi link  http://armorgames.com/play/12524/necronator-2. Bagaimana pendapat kamu mengenai game ini? Share di kolom komentar dibawah ya..:D

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU