Jepret + Edit + Share, Alternatif Berbagi Foto di Facebook Melalui Friendcaster Pro

Sepekan belakangan, terutama pengguna Android, makin membuat ramai server Instagram. Karena memang jejaring sosial berbasis photo sharing besutan Instagram, Inc. tersebut mulai dirilis untuk Android, setelah sejak 2010 bercokol di iOS, dan menjadi satu kebanggaan para pengguna smartphone, media player dan tablet dari Apple. Dan seperti kebanyakan aplikasi baru lainnya, versi awal Instagram untuk Android, yaitu versi 1.0.1 diwarnai dengan banyak bug. Seperti kamera depan tidak berfungsi, dan fungsi mute yang juga gagal tereksekusi, hingga yang membuat depresi, belum mendukung tablet Android. Namun untunglah, Instagram langsung memberikan update-nya, hingga ke versi 1.0.3 dengan dukungan tablet dan kamera depan (serta bisa install ke memory eksternal), yang bisa kamu download melalui market atau link berikut ini untuk file .APK-nya.

Ada banyak pilihan theme... saya suka hitam, berhubung layar Super AMOLED Plus tidak membutuhkan banyak energi untuk menyalakan warna hitam.

Tapi tunggu, artikel ini bukan mengenai Instagram lho, karena sudah dibahas oleh Febrizio di sini. Tetap mengenai aplikasi yang membantumu berinteraksi dengan jejaring sosial, terutama Facebook,yaitu Friendcaster Pro for Facebook dari OneLouder Apps — juga ada versi gratisannya di sini. Bicara Facebook, memang banyak aplikasi Android yang menawarkan interaksi dengan situs sosial tersebut. Salah satu yang paling populer (bisa dilihat di daftar teratas Google Play) adalah Facebook for Android. Namun jujur saja, aplikasi Facebook ofisial tersebut memang secara tampilan bagus, hanya terlalu berat dan boros resource… menyiksa banyak Droid yang memang hanya dibekali sedikit RAM… misalnya, Galaxy Mini, Galaxy Y, Galaxy Ace, atau Xperia X8 misalnya, bakal menjerit jika menggunakan aplikasi Facebook ofisial tersebut yang menguras banyak jatah RAM.

Saya suka fitur edit fotonya, JAUUHHHHHHH lebih baik dari apa yang mampu diberikan Instagram...

Tetap saja ada kelebihannya, saya menyukai “push notification”-nya, karena notification begitu cepatnya kita terima. Sayang, tetap saja berat…  Solusinya, selain menggunakan Opera Mini untuk akses Facebook — meskipun kamu kehilangan fungsi notification, kamu bisa mencoba Friendcaster Pro, yang begitu ringan, meskipun antar mukanya tidak menyiratkan Timeline di Facebook. Namun aplikasi tersebut sebelumnya juga memiliki kelemahan, karena fitur notification-nya tidak sebaik dan selengkap Facebook for Android. Tidak setelah udate terbarunya 6 April 2012 lalu, yang mencapai versi 5.0.1, dan merupakan major update dari OneLouder Apps. Satu update yang bisa saya rasakan sangat berguna adalah notification-nya yang kini berjalan secara realtime UNTUK SEMUA (tidak hanya sekadar beberapa notification, seperti pada versi sebelumnya), menyamai kecepatan push notification-nya Facebook for Android. Kemudian saya juga suka opsi yang membantumu bisa men-tag lebih banyak teman dalam sebuah post — sesuatu yang hilang dari Facebook for Android. Detail penbaruan yang diberikan developer bisa kamu lihat di bawah ini :

  1. MAJOR 5.0.1 UPDATE
  2. Beautiful new news feed
  3. Realtime notifications available for all
  4. Quick and easy setup wizard for notifications
  5. 6 color themes (with more to come)
  6. Higher resolution photos in your news feed
  7. Faster access to comment and like status updates
  8. Ability to tag more than one Friend at the time in a Post
  9. Memory improvements all-around.
  10. New checkins interface
  11. Quick access to post status update or photos/video
  12. Major Android design improvements
Sayangnya, intergace tidak menyiratkan Timeline Facebook... meskipun antar muka Friendcaster ini juga jauh lebih ringan...

Oh ya, bagimu yang doyan menggunakan Instagram karena sekali jepret bisa upload, dengan opsi banyak filter unik, Friendcaster ini juga memiliki plugin gratisan yang disebut Photo Effects Plugin. Bukan hanya sekadar filter foto seperti yang kamu temui melalui Instagram, setelah kamu menjepret obyek, foto yang ingin kamu upload ke Facebook bisa di-edit dengan banyak sekali opsi ala Photoshop. Seperti auto-enhance, Crop-Flip-Rotate, Sharpen-Blur, Redeye Removal, bisa juga menambahkan tulisan dan stiker, dan yang mungkin bakal disukai para penggemar situs seperti 9GAG dengan tampilan MEME khususnya, ada MEME Generator juga dalam paket efek fotonya Friendcaster tersebut yang membantumu melengkapi foto dengan banyak template MEME yang tersedia.

Untuk mendapatkan Friendcaster ini, bisa saja kamu langsung search melalui Google Play, atau melalui browser di PC ke link ini, atau jika lebih suka men-download APK-nya, seperti melalui tips yang kami berikan sebelumnya, ini ada file mentahan APK-nya yang kami temukan melalui link Mediafire. Oh ya, hampir lupa, Friendcaster ini juga ada untuk iOS kok… masuk saja ke iTunes untuk mendapatkannya.


SHARE
Previous articleAkiba’s Trip Plus, Kini dengan Tampilan Akihabara Tahun 2012!
Next articleMax Payne versi Mobile Segera Menuju Android dan iOS!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.