Gameloft Mendukung Nokia Store, Permudah Akses Dapatkan Mobile Game

Dengan berkembangnya pangsa pasar mobile di Indonesia, semakin besar permintaan atas beragam perangkat lunak atau yang biasa disebut software / aplikasi. Kesempatan yang tersedia untuk para developer juga semakin terbuka lebar. Ditambah dengan semakin beragamnya perangkat yang tersedia dengan peningkatan spesifikasi membuat pengalaman pengguna mobile semakin kaya.

Seakan tak mau kalah dengan developer game lokal, seperti Agate Studio yang mulai gencar menjalin kerjasama dengan Nokia, Gameloft yang sudah dikenal sejak lama di dunia mobile game baik di Indonesia dan dunia, juga tak ingin dilupakan. Seperti langkah mereka tahun lalu, yang masih mendukung feature phone atau tipikal ponsel low-middle end yang mendukung platform Java, dengan banyak game-game Java keren,  kini mereka mencoba mengukuhkan posisinya di pasar lokal, melalui platform yang sampai saat ini masih dianggap besar, yaitu Symbian OS.

Dan tentu saja, satu-satunya vendor yang masih mengajukan Symbian sebagai operating system tak lain adalah Nokia. Plus di pasar lokal, sejauh ini hanya Nokia yang dianggap punya distribusi paling bagus, dengan line-up ponsel (baik yang Java atau Symbian) yang merata untuk semua target pasar, mulai low hingga high end. Tak heran jika Gameloft memilih Nokia dengan toko online-nya, Nokia Store, menjalin partnership untuk distribusi game-game baru Symbian mereka.

Tren yang berkembang beberapa tahun ini, baik di dunia game konsol, handheld maupun mobile, dengan adanya channel distribusi digital seperti Nokia Store, developer makin mudah menyalurkan aplikasi ke end-user. Begitu juga dengan end-user yang dengan mudah mengakses ribuan aplikasi langsung dari tangan mereka. Gameloft sebagai salah satu pengembang aplikasi terdepan yang bergerak di area gaming melihat potensi luar biasa yang dimiliki Nokia Store dan Sistem Operasi Symbian. Hal ini dibuktikan dengan telah dirilisnya beberapa titel yang terkenal di Nokia Store seperti berikut ini:

  • RF2012 – Serial bola paling populer dari Gameloft. Telah di produksi ulang dengan grafis yang diperbarui dan gameplay yang semakin beragam.

  • Assassin’s Creed: Altair’s Chronicles – Petualangan luar biasa seorang pembunuh elit dengan kemampuan menyelinapnya yang tangkas.
  • The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn – Rasakan petualangan Tintin di game film resmi untuk ponsel yang penuh aksi, penjelajahan dan misteri.
  • Hero of Sparta – Bersiaplah untuk menghadapi makhluk mitos dalam pengembaraan epik menuju gunung Olympus!
  • Shrek Kart – Shrek dan kawan-kawan sedang dalam sebuah misi penting: menjadi pembalap kart yang tercepat di kerajaan!
  • Block Breaker Deluxe 3 – Game Pemecah Balok. Pecahkan batas sepanjang level yang lebih dalam dan rumit lebih dari layar tunggal penuh balok.

Selain itu, Gameloft juga telah mempersiapkan beberapa game yang bakal dirilis ke depannya, seperti berikut ini:

  • Green Farm – Game simulasi peternakan yang memberikan kamu keleluasaan untuk merancang dan membangun sendiri peternakan impian kamu. 
  • Shark Dash

Kerjasama Gameloft dengan Nokia, khususnya di chanel Nokia Store akan terus dilaksanakan melihat potensi yang sangat besar tersebut. Game-game terbaru akan terus dikembangkan dan disesuaikan dengan permintaan pasar. Fitur tambahan yang tersedia di perangkat terbaru juga akan di optimisasi sehingga mampu memberikan pengalaman gaming yang lebih istimewa.

Di luar partnership mereka ini, saya melihat memang sejauh ini pasar game Java masih yang paling besar. Namun jika Gameloft juga ingin eksis di Symbian, selain pasar software mereka sendiri, melalui Nokia Store pengguna awam juga lebih mudah mengaksesnya. Nokia sendiri juga terbantu dengan dukungan banyak nama-nama besar game yang ditawarkan Gameloft tersebut, mengingat saat terbukti pangsa pasar Symbian begitu besar tergerus oleh iOS dan Android, dan image masyarakat sudah tertanam bahwa jika ingin main game mobile, belilah iOS atau Android.

Namun jika kembali melihat penetrasi pasar dan distribusi Nokia yang cukup bagus, tidak dipungkiri jika pengguna awam yang masih brand minded tetap memilih Nokia. Harapannya, semoga saja dukungan Gameloft ini makin memicu developer lokal yang juga sempat digandeng Nokia, untuk kreatif dalam men-develop gamenya, dan tidak kalah dengan pilihan game dari Gameloft. Dan tentu saja, semoga saja Symbian bisa terus eksis.


SHARE
Previous articleKingdom of Amalur: Reckoning Dan Mass Effect 3 Berbagi Kekuatan!
Next articleLollipop Chainsaw, Cheerleader Bantai Zombie?Apa Kata Dunia?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.