Sebulan Sebelum Dirilis, Nokia 808 PureView Kembali Pamer Kemampuan

Istilah “smart camera” bakal makin dikenal berkat Nokia 808 PureView, yang sampai saat ini mengundang decak kagum karena kemampuan menghasilkan gambar mencapai 41 megapixel. Padahal tahun lalu smart camera sama sekali tidak diperhitungkan. Butuh usaha, melalui Kodak Polaroid misalnya, yang pernah kami ulas sebelumnya. Bahkan produsen kamera saku pun mengakui jika trend smartphone dengan fitur kamera mumpuni, atau kamera yang sepintar smartphone, bakal menjadi bagian penting masa depan fotografi mobile. Dan kembali pada PureView, setelah kami memberikan beberapa contoh kualitas hasil fotonya melalui artikel ini, smartphone Nokia yang awalnya diprekirakan rilis 23 April 2012 mendatang (atau juga ada yang menyebutkan selama Mei 2012 dengan perkiraan harga US $617) ini kembali menyapa melalui beberapa foto hasil jepretannya.

Foto ini penulis perkecil menjadi 1200 x 900 pixel, dari 3576 x 2684 pixel pada file aslinya. Sebagian kecil dari foto ini penulis ambil (dari file aslinya yang 3576 x 2684 pixel), dan bisa kamu amati di bawah detailnya...
... perhatikan detailnya, penulis meng-crop sedikit bagian dari sisi kanan-belakang patung pada foto di atas. Masih terlihat jelas sekali kan, detailnya... !!

Melihat dari foto – foto terbaru (yang tertata dalam satu galeri di sini), jelas diambil di suatu tempat di China. Siapapun yang melihat hasil foto tersebut pasti akan kagum dengan tingkat detail serta minimnya noise yang biasa ditemui dari sebuah lensa kamera smartphone — atau bahkan kamera point-and-shoot standar. Dan ketika menyimpannya ke PC, dan mengamatinya melalui image viewer, diketahui jika resolusi foto – foto sampel tersebut hanya 3576 x 2684 pixel, atau separuh dari yang mampu dihasilkan PureView (7728 x 5368 pixel). Namun tetap saja terlihat begitu kaya detail. Obyek di kejauhan juga masih terlihat begitu jelas — seperti nomor punggung pemain bola, atau dedaunan pada pohon.

Tulisan di papan petunjuk ini pun juga begitu jelas terlihat meskipun di zoom dan saya crop di bidang sekitar 600 x 450 pixel, dari resolusi 3576 x 2684 pixel!
Gambar di atas, penulis crop dari foto yang ini...
Nomor punggung '6'... memang agak kabur, tapi gambar tersebut didapatkan dari...
... dari foto ini! Coba cari, dimana pemain bola dengan nomor punggung '6' tadi!?

Untuk foto – foto lainnya, bisa kamu cek di sini. Dan kemudian untuk melengkapi informasi kami sebelumnya untuk spesifikasi Nokia 808 PureView yang pernah kami post di sini, berikut data terbaru (hanya yang belum kami tuliskan) yang kami ketahui dari smartphone yang memenangkan “Best New Mobile Handset, Device or Tablet” selama Mobile World Congress 2012 lalu.

1
2

SHARE
Previous articleGadget Tercanggih Abad Ini
Next articleMinggir Diablo III, Beri Jalan Untuk Blizzard Kidzz
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.